Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Helm Untuk Anak-Anak Yang Menarik

 ips Memilih Helm Untuk Anak-Anak

Duniahobiku.com – Ingin membeli helm anak-anak namun belum tahu bagaimana cara memilih helm yang pas? Segi keamanan memang merupakan aspek nomor satu yang perlu di perhatikan oleh setiap pemakai jalan raya. Tidak kecuali untuk Anda, orangtua yang sudah memiliki anak kecil. Yakinkan keselamatan si buah hati terjamin dengan menggunakankan helm sebagai pelindung kepalanya.

Helm Anak Kecil

Saat ini tersedia berbagai macam model dan motif helm buat anak anak. Tapi belum tentu dapat benar benar melindungi kepala anak anda. Di satu sisi kita menginginkan dan mencari helm yang betul-betul dapat menanggung keamanan si kecil. Tetapi di sisi lain, anak-anak umumnya lebih tertarik dengan helm yang mempunyai bentuk yang unik dan lucu. Menggunakan helm waktu berkendara membuat kepala, anak terlindung dari bahaya.

Ada baiknya anak anak menggunakan helm ketika berkendara agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Di bawah ini adalah fungsi-fungsi helm :

Menyelamatkan nyawa dan kurangi tingkat keparahan luka bila terjadi kecelakaan

Helm membuat perlindungan bagian kepala sebagai bagian vital manusia yang rawan mengalami cedera yang dapat membahayakan nyawa sewaktu terjadi kecelakaan.

Pengendara dan penumpang yang menggunakan helm mengalami lebih sedikit cedera pada kepala dan leher dibanding yang tidak.

Mereka yang menggunakan helm, biasanya cuma menanggung derita luka enteng seperti memar atau lecet pada rahang, hidung, dan kepala.

Selain membuat perlindungan kepala anak waktu cuaca hujan dan panas, helm mempunyai fungsi utama mengamankan otak dan bagian dalam kepala yang lain bila setiap saat terjadi kecelakaan.

Cedera atau benturan keras pada kepala biasanya berisiko menyebabkan masalah pada otak dan syaraf tulang belakang bagian atas hal ini bisa diminimalisir dengan menggunakan helm.

Berkendara di jalan berdebu bisa mengganggu pandangan dan pernafasan, terlebih untuk anak-anak yang mempunyai ketahanan fisik lebih lemah dibanding orang dewasa.

Helm dengan penutup muka transparan  bisa mengurangi resiko masalah pada mata, hidung, dan mulut.

Selain waktu dibonceng di kendaraan bermotor, anak baiknya juga menggunakan helm sewaktu bersepeda untuk melindunginya dari cedera serius bila jatuh.

Mengajari Anak Menggunakan Helm

Menggunakan alat pengaman waktu berkendara bisa menjadi suatu kebiasaan yang baik untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli sebuah helm :

Tentukan helm standard yang aman dan sesuai sama kenyamanan anak

Tentukan helm dengan label SNI (Standard Nasional Indonesia). Helm yang baik yaitu yang tutup bagian dahi dan berpenutup transparan di bagian muka.

Ada bantalan di bagian dalam hingga helm merasa nyaman dan terpasang dengan baik pada kepala.

Tentukan helm yang tidaklah terlalu besar ataupun tidaklah terlalu kecil hingga tidak gampang lepas atau membuat kepala sakit.

Diluar itu, yakinkan pengait pada dagu juga terpasang dengan prima. Sekarang ini tersedia banyak helm anak standard dengan bermacam warna dan gambar.

Ajak anak untuk memilih helm yang disenangi supaya dia suka mengenakannya.

Untuk jadikan rutinitas keseharian

Lakukan anak Anda untuk menggunakan helm waktu berkendara seperti dia menggunakan sepatu atau jaket.

Berikanlah pujian saat si Kecil ingat dan sukses menggunakan dan menempatkan pengait pada helmnya sendiri.

