Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Teknik Cara Menanam Bonsai Bagi Pemula

 5 Teknik Cara Menanam Bonsai Bagi Pemula

Duniahobiku.com - Bagi Anda yang hobi mengoleksi tanaman hias, bonsai merupakan pilihan yang sangat cocok untuk Anda, sebab tanaman hias ini memiliki bentuk yang unik. Apabila Anda baru saja mau menanam bonsai Anda harus mengetahui teknik cara menanam bonsai yang benar.

Keindahan bonsai untuk dilihat memang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan bahkan ada banyak bonsai yang memiliki harga fantastis hingga milliaran rupiah. Namun kita juga bisa belajar untuk membuat bonsai sendiri dirumah. Nah, berikut ini cara menanam bonsai bagi pemula :

1. Memilih Bibit Bonsai

Anda harus memperhatikan secara detail tentang bibit bonsai yang hendak digunakan ketika menanam bonsai. Tangkai dari bonsai harus selalu dirawat, seperti dipotong dan diikat sedemikian rupa sehingga menjadi tanaman bonsai, Anda juga dapat melakukan teknik cangkok untuk tanaman bonsai.

2. Tempat Menanam Bonsai

Kebanyakan orang menanam pohon bonsai di pot yang berukuran relatif kecil, yang mengakibatkan keterbatasan pertumbuhan pada bonsai, sebab tumbuhan bonsai sangat memerlukan air serta mendapat nutisi yang cukup. Oleh karena itu sebaiknya Anda menanam bonsai di tempat seperti pasir atau tanah yang subur. Tempat yang dapat Anda gunakan untuk menanam bonsai meliputi :

Pasir - Pasir dapat dengan mudah menyerap air sehingga dapat memudahkan sirkulasi udara yang dibutuhkan tanaman bonsai.

Humus - Humus yang biasanya orang gunakan sebagai media tanam yaitu ranting atau daun yang telah lapuk dengan kurun waktu yang lama.

Pupuk - pupuk yang dapat Anda gunakan sebagai media tanam yaitu pupuk yang berasal dari hewan dan kompos sebab dapat memudahkan proses penumbuhan dari bonsai.

3. Cara Menanam Bonsai

Terdapat 3 teknik dalam cara menanam tanaman bonsai, yaitu stek, cangkok dan okulasi, anda dapat memilih salah satu teknik menanam bonsai tersebut baik dengan teknik stek ataupun cangkok. Kemudian buat tanaman baru dibulan senlanjutnya setelah itu, Anda dapat memulai teknik okulasi yang memerlukan proses selama 1 tahun.

Selama proses mencangkok sebaiknya anda memilih batang yang ukurannya besar sebab akan memudahkan Anda selama mencangkok.

Berikut ini cara menanam Bonsai menggunakan teknik cangkok :

Lepas dahan bonsai dengan lebar kurang lebih 3 - 5 cm.

Singkirkan getah yang melekat pada dahan sampai bersih, dengan menggunakan kain.

Biarkan dahan tadi selama 4 hari.

Tutup bekas potongan dahan bonsai sebelumnya, dengan menggunakan menggunakan tanah dengan perbandingannya 1 : 1 lalu ikat dengan tali / plastik.

Tunggu beberapa minggu setelah tanaman berakar lalu pindahkan ke media tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya, rawat seperti tanaman lainnya.

Cara Cangkok Bonsai
Cara Cangkok Bonsai

4. Cara Membentuk Bonsai

Teknik dalam membentuk bonsai yaitu membentuk bonsai sedemikian rupa sehingga sama dengan bentuk aslinya sebelum dibonsai, berikut ini prosesnya:

Langkah pertama ialah membentuk kerangka bonsai, pastikan batang dari tanaman pada proses stek sebelumnya sudah kuat dan ketika digerakkan sudah tidak dapat bergerak lagi dan telah mencapai tahap optimal.

Cara Membentuk Bonsai
Cara Membentuk Bonsai

Langkah kedua ialah membentuk cabang bonsai, membentuk cabang bonsai memerlukan proses waktu yang terbilang cukup lama dilakukan, oleh sebab itu diperlukan alat bantu yang akan digunakan dalam proses membentuk dahan, biasanya alat yang digunakan yaitu kawat, dengan cara melilitkan kawat ke dahan bonsai sesuai dengan selera yang diinginkan.

5. Perawatan Bonsai

Setalah Anda telah selesai menanam, anda harus menyiram bonsai dengan air. Air yang harus digunakan pada penyiraman haruslah air yang jernih (bersih) dan tidak mengandung sedikitpun lumpur. sehabis menyiram taruhlah tanaman bonsai di tempat yang teduh dan kurang sinar matahari. Hal tersebut berguna agar bonsai dapat tumbuh secara maksimal.

Perawatan Bonsai
Perawatan Bonsai

Setelah bonsai yang Anda tanam berhasil, jangan lupa untuk terus memberi asupan air secukupnya ke tanaman bonsai, sebab jika terlalu banyak air atau kurang air, tanaman bonsai akan cepat layu. Semoga Sukses. Bonsai hasil kreatifitas tangan anda tentunya akan menumbuhkan rasa puas dan bangga dibandingkan hasil dari membeli bonsai yang sudah jadi.

Sekian artikel tentang 5 Teknik Cara Menanam Bonsai Bagi Pemula, semoga dapat membantu pembaca sehingga sukses dalam menanam bonsai.