Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan dan Solusi Kucing Pejantan Mogok Kawin

 

Alasan dan Solusi Kucing Pejantan Mogok Kawin

Duniahobiku.com - Kucing Pejantan Mogok Kawin adalah bahasa umum yang digunakan apabila kucing pejantan anda tiba – tiba tidak mau kawin. Jika kucing betina anda birahi. Tentunya yang pertama di lakukan adalah mendekatkan betina yang sedang birahi pada kucing  pejantan yang telah jago kawin untuk dikawinkan. Tetapi ketika didekatkan, kucing pejantan yang jago kawin tidak seperti biasanya. Yang tadinya jago kawin  ketika didekatkan pada betina yang sedang birahi mendadak tidak mau mencium betina dan menggigit pundak si betina untuk kawin.

Tentu saja hal seperti itu akan membuat anda  merasa kebingungan dengan situasi seperti. Kemungkinan besar pejantan sedang mengalami bosan atau ngambek. Tetapi, selain itu banyak kemungkinan lainnya yang membuat kucing pejantan anda mogok kawin. Berikut adalah kemungkinan besar penyebab kucing pejantan anda mogok kawin :

Kurangnya asupan nutrisi. Jika pejantan anda dalam posisi yang kurang asupan nutrisi maka akan ditandai dengan besarnya nafsu makan pada kucing pejantan anda. Salah satu Dokter Hewan mengatakan bahwa pejantan butuh asupan nutrisi yang baik dan bergizi. Ciri yang terlihat dari badan pejantan yang kurang ideal adalah badan yang kurus dan terlihat sakit. Solusinya maka kucing pejantan harus menggemukan badan terlebih dahulu, tapi jangan sampai kegemukan. Setelah Kucing Pejantan mrmiliki berat  badan ideal kemungkinan kucing pejantan anda akan kawin kembali seperti biasanya.

Frekuensi kawin yang tinggi. Ini bisa menjadi faktor penyebab kucing pejantan mogok kawin karena terlalu banyak mengawinkan jantan dengan betin, Hal ini biasanya terjadi pada pemilik yang memiliki terlalu banyak betina. Sehingga kucing pejantan mengawini semua betina

Bosan dengan tempat tinggal. Hal ini mungkin terjadi ketika pejantan anda tiba –  tiba mogok kawin.

Pernah mengalami shock akibat terakhir kawin dengan betina yang galak.

Pejantan ngambek , pemilik tidak mengawinkan jantan pada saat terakhir jantan ingin kawin dengan waktu yang lama.

Penyebab diatas biasanya terjadi secara umum. Kemungkinan lainnya bisa jadi dari kesehatan kucing yang kesehatannya sedang terganggu. adapun penanganan sebelum anda menemui dokter hewan. diantaranya :

Berikanlah asupan nutrisi yang baik pada pejantan, ketika pejantan terlalu sibuk makan baiknya di biarkan tetapi anda perlu mengontrol makan pejantan untuk menghindari obesitas.

Mengurangi frekuensi kawin yang berlebihan,

Cobalah mencari tempat yang disukai oleh pejantan. Misalnya, pada ruangan A kucing tidak mau kawin. Dan anda bisa mencoba memindahkan kucing ke ruangan B. atau kucing pejantan bosan dengan kandangnya. Cobalah memindahkan kucing yang mogok kawin ke kandang lainnya.

Namun, jika penyebab diatas tidak masuk dalam penyebab kucing jantan anda mogok kawin. Seperti yang di sebutkan di atas, bahwa kemungkinan besar kucing pejantan sedang terganggu kesehatannya. Maka sebaiknya anda menemui Dokter Hewan. Terkadang gangguan kesehatan pada kucing yang sedang mogok kawin tidak terlihat. Daripada bingung dan menerka – nerka , akan lebih baik jika langsung memeriksa kesehatan kucing anda ke Dokter Hewan.

Biasanya kucing pejantan yang sedang mogok kawin bersifat sementara. Kucing pejantan anda akan kawin kembali apabila kucing merasa dirinya siap untuk kawin kembali. Ada baiknya kita sebagai pemilik terus mengontrol tentang kesehatan kucing kita.