Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Memilih Murai Batu Yang Bagus Buat Pemula Agar Tidak Menyesal

 10 Cara Memilih Murai Batu Yang Bagus Buat Pemula Agar Tidak Menyesal

Duniahobiku.com -  10 Cara memilih Murai Batu yang bagus buat pemula agar tidak menyesal saat membeli murai batu perlu anda ketahui. Para penggemar burung  pasti tidak asing dengan burung yang satu ini,.ya,  burung murai batu yang memiliki kelebihan dalam kicauannya yang bisa membuat kita jatuh cinta saat mendengarkan kicauan dan bentuk tubuhnya yang menarik. Banyak orang senang memelihara murai batu, ada yang untuk ditandingkan ada juga yang hanya hoby memelihara burung murai batu. Semuanya tergantung pada niat dan hoby masing – masing orang.

Cara Memilih Murai Batu Yang Bagus

Nah, khusus bagi kalian yang baru pertama ingin memiliki burung murai batu atau bagi kalian yang ingin benar – benar mendapatkan murai batu yang bagus maka  sebaiknyabaca artikel ini sampai akhir. artikel  ini akan memberikan informasi bagaimanaa ciri murai batu yang berkualitas agar nantinya kalian tidak menyesal setelah membelinya, apalagi harga murai batu tidak tergolong murah. Murai batu berkualitas bagus bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah.

Berikut ini adalah beberapa ciri murai batu yang berkualitas

1. Warna Bulu

Murai batu yang bagus memiliki warna bulu yang lebih cerah dan itu menandakan burung tersebut sehat.

2. Bulu Dada

Pada umumnya murai batu memiliki warna bulu dada coklat atau kekuningan, nah yang lebih bagus adalah murai batu yang memiliki warna bulu dada agak kekuningan.

3. Postur Badan

Kalian pilih postur badan murai batu yang mempunyai leher panjang, badan, ekor dan kaki yang serasi.

4. Bentuk Kepala

Murai batu yang bagus memiliki bentuk kepala yang kotak, mata bulat besar dan melotot. Berarti burung ini memiliki mental tempur yang bagus.

5. Bentuk Paruh

Untuk bentuk paruh murai batu yang bagus memiliki bentuk yang berpangkal lebar, tebal panjang dan besar. Jika dilihat paruh bagian bawah maka harus terlihat lurus dan usahakan memilih murai batu yang posisi lubang hidungnya mendekati mata.

6. Bagian Mata

Cari dan pilih murai batu yang memiliki mata bersih dan aktif terhadap ransangan cahaya (langsung berkedip). Karena banyak juga murai batu yang matanya terkena katarak, dengan ciri ada selaput putih yang terlihat di matanya dan itu bisa mengakibatkan kebutaan.

7. Bagian Ekor

Kalian cari dan pilih murai batu yang memiliki ekor rapat namun tidak terlalu tebal dan hindari murai batu yang tidak memiliki ekor karena biasanya ekor akan bergerak saat dia sedang ada di trek dan itu menambah daya tarik tersendiri.

8. Perilaku Murai Batu

Disini bisa kalian amati ketika murai batu sedang ada dalam ancaman maka akan melawan dan bisa kalian lihat ketika kita pegang maka dia akan mematuk tangan kita seakan ingin lepas.

9. Selalu Lincah

Jika hal – hal diatas terpenuhi biasanya murai batu bergerak dengan lincah karena keadaannya stabil sehingga bisa mengeluarkan suara yang cukup kuat.

10. Melihat Usia

Usia juga mempengaruhi kinerja dari murai batu itu sendiri, jadi usahakan memilih yang masih muda dan bisa dilihat dari kedua sisi sayap. Jika memiliki bintik coklat maka murai batu masih muda (bagian luar sayap).

Oke, itulah 10 cara terbaik dalam memilih burung murai batu yang berkualitas dan mudah-mudahan kalian tidak akan menyesal walau mengeluarkan badget yang cukup besar untuk mendapatkan murai batu impian anda, karena harga tinggi tentunya harus dibarengi dengan kualitas.