Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Ikan Laut

 5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Ikan Laut

Duniahobiku.com - Apa saja manfaat mengkomsumsi daging ikan laut dan hewan laut lainnya?  Negara kita dikelilingi laut dan kekayaan alam yang melimpah termasuk ikan dan hewan hewan laut yang mengundang banyak nelayan dari negara luar untuk “mencuri” kekayaan laut kita. Selama ini mungkin kita menikmati ikan hanya karena kelezatannya padahal dibalik itu semua ternyata daging ikan dan hewan laut menyimpan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan ikan dan kerang secara teratur sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut adalah 5 manfaat mengkonsumsi ikan laut bagi kesehatan kita :

1. Menyehatkan Jantung

Terbukti bahwa populasi di daerah yang mengkonsumsi ikan laut memiliki kemungkinan lebih rendah terkena sakit jantung. Kandungan ikan laut sangat rendah lemak jenuh dan tinggi omega-3. Zat tersebut dapat melindungi jantung kita dari penyakit dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satu penelitian bahkan telah menyarankan bahwa mengkonsumsi ikan laut setiap minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga setengahnya.

2. Membersihkan Pembuluh darah

Mengkonsumsi ikan laut dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi resiko trombosis. EPA dan DHA (omega-3 minyak) makanan laut dapat melindungi tubuh kita dari kelebihan produksi eicosanoids, hormon ini yang dapat membuat kita lebih memungkinkan untuk mengalami gumpalan darah dan peradangan.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Makan ikan kaya minyak secara teratur dapat membantu untuk menjaga mata cerah dan sehat. Sebuah studi terbaru telah membuktikan bahwa omega-3 asam lemak dapat membantu untuk melindungi penglihatan orang orang yang menderita degenerasi makula terkait (AMD), suatu kondisi yang menyebabkan retina merosot dan penglihatan menjadi kabur. Ikan laut juga mengandung retinol, suatu bentuk vitamin A yang dapat meningkatkan penglihatan pada malam hari.

4. Kaya akan Nutrisi

Ikan laut menyediakan banyak nutrisi penting yang seperti yodium, selenium, seng, dan kalium. Yodium penting untuk kelenjar tiroid dan kandungan selenium membuat enzim yang dapat melindungi kita dari kanker. Ikan laut juga sumber vitamin utama, termasuk vitamin A dan D.

5. Meningkatkan Kekuatan Otak Anda

Kandungan otak manusia hampir 60% berupa lemak, sebagian besar menjadi omega-3 lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan banyak makanan laut memiliki kemungkinan yang kecil untuk menderita masalah memori dan demensia. DHA (omega-3 lemak) yang ditemukan dalam makanan laut, telah terbukti berdampak terhadap peningkatan konsentrasi anak-anak.

Itulah 5 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi ikan laut. Sungguh sangat disayangkan jika kita tidak mengkomsumsi ikan dan hewan laut lainnya mengingat manfaatnya yang sangat luar biasa bagi kesehatan kita.