Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adopsi Kucing Jantan atau Kucing Betina?

 

Adopsi Kucing Jantan atau Kucing Betina?

Duniahobiku.com - Terkadang banyak orang yang kebingunan saat ingin mengadopsi kucing, terutama jenis kelamin kucing. Untuk itu, sebelum mengadopsi kucing harus dipikirkan dahulu dengan matang – matang agar tidak menyesal dikemudian hari.

Anda bisa bertanya kepada diri anda terlebih dahulu, bila Anda memilih kucing betina tentunya anda harus siap bila suatu saat kucing betina melahirkan. Anda sudah siap merawat bayi – bayi kucing. Namun, bila anda memilih kucing jantan, Anda juga harus siap mencari betina ketika kucing jantan telah birahi.

Apabila anda akan mengadopsi 1 ekor saja, anda akan dihadapkan pada permasalahan seperti di atas. Misalnya anda hanya mengadopsi betina, pada usia 8 bulan-an kucing betina tersebut pasti akan birahi dan meminta untuk dikawinkan dengan pejantan. Oleh karena itu anda pasti akan kerepotan mencari jasa pacak atau jasa kawin untuk mengawinkan betina tersebut. Begitu juga dengan hanya mengadopsi 1 ekor jantan saja, anda akan dihadapkan pada saat jantan birahi dan ingin kawin, lalu pasti anda akan kerepotan mencari – cari betina.selain alasan itu, jika hanya mengadopsi 1 ekor kucing saja tanpa ada yang menemaninya kemungkinan besar kucing tersebut sulit untuk bersosialisasi dengan kucing lainnya. Dari banyaknya keluhan yang paling umum, pemilik kucing yang hanya memiliki 1 ekor kucing saja mendapat kesulitan untuk mengawinkan kucingnya tersebut dikarenakan kucingnya tidak pernah bertemu dengan kucing lainnya. Jadi, pada saat kucing dipertemukan dengan kucing lain kucing yang hanya tinggal sendiri akan cepat mengalami stres dan galak terutama betina.

Resiko lain apabila anda mengadopsi 2 ekor jantan atau kebanyakan jantan. Pada saat kucing jantan itu telah beranjak dewasa dan telah birahi kemungkinan besar mereka akan bertengkar satu sama lain karena berebut daerah kekuasaan dan sering terjadi salah 1 dari jantan tersebut lambat untuk bisa kawin atau malah kabur dari rumah mencari daerah lainnya. Dan untuk pemilik kucing yang mengadopsi banyak betina (tidak memiliki jantan ) untuk kucing betina tidak akan sampai bertengkar hingga mereka dewasa, tetapi sebaiknya dipisahkan tidak dalam 1 kandang.

Memilih kucing untuk diadopsi sebaiknya berpasangan, kucing jantan dan kucing betina, atau banyak betina namun hanya 1 jantan. Agar kelak disaat mereka dewasa anda tidak perlu mencari – cari lagi. Idealnya perbandingan kucing jantan dan kucing betina 1:5 – 1:7. Maksudnya, sebaiknya anda memiliki lebih banyak kucing betina dibandingkan dengan kucing jantan.

Solusi lain, apabila catlover memang hanya ingin mengadopsi 1 ekor saja ada baiknya kucing tersebut dikebiri ( untuk kucing jantan ) dan steril ( untuk kucing betina ) pada saat kucing telah beranjak dewasa, dan catlover tidak akan mendapatkan persoalan seperti diatas. Semoga artikel ini membantu catlover untuk menentukan pilihan dalam mengadopsi kucing.