Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tebar Benih Ikan Di Sungai Upaya Menyambung Kelestarian Ikan

 Tebar Benih Ikan Di Sungai

Duniahobiku.com - Semakin banyaknya populasi manusia di muka bumi ini membuat beberapa hewan terdesak habit dan jenisnya termasuk keberadaan ikan. Habitat ikan di alam liar yang dulunya bebas berkeliaran namun seiring dengan perkembangan manusia yang merambah hutan dan sungai membuat ikan-ikan makin berkurang. Lalu apa tindakan kita terhadap hal ini? Apakah kita diam saja atau bahkan ikut-ikutan menghabisi keberadaan ikan.

Kami banyak mendengar cerita bahwa dulu sekitar 20 tahun lalu, sungai-sungai di sekitar kita banyak dihuni ikan-ikan besar. Dulu untuk mencari ikan besar sangat mudah. Lain dulu lain sekarang. Belum ada dua generasi ternyata ikan besar saat ini sudah sulit didapatkan. Ikan besar yang diidamkan semakin langka. Seiring semakin langkanya ikan maka para angler yang mendambakan ikan besar harus rela berkelana menjelajah dari sungai ke sungai untuk mendapatkan ikan yang diimpikannya.

mancing ikan

Sekarang hanya angler yang punya jiwa petualang,  sehat serta keuangan kuat yang dapat berburu ikan besar. Angler itu harus jauh dari rumahnya berkelana makin jauh mencari spot menarik dan tentu saja memakan biaya yang tidak sedikit. Apa lagi kalo berkelananya sampai naik pesawat terbang dan menginap di hotel, wow..  jelas biayanya pasti tinggi.

Namun jika anda tetap peduli lingkungan pasti ada cara untuk menyambung keberadaan ikan salah satunya adalah menebar benih ikan. Alangkah baiknya bisa tidak hanya menebar benih ikan tetapi juga soal menjaga sungai atau danau dari para penuba dan penyetrum ikan, oleh sebab itu kita harus menggandeng perangkat pemerintah seperti kepala desa dan jajaran lainnya. Jadi menjaga kelestarian habitat ikan sebenarnya bukan hanya pekerjaan para angler yang peduli saja, namun seharusnya semua aspek saling menjaga dan saling memberi yang terbaik untuk negeri ini. Nah bila kita berani mengambil hasil dari alam maka sudah seharusnya kita memberi untuk alam itu sendiri. Kalau tidak di mulai sekarang dan diri kita kapan lagi?

Beberapa pihak baik pemerintah, Swasta, maupun masyarakat umum mulai sadar tentang pentingnya menjaga rantai kehidupan ikan dan menebar bibit ikan disungai dalam jumlah hingga puluhan ribu ekor, mungkin hasilnya tidak dapat kita nikmati dalam waktu singkat tetapi percayalah suatu hari apa yang kita tabur pasti kita tuai. Ikan-ikan yang dulunya kecil akan besar dan berkembang biak selama kita sebagai manusia tidak mengeksploitasi secara berlebihan.

Semoga artikel Tebar Benih Ikan Di Sungai Upaya Menyambung Kelestarian Ikan dapat bermanfaat dan membuat kita sadar tentang penting menjaga lingkungan agar anak cucu kita bisa turut menikmati kekayaan alam berupa ikan-ikan besar di sungai.