Senantiasa gunakan helm Anda sendiri

Anak yaitu peniru yang ulung. Si kecil akan dengan gampang mencontoh saat Anda sendiri tampak menggunakan helm waktu menaiki sepeda motor, walau waktu cuma berkendara dalam jarak dekat.

Infokan manfaat menggunakan helm

Anak akan mengerti utamanya menggunakan helm waktu dia tahu resiko tidak menggunakan alat pengaman itu.

Beritahu anak kalau helm bisa melindunginya dari cedera kepala yang meneror nyawa, selain bisa membuat perlindungan dari panas, debu, dan hujan.

Ajarilah anak Anda untuk menggunakan helm setiap kali berkendara dengan motor.

Mencegah senantiasa lebih baik dari pada mengobati.

Bersihkan helm dengan membersihkan dan menjemurnya dengan teratur penting juga untuk melindungi kesehatan kulit kepala dan rambutnya.

Berikut ini beberapa tips memilih helm untuk anak-anak yang menarik yang harus di perhatikan dalam memilih helm untuk anak-anak. Diantaranya sebagai berikut :

1. Yakinkan Ukurannya Cocok dengan Kepala

Aspek pertama yang butuh di perhatikan adalah ukuran. Helm yang bagus yaitu helm yang memiliki ukuran sesuai sama susunan dan lingkar kepala si anak.

Salah kaprahnya, umumnya orangtua malah membelikan helm yang longgar pada anaknya dengan maksud supaya bisa digunakan kurun waktu yang lama.

Walau sebenarnya helm yang ukurannya sangat besar akan merasa lebih berat.

2. Kain Pelapis yang Halus dan Gampang Menyerap Keringat

Janganlah cuma memerhatikan helm dari bagian luarnya saja. Anda juga butuh mengecek bagian dalam helm untuk tahu kain pelapisnya.

Mengingat kulit kepala pada anak kecil umumnya gampang mengalami iritasi, jadi baiknya Anda memilih helm yang dilapis kain memiliki tekstur halus.

Kain pelapis itu juga sebaiknya gampang menyerap keringat agar tidak lembab.

3. Helm Dilapis Busa yang Empuk

Susunan busa yang empuk pada helm akan membuat penggunanya menjadi nyaman saat mengenakannya.

Helm juga merasa lebih enteng dan bisa terpasang dengan kuat. Anda pasti tidak ingin kan bila anak-anak menolak memakai helm karena mesti menahan bobotnya yang terlalu berat?

4. Helm Dilengkapi Sabuk yang Kuat

Namanya juga anak-anak, kelakuannya sering diluar kendali. Apabila tidak diantisipasi mulai sejak awal, helm yang dipakainya akan gampang sekali terjatuh.

Jadi lengkapilah helm ini dengan sabuk yang kuat agar tetaplah aman dan tidak goyah.

Tambah baik lagi bila helm tadi juga diperlengkapi pengunci sabuk yang akan berbunyi click setiap saat dikencangkan.

5. Kaca Pengaman yang Berkualitas

Kehadiran visor pada helm bukanlah hanya cuma untuk hiasan saja.

Kaca pengaman ini berperan membuat perlindungan pandangan anak-anak agar terlepas dari masalah debu, kerikil, atau bahkan juga serangga sekalipun.

 

Senantiasa tentukan helm yang diperlengkapi dengan visor berkualitas tinggi, daya dukungnya kuat, tidak silau, tidak menyerap debu, dan gampang dimembuat bersih.

6. Motif Helm Karakter Kartun

Jangan sampai meremehkan motif waktu akan memilihkan helm untuk anak-anak.

Pasalnya aspek ini punya pengaruh besar pada ketertarikan si buah hati untuk menggunakan helm.

Semoga artikel Tips Memilih Helm Untuk Anak-Anak Yang Menarik dapat bermanfaat buat anda semua para orang tua yang sedang mencari helm buat buah hati anda.

 

...