Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Khasiat Kopi Hitam, Luwak dan Arabika

 10 Khasiat Kopi Hitam, Luwak dan Arabika

Duniahobiku.com -  Apakah anda mengetahui bahwa kopi hitam, luwak, dan Arabika yang selama ini anda minum memiliki khasiat  bagi kesehatan tubuh ? Bagi para penikmat kopi tentu tidak lengkap melewati hari tanpa meminum kopi dipagi dan sore hari. Serasa ada yang belum lengkap dalam melewati hari tanpa meminum segelas kopi hitam panas dengan asap mengepul.

Kandungan Kafein pada kopi selama ini dianggap kurang baik bagi tubuh yang bisa menyebabkan kecanduan dan rasa pusing jika tidak mengkomsumsinya dalam sehari. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kopi hitam, luwak, dan arabika  memiliki khasiat yang tidak anda sangka sebelumnya.

Berikut ini 10 khasiat kopi hitam, Luwak dan Arabika yang akan berdampak baik untuk kesehatan jika diminum tidak berlebihan.

Sumber antioksidan serta memenuhi nutrisi tubuh

Kopi memiliki antioksidan serta beberapa sumber nutrisi yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Kandungan flavonoid pada kopi hitam, luwak, dan arabika akan dapat menurunkan risiko penyakit akut bila dikonsumsi rutin dengan kadar tidak berlebihan.

Mengurangi risiko kanker

Mengkonsumsi kopi hitam akan menghindarkan Anda dari risiko terkena penyakit kanker seperti prostat, usus besar, kanker hati maupun payudara.

Mengurangi risiko diabetes

Salah satu dari 10 khasiat kopi hitam adalah melancarkan metabolisme yang akan meningkatkan produksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Sehingga akan mencegah terjadinya risiko diabetes.

Mengurangi kerusakan fungsi kognitif pada lansia

Konsumsi kopi hitam tanpa gula secara teratur telah dibuktikan dapat menurunkan risiko penuaan yang berkaitan dengan syaraf.

Seperti yang telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan Joan Salge Blake, seorang ahli nutrisi. Hasil penelitiannya diuraikan pada sebuah buku berjudul American Journal of Epidemiology edisi 2002.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium pada kopi menjadi salah satu manfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab kalium mampu menguatkan otot pada jantung serta menjaga detak jantung tetap normal.

Menjaga kesehatan tulang

Baik kopi hitam, luwak, dan arabika semuanya memiliki kadar kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang sehingga terhindar dari kemungkinan osteoporosis.

Mendukung program diet

Meminum kopi hitam akan membantu program diet yang Anda jalankan. Sebab tanpa adanya campuran gula maupun krim pada kopi akan membuat kopi tersebut tetap rendah lemak dan melancarkan diet Anda.

Meningkatkan produktifitas

Kandungan kafein pada kopi menjadi salah satu bahan yang baik dalam membantu proses pembakaran lemak pada tubuh dan dapat menaikkan produktifitas tubuh Anda.

Membantu Anda tetap aktif

Kandungan kafein pada kopi akan memacu kinerja otak sehingga akan membuat tubuh Anda tetap terjaga, terhindar dari rasa kantuk, lelah, dan bisa tetap aktif.

Menjaga tubuh tetap bugar

Khasiat terakhir dari 10 khasiat kopi hitam adalah membantu tubuh Anda tetap bugar. Berdasarkan saran Ory Hofmekler, seorang ahli kopi menyebutkan manfaat kopi tersebut bisa diperoleh asalkan kopi tersebut dikonsumsi dalam takaran yang benar dan diminum tanpa gula.

10 khasiat kopi hitam, luwak, dan arabika yang telah diuraikan tersebut menjadi satu titik balik dari pandangan orang yang menganggap bahwa kopi akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Namun perlu diperhatikan, tetap konsumsi kopi hitam dalam takaran yang benar dan tidak berlebihan. Meminum kopi 2 hingga 3 gelas sehari  cukup untuk kita mendapatkan manfaat yang terkandung dalam kopi yang kita minum , ingat hindari gula dan susu yang berlebihan yang bisa menjadi sumber masalah kesehatan anda dikemudian hari. Demikian 10 khasiat kopi hitam, luwak dan arabika yang bisa di ambil manfaat positifnya bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat!