Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Songgolangit Sembuhkan Asam Urat Yang Menusuk

 Tanaman Songgolangit

Duniahobiku.com – Tanaman songgolangit (Tridax procumbens) dikenal sebagai tanaman liar. Songgolangit memiliki banyak nama daerah seperti gletang, katumpang, cemondelan, londotan, orang-aring, prepes, srunen, dan taroto. Tanaman ini banyak dicari oleh para penderita rematik yang sering merasa ngilu seperti ditusuk seribu jarum namun tanaman songgolangit ternyata dapat meredakannya. Khasiat tanaman songgolangit bukan hanya untuk rematik tetapi juga untuk penderita asam urat. Ingin tahu lebih banyak lagi tentang manfaat tumbuhan songgolangit? Simak terus artikel ini dan temukan manfaat tanaman songgolangit dan kenali bentuk tanaman songgolangit lebih seksama agar tidak salah menggunakannya.

Tanaman Songgo langit

Mungkin banyak yang penasaran mengapa tanaman ini dinamakan songgo langit (penahan langit)? Mungkin saja karena tangkai bunga songgalangit yang mencuat tinggi yang tidak sebanding dengan daunnya yang rata di tanah. Daun songgolangit memiliki bentuk berlekuk-lekuk dan berbulu. Jika diraba dengan tangan akan terasa kasar. Sekilas bentuknya mirip dengan daun krisan. Panjang daun sekitar 5 cm. Bentuknya yang mirip dengan tanaman krisan sehingga dinamakan wild daisy atau tridax daisy oleh bangsa Inggris.

Bunga Songgolangit / Bunga Sundul Langit

Bunga songgolangit kerap didatangi oleh kupu-kupu karena warnanya yang cukup menarik dimata kupu-kupu, tangkai bunga bisa tumbuh hingga sepanjang 20 cm bahkan lebih. Pada bagian ujungnya muncul bunga bulat berbentuk seperti kancing jas. Bentuk bunganya membuatnya dijuluki coat buttons. Hampir dua pertiga bagian bunga tertutup kelopak berwarna hijau. Benang sari dan kepala putik berwarna kuning mengumpul ditengah. Dikelilingi mahkota bunga yang juga berwarna kuning.

Warna bunganya akan berangsur-angsur menjadi kecokelatan disaat mengering. Didalamnya terdapat biji-biji panjang berwarna hitam. Pada bagian ujung biji terdapat benang-benang tipis seperti kapas. Sehingga saat kelopak bunga pecah maka biji-biji yang ada didalamnya akan lepas beterbangan terbawa oleh angin. Biji-biji tersebut akan berhenti dan tumpuh di habitat barunya. Itulah salah satu cara tanaman ini menyebar dari daratan Amerika Tengah dimana tanaman ini berasal.

Bunga Songgolangit

Didaerah Hawai tanaman ini biasanya tumbuh didaratan rendah dan memiliki iklim kering sedangkan di Fiji, Jepang tanaman songgolangit ditemukan pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut pada daerah rerumputan, kebun ataupun pekarangan rumah warga.  Di Papua Nugini pohon songgolangit juga dapat kita temukan pada ketinggian 0-700 meter dari permukaan laut, terutama didaerah yang memiliki intensitas matahari penuh. Di Indonesia tumbuhan songgolangit sering ditemukan pada pematang sawah, lading, pinggir jalan bahkan diantara bebatuan, Tanaman ini diperkirakan masuk di Indonesia sekitar tahun 1875.

Manfaat Tanaman Songgolangit

Khasiat tanaman songgolangit sebagai tanaman toga bukan hanya isapan jempol dan cerita dari mulut ke mulut. Kandungannya telah dibuktikan secara ilmiah. Secara umum tanaman songgolangit mengandung tanin, saponin, dan flavonoid. Tanaman ini juga mengandung beberapa mineral seperti kalium, magnesium dan kalsium. Bahkan dalam penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menunjukkan bahwa tanaman songgolangit memiliki reaksi yang sama dengan aspirin pada kandungan 40% larutan songgolangit. Tanaman songgolangit juga memiliki kemampuan menurunkan volume oedem (pembengkakan) serta menurunkan kreatinin dan asam urat.

Cara Mengolah Tanaman songgolangit Untuk Asam Urat

Ambil segenggam daun dan bunga tanaman songgolangit kemudian rebus dengan dua gelas air hingga tersisa setengahnya. Air rebusan ini dapat diminum dua kali sehari masing-masing satu gelas. Hasilnya? beberapa orang yang pernah mencobanya mengatakan bahwa rasa sakit akibat asam urat berkurang setelah sebulan mengomsumsi rebusan tanaman songgolangit.

Cara Menanam Bunga Songgo Langit

Tanaman songgo langit umumnya tumbuh ditempat terkena sinar matahari langsung dan tidak tergenang. Tanaman ini bisa tumbuh ditanah berpasir maupun berbatu bahkan ditemukan juga diketinggian 1500 meter dari permukaan laut. Umumnya perbanyakan dilakukan dengan menebarkan biji berwarna coklat tua atau hitam keatas tanah gembur lalu merawatnya seperti jenis tanaman berbiji lainnya. Lakukan penyiraman secara teratur selama pembenihan jangan sampai media menjadi kering.  Tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan cepat menyebar.

Semoga artikel Tanaman Songgolangit Sembuhkan Rematik Yang Menusuk dapat bermanfaat untuk anda para pembaca setia Duniahobiku.com.