Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal Bagi Pemula

 Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal Bagi Pemula

Duniahobiku.com –  Banyak pemula yang masih kesulitan bagaimana bisa menghasilkan keuntungan yang fantastis dari budidaya ikan gurame. Kebanyakan disebabkan kurangnya ilmu tentang budidaya ikan dan tidak ada pendampingan dari mentor yang sudah berhasil didalam budidaya ikan. Sesulit apa sih budidaya ikan gurame ?. Sebenarnya tidak sulit dan bahkan bisa dibilang mudah karena ikan gurame merupakan jenis ikan air tawar yang gampang dipelihara.

Potensi keutungan yang cukup menjanjikan mendorong orang-orang penasaran dan ingin mencoba memelihara ikan gurame. Faktor yang lain adalah tingkat konsumsi atau permintaan ikan gurame di masyarakat menunjukan tren yang positif. Maka, tidak ada salahnya apabila saat ini Anda mencoba terjun pada bisnis budidaya ikan gurame.

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Dahulu, budidaya ikan gurame idealnya membutuhkan lahan yang cukup luas supaya bisa membuat beberapa kolam untuk pembesaran ikan. Namun sekarang di tengah perkembangan zaman dan teknologi, untuk memulai budidaya ikan gurame Anda tidak harus memiliki kolam permanen yang membutuhkan lahan luas, Anda bisa memanfaatkan terpal plastik yang kedap air untuk pembuatan kolam semi permanen. Kolam semi permanen ini bisa bertahan selama dua sampai tiga kali panen ikan gurame. Manfaat lain yang Anda rasakan adalah biaya modal awal yang dikeluarkan cukup hemat dan tidak menguras isi kantong Anda.

Untuk lebih jelasnya, kami akan menyajikan ulasan lengkap bagaimana cara budidaya ikan gurame menggunakan kolam terpal bagi Anda.

Pembuatan Kolam Budidaya Ikan Gurame

Persiapan pembuatan kolam ini bertujuan untuk menyiapkan tersedianya makanan alamiah bagi ikan gurame seperti plankton dan lain sebagainya dalam jumlah yang cukup.

Gambaran kolam :

Kolam berukuran 7 x 10 meter dengan tingkat kedalaman 125 cm

Bibit ikan gurame seukuran jempol kaki (panjang 5 cm) sebanyak 2000 ekor

Pakan apung merk PF 1000 dengan isi 10 kg per sak sebanyak 3 sak

Pakan tambahan alami bisa di stimulasi dengan daun kangkung

Membuat kolam semi permanen untuk budidaya gurame bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara yang mudah diterapkan adalah menggali tanah dengan kedalaman kurang lebih 90 cm, selanjutnya terpal dipasang pada tanah galian itu. Permukaan galian yang rata akan memudahkan kita didalam merangkai terpal selain itu juga beban akan merata ketika kolam telah terisi dengan air. Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah memudahkan Anda didalam menyedot kotoran yang ada di permukaan kolam. Kolam gurame jangan sampai terlalu kotor karena akan berpengaruh terhadap kesehatan ikan.

Pemilihan Bibit Untuk Budidaya Ikan Gurame

Tahap selanjutnya didalam budidaya ikan gurame adalah penyiapan bibit gurame. Terdapat dua cara untuk memperoleh bibit ikan gurame, yaitu melakukan pembibitan sendiri atau membeli bibit gurame kepada peternak lain. Para peternak senior yang sudah lama menekuni budidaya gurame biasanya melakukan pembibitan secara mandiri yaitu dengan mengawinkan indukan gurame berkualitas unggul tanpa harus membeli bibit gurame ke tempat lain. 

Namun bagi peternak pemula, alternatif terbaik yang bisa dilakukan untuk mengadakan bibit gurame adalah membeli bibit gurame ke pedagang ikan atau balai perikanan. Bibit gurame yang ideal dan siap ditebar berukuran tiga jari orang dewasa. Jika bibit berukuran kecil dengan pertimbangan harga bibit ikan yang lebih murah memiliki resiko tingkat kematian yang cukup tinggi karena kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi air didalam kolam terpal.

Jadi, dalam budidaya ikan gurame pemilihan bibit ikan sangat penting. Salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan adalah membeli bibit gurame dengan ukuran yang agak besar sehingga tidak perlu menunggu masa panen terlalu lama. Setelah bibit gurame ditebal di kolam terpal, Anda harus serius memperhatikan perkembangan bibit gurame. Berilah pakan gurame yang mengandung probiotik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bibit gurame menyesuaikan dengan kondisi air di kolam.

Pemberian Pakan  Ikan Gurame

Tahapan budidaya ikan gurame selanjutnya adalah pemberian pakan secara rutin. Pemberian pakan gurame ada tiga jenis yaitu pakan untuk bibit, pakan untuk memacu pertumbuhan dan pakan untuk ikan gurame indukan. Pakan untuk ikan gurame anakan sebaiknya diberi dedak atau pelet dengan ukuran kecil, serta diselingi dengan pakan yang lain seperti cacing darah supaya cepat besar. Sedangkan pakan ikan gurame dewasa bisa diberi daun keladi dan pelet. Bisa juga dengan diberi sayuran hijau seperti kubis, selada, kangkung dan lain-lain. Sebaiknya gurame diberi pakan dua kali sehari,  pagi hari dan sore hari, pemberian pakan sebaiknya bersifat selang-seling atau tidak hanya satu jenis saja. Jika dipagi hari diberi pakan berupa sayuran maka disore hari diganti dengan dedak atau pelet. Pemberian pakan pada gurame secara teratur akan mempercepat pertumbuhan.

Pemanenan Ikan Gurame

Panen merupakan tahapan akhir dari budidaya ikan gurame. Masa panen ikan gurame idealnya adalah 7sampai dengan 8 bulan, atau ketika beratt ikan mencapai 0,7 kg- 1 kg alias ukuran gurame ideal untuk dikonsumsi. Dari seribu bibit ikan gurame yang ditebar, diperkirakan saat panen akan menghasilkan gurame seberat 200 kwintal.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya ikan gurame kolam terpal yang kami sajikan untuk Anda, kami berharap informasi diatas bisa bermanafaat untuk Anda. Selamat mencoba