Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Pisang Dengan Mudah

Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Pisang

Duniahobiku.com - Ingin melakukan budidaya tanaman pisang tetapi belum tahu cara maupun tekniknya? Yah, memang semua itu tidak bisa didapatkan dengan instan. Pisang sendiri merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Untuk di Indonesia sendiri, menanam buah pisang ini sangatlah mudah. Tidak percaya?

Indonesia merupakan negara yang dikarunia tanah yang subur , kita tidak sengaja membuang buah pisang ke halaman atau pekarangan belakang rumah maka nantinya secara tidak sengaja bisa jadi tumbuh pohon pisang, ya karena tanah di Indonesia ini sangat bagus untuk bercocok tanam. Jadi buat anda yang ingin mencoba budidaya tanaman pisang, tidak perlu takut maupun bingung sebab menanam tanamn pisang tidak sesulit yang anda bayangkan.

Tetapi walaupun begitu, tetap ada cara agar mendapatkan kualitas buah yang baik. Untuk itu dibutuhkan teknik budidaya tanaman pisang agar bisa mendapatkan kualitas buah terbaik juga agar pohon pisang dapat tumbuh dengan cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah – Langkah cara budidaya tanaman pisang

Pemilihan Benih

Hal yang paling penting dan mendasar dalam budidaya tanaman pisang adalah pemilihan bibit. Untuk pemilihan bibit ini jika untuk seorang pemula mungkin masih sulit membedakan mana benih yang berkualitas bagus, mana yang berkualitas jelek. Saran saya lebih baik tanya kepada petani buah pisang atau kepada ahlinya mengenai hal ini, agar anda tidak kecewa dikemudian hari karena salah memilih bibit.

Setelah dipilih bibit yang akan ditanam, langkah selanjutnya adalah mengambil tunas pisangnya. Ya, caranya sangatlah mudah, tinggal menggali tanah tempat bibit tersebut hingga terlihat bonggolnya, lalu potong di bagian bonggol atau umbi pisang tersebut. Ingat, jangan lakukan pemotongan pada bagian pohon pisang, tetapi lakukan pada bonggolnya.

Menyiapkan Media Tanam

Persiapkan lahan yang akan digunakan untuk budidaya pohon pisang. Lalu buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 cm dan mempunyai kedalaman kira kira 50 cm juga. Agar lebih aman lebih baik buatlah sesuai dengan ukuran bonggol dari tunas pisang tersebut. Lalu isilah lubang tersebut dengan pupuk kompos ataupun pupuk kandang. Biarkan selama 2 hari agar pupuk tersebut dapat menyatu dengan tanah.

Menanam Pisang

Untuk menanam pohon pisang ini tinggal masukkan saja tunas pisang yang diambil tadi kedalam lubang tanam yang telah di campur dengan pupuk kompos. Lalu tutup dengan tanah hasil galian lubang tersebut. Pada saat menanam ini bisa mengatur arah pertumbuhan dari pohon pisang, karena biasanya pohon pisang akan tumbuh berlawanan dengan bekas potongan tunas yang dari induknya tadi.

Menanam Pisang

Merawat atau memelihara Pisang

Dalam proses perawatan ini sangatlah mudah, seperti melakukan pemupukan kembali. Ya, untuk membuat tanaman pisang cepat tumbuhnya maka diperlukan pemupukan kembali, hal ini juga bisa membuat kita mendapatkan hasil yang maksimal. Perawatan ini meliputi pembersihan pohon pisang, jika ada daun yang kering sebaiknya di potong saja, dan letakkan daun tersebut dibawah pohonnya agar menjadi pupuk untuk tanaman pisang. Dan kurangi jumlah anakan tunas, hal ini berfungsi agar tanaman pisang dapat cepat berbuah lebih besar karena pertumbuhan tanaman bisa lebih fokus.

Panen Pisang

Umunya buah pisang ini akan berbuah setelah berumur 120 hari dari masa tanam. Untuk ciri-ciri buah yang sudah matang ini biasanya berwarna kuning. Untuk cara mengambilnya sendiri dengan memotong tandannya ataupun dengan menebang pohonnya sampai dengan ke pangkal.

Panen Pisang

Nah, itulah beberapa langkah cara budidaya tanaman pisang, mudah bukan? Semoga artikel Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Pisang Dengan Mudah dapat bermanfaat untuk anda semua.