Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh dan Alami Mengobati Mata Katarak Pada Burung Kicau

 Cara Ampuh dan Alami Mengobati Mata Katarak Pada Burung Kicau

Duniahobiku.com – Bagaimana cara ampuh mengobati mata katarak pada burung kicau dengan cara alami ? khusus bagi kalian pencinta burung kicau pasti tidak ingin burungnya terkena penyakit apapun bahkan ingin selalu sehat dan semakin mahir dalam berkicau. Tapi yang namanya penyakit pasti datang, sebaik – baiknya kita merawat burung pasti ada saja penyakit yang hinggap pada burung tersebut salah satunya adalah penyakit katarak yang memang merupakan penyakit cukup berbahaya. selain itu kalian juga wajib mengetahui beberapa penyakit pada murai batu dan penanganannya.

Ciri burung tersebut terkena katarak bisa dilihat pada bagian matanya, mata akan terlihat berselaput putih seperti halnya katarak pada umumnya karena katarak yang terjadi pada manusia juga ditandai dengan adanya selaput putih pada bagian matanya.

Penyebab katarak sendiri berasal dari penumpukan lemak (selaput putih) yang ada di sekitar lensa mata dan mengakibatkan tertutupnya sebagian pandangan yang mengakibatkan kesulitan dalam melihat bahkan jika dibiarkan bisa mengakibatkan kebutaan pada burung tersebut

Tapi jangan khawatir, jika kalian merawatnya dengan baik  kemungkinan untuk terkena penyakit katarak cukup kecil.Namun bagi kalian yang burungnya sudah terlanjur kena katarak jangan risau karena ada cara untuk mengobatinya dan tidak perlu melakukan operasi.

Merawat dan mengobati burung yang terkena katarak harus dilakukan secara hati – hati jangan sampai salah yang mengakibatkan makin parahnya penyakit tersebut. untuk mengobatinya.Cara paling mudah yaitu  dengan menggunakan bahan – bahan alami atau tradisional seperti halnya daun kitolod yang bisa kalian dapatkan di kebun atau mungkin halaman rumah.

Tanaman Kitolod

Tanaman Kitolod 

Cara Mengobati Burung yang Terkena Katarak Pada Burung Kicau dengan Daun Kitolod

Ambil beberapa daun kitolod yang masih segar dengan memetiknya langsung, kemudian bersihkan sampai benar – benar bersih pada air mengalir.

Setelah itu kalian remas – remas daunnya sampai keluar air dari daun tersebut.

Nah air yang keluar dari daun tersebut bisa kalian gunakan sebagai obat tetes pada burung yang terkena katarak (lakukan dengan hati – hati).

Kalian lakukan hal itu setiap malam hari karena pada malam hari burung tidak banyak gerak dan hanya akan tidur, lakukan sampai benar – benar sembuh.

Gimana cukup mudah bukan? Dan itu merupakan obat ampuh alami,  pada intinya lakukan secara perlahan dan hati – hati jangan sampai malah menambah parah penyakit katarak yang diderita burung tersebut. pengobatan terebut bisa juga dilakukan pada burung kicau lainnya seperti cucak ijo, murai batu, perkutut, jalak, anis merah dan juga yang lainnya bahkan bisa juga untuk mengobati katarak pada manusia.

Agar burung tersebut tetap fit dan sehat maka segera mungkin lakukan pengobatan, karena itu bisa mengakibatkan turunnya performa di lapangan dan kemungkinan untuk bisa menjadi juara sangat kecil, selamat mencoba dan jangan lupa rawat terus burung kicaunya agar selalu menampilkan yang terbaik.