Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Pertimbangan Bagi Anda Pengguna Sepeda Motor Yang Ingin Beralih Memiliki Mobil

 

membeli mobil baru

Duniahobiku.com – Semakin majunya teknologi dan tingginya kebutuhan manusia akan kendaraan bermotor menimbulkan sedikit permasalahan karena kita sebagai manusia memiliki nafsu yang kadang tidak terbendung termasuk di bidang otomotif. Pemilik sepeda motor banyak yang memiliki keinginan untuk beralih ke mobil agar lebih fungsional dan lebih maksimal dalam kebutuhan sehari-hari.

Tapi sebelum anda membeli mobil baru maupun mobil bekas ada beberapa pertimbangan yang perlu anda pertimbangkan sebelum beralih ke mobil, diantaranya :

Budgeting - Dana

Ketika ingin membeli sesuatu yang paling utama adalah budget. Untuk beralih dari sepeda motor dan membeli mobil tentunya kita harus memiliki dana atau budget 5 sampai 10 kali lipat bahkan lebih dari biaya kita membeli sepeda motor. Ini bisa kita kalkulasikan dari harga rata-rata sepeda motor yang hanya 20 juta-an per unit jika kita ingin membeli mobil maka harganya berkisar mulai dari 100 sampai 200 juta bahkan lebih. Maka dari itu budgeting memiliki peran utama agar kita bisa mengganti sepeda motor dan membeli mobil.

Biaya operasional sehari-sehari

Mobil dan sepeda motor sama-sama membutuhhkan biaya oprasional tapi jelas berbeda untuk mobil karena akan sedikit merogoh kocek kita sedikit dalam. Ini dikarenakan untuk menggunakan mobil justru kita harus mengeluarkan uang bensin lebih banyak daripada kita menggunakan motor, begitu juga untuk urusan sparepart tentunya sparepart mobil lebih mahal dari sparepart sepeda motor. Dan satu lagi jangan lupakan tarif parkir, karena di Indonesia sendiri dimanapun kita berhenti kita akan dikenakan biaya parkir dan biaya parkir mobil pastinya lebih mahal dari biaya parkir sepeda motor.

Biaya service

Sepeda motor dan mobil sama sama membutuhkan servis agar kendaraan kita tetap dalam keadaan prima dan awet kapanpun kita menggunakannya. Berbeda dengan sepeda motor jika sekali servis kita hanya membutuhkan 50 sampai 100 ribu rupiah, jika ingin servis mobil biayanya berkisar 500 ribu sampai satu juta rupiah untuk sekali servis. Ini jelas harus menjadi pertimbangan anda karena servis merupakan hal yang rutin harus dilakukan setiap dua atau tiga bulan sekali.

Pajak Kendaraan

Sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus taat pajak termasuk pajak kendaraan bermotor. Dalam kasus ini juga sama karena biaya pajak mobil jauh lebih mahal dari biaya pajak sepeda motor tiap tahunnya. Ini bisa mencapai 5 sampai 10 kali lipat biaya pajak sepeda motor. Semakin mahal harga mobil yang anda beli maka pajaknya pun akan semakin tinggi.

Maka dari itu, sebelum anda beralih dari sepeda motor dan membeli mobil ada baiknya memperhatikan point-point diatas agar tidak memberatkan anda nantinya. Jangan karena hanya ingin mengikuti gaya hidup atau gengsi malah akan menyulitkan dikemudian hari. Semoga beberapa pertimbangan diatas membantu anda dalam menentukan memilih kendaraan yang ingin anda gunakan.

Semoga artikel Tips Dan Pertimbangan Bagi Anda Pengguna Sepeda Motor Yang Ingin Beralih Memiliki Mobil dapat bermanfaat buat anda para pembaca setia Duniahobiku.com