Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Kucing Persia : Salah Satu Ras Kucing Tertua Di Dunia

 

Sejarah Kucing Persia

Duniahobiku.com - Banyak orang beranggapan bahwa kucing Persia adalah salah satu kucing ras yang paling tertua, banyak versi yang beda-beda dari satu orang ke lainnya tentang dari mana asal-usul ras Persia. Tetapi pada umumnya orang-orang mempercayai, bahwa kucing Persia  berasal dari negara Persia yang saat ini lebih dikenal dengan nama Iran.

Versi yang sangat terpopuler dari sejarah mengenai kucing Persia yaitu, pada pertama kalinya ras kucing Persia di perkenalkan di negara Italia pada tahun 1620, oleh seseorang yang bernama Pietro Della valle. Lalu ras kucing Persia diperkenalkan juga dari negara Turki dan negara Perancis oleh seseorang yang bernama Nicholas Claude pabri depeirsc. Sebagian versi ini di dokumentasikan ke versi sejarah kucing ras Persia.

Versi lain juga meyakini bahwa pada saat kucing Persia diperkenalkan untuk pertama kalinya di negara Inggris dari negara Perancis, mereka meyakini bahwa kucing Persia tidak memiliki bulu yang sangat panjang seperti pada umumnya. Namun sebaliknya, ras kucing Persia dikembangbiakkan di Turki dengan ras anggora Turki yang memiliki bulu yang panjang,  tetapi dalam vesi lain juga menyebutkan sejarah asal usul kucing Persia dikembangbiakkan dengan kucing Afrika atau kucing liar untuk mempunyai bulu yang panjang.

Versi lainnya juga menyebutkan sejarah Persia disebut dalam keturunan felis libyca, yang kebenarannya bahwa kucing Persia berasal dari Asia dan Afrika. Tetapi dalam versi ini juga menyebutkan ras kucing Persia diperkenalkan ke negara Eropa pada awal tahun 1620. Bahkan dalam versi ini menyebutkan bahwa kucing Persia yang diperkenalkan pada tahun 1500 oleh bangsa Fenisia dan Romawi, mereka manyatakan kucing Persia mempunyai harga nilai jual yang sangat tinggi.

Di negara Amerika Serikat dan Kanada untuk pertama kalinya diperkenalkan kucing ras Persia pada tahun 1900-an, dan pada saat itu juga kucing Persia menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling disayang dan disukai orang-orang. Lalu menjadi kucing yang paling populer di seluruh dunia. Sampai sekarang kucing Persia sering dipamerkan melalui acara kontes kucing atau cat show.

Apapun versinya tidak diragukan bahwa memang kucing Persia mempunyai nilai jual yang tinggi, kucing Persia juga dianggap sangat langka, dan lebih disukai oleh golongan orang kelas atas. Semoga sejarah kucing Persia dapat menambah wawasan anda tentang berbagai jenis ras kucing yang ada di dunia.