Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Duniahobiku.com - Manfaat buah alpukat bagi tubuh sangat beragam tetapi beberapa diantaranya mungkin belum anda ketahui. Kita tentunya pernah melihat buah hijau yang satu ini dan memiliki biji buah yang cukup besar dibanding pohon buah lainnya. Bahkan mungkin kita sering mengkomsumsi jus alpukat pada saat bersantap direstoran ataupun membuatnya sendiri dirumah. Tapi tahukah anda bahwa ternyata manfaat dari buah alpukat sangat beragam. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak terus artikel ini.

Buah alpukat ini mulai dikenal masyarakat di Indonesia sekitar abad ke 19, saat itu bangsa Eropa khususnya Belanda, yang menjadi salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia ini juga memperkenalkan buah yang berasa hambar ini ke Indonesia. Tetapi sebenarnya, buah alpukat ini berasal dari daerah Meksiko dan Amerika Tengah. Hal ini juga dibuktikan dari namanya. Kata alpukat ini berasal dari bahasa suku Aztec, suku asli Meksiko, nama sebenarnya ahuacat, tapi karena logat dari tiap negara, maka berubah menjadi avocado dalam bahasa Inggris dan alpukat di dataran Melayu. Selain rasanya enak ternyata buah ini memiliki khasiat juga untuk kesehatan dan kecantikan.

Tapi sebenarnya tidak hanya buah alpukat saja yang bermanfaat tinggi, tapi bahkan batang, daun dan biji dari tanaman ini pun memiliki manfaat yang tersendiri. Bijinya dimanfaatkan untuk pewarna pakaian, batang pohonnya bisa digunakan untuk kayu bakar, kulit pohonnya dimanfaatkan sebagai sumber pewarna warna coklat untuk pakaian, buahnya sekarang banyak digunakan sebagai bahan campuran ataupun bahan dasar pembuatan kosmetik dan kecantikan serta daging buah alpukat dapat mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Selanjutnya, daun alpukat bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti darah tinggi, kencing batu, sakit kepala, nyeri lambung, nyeri saraf, dan menstruasi yang tidak teratur. Biji buahnya juga bisa untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Buah alpukat memang sudah banyak terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat memliki kandungan vitamin yang sangat tinggi, kandungan terdiri atas 11 vitamin dan 14 mineral yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita. Selain itu buah alpukat juga memiliki kandungan lemak jenuh, jenis lemak bisa larut dicerna tanpa perlu dikhawatirkan akan terjadi timbunan lemak pada tubuh. Jenis lemak yang sama dengan yang dikandung oleh minyak Zaitun. Beberapa manfaat buah alpukat adalah sebagai berikut :

Memelihara jantung

Kandungan B6 dan asam folat dalam buah alpukat bisa mengatur kadar homocysteine yang merupakan hormon yang dapat menaikkan resiko serangan jantung, selain itu juga ada berbagai kandungan seperti  Glutathione, vitamin E dan lemak tak jenuh yang juga membantu memelihara kesehatan tubuh.

Menurunkan kolesterol

Senyawa beta-sitosterol yang terkandung dalam buah alpukat sangat efektif untuk mengurangi tingkat kadar kolesterol dalam darah.

Mengendalikan tekanan darah

Sumber kalium dalam buah alpukat dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

Sebagai anti-inflamasi

Resiko inflamasi dan degeneratif akan berkurang dengan mengkonsumsi buah alpukat karena mengandung senyawa polyphenols dan flavonoids yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Untuk kesehatan mata

Carotenoid insulin yang banyak diketahui untuk melindungi  mata dari macular degeneration dan katarak juga banyak terkandung pada buah alpukat

Untuk mengatur kadar gula darah

Kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam buah alpukat mampu mengembalikan resistensi insulin yang dapat memebantu mengatur kadar gula dalam darah.

Mencegah cacat lahir

Tingginya kandungan folat dalam buah alpukat yang mencapai 23% jumlah harian folat dari secangkir alpukat sangat penting digunakan untuk mencegah cacat lahir seperti kerusakan saraf dan fisik pada janin.

Untuk mencegah stroke

Tingginya kandungan folat dalam buah alpukat juga mampu mengurangi resiko untuk terkena stroke.

Untuk kanker

Dari beberapa penelitian, buah alpukat bisa menghambat sel kanker prostat dan juga bisa mencegah kanker payudara.

Untuk melawan radikal bebas

Anti-oksidan terkandung dalam buah alpukat mampu menahan radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan ternyata buah alpukat juga berkhasiat untuk kecantikan. Mengkomsumsi alpukat secara rutin ternyata dapat mencegah kerutan pada wajah, melembapkan kulit yang kering, bahkan mengangkat sel kulit mati. Menarik bukan?

Semoga 11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui dapat bermanfaat. Buah alpukat memang sangat nikmat saat diolah menjadi jus alpukat tetapi bukan cuma nikmat ternyata alpukat juga mengandung sejuta manfaat bagi tubuh.

 

.