Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Duniahobiku.com - Bagi penyuka rujak, jangan lewatkan rujak khas Bali namanya rujak kuah pindang. Mendengar ‘kuah pindang’ langsung terbayang rasa amis ikan. Tapi tunggu dulu, kuah pindang yang satu ini tidak terlalu amis kok, apalagi setelah dipadukan dengan manis asamnya buah-buahan segar seperti mangga muda, bengkoang, pepaya muda, kedondong, mentimun, dan belimbing.

Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Rujak ini merupakan salah satu makanan khas bali yang memiliki rasa yang unik karena kuah yang digunakan merupakan kaldu ikan pindang dan cukup populer di pulau dewata. Bahan-bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan rujak pada umumnya

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat rujak pindang Bali:

Buah-buahan seperti mangga, papaya, nenas, mentimun, belimbing, bengkuang dan kedondong

Kaldu Ikan

Garam

Terasi

Cabai

Cara Membuat Kuah Pindang Bali

Buah yang paling sering dibuat rujak kuah pindang adalah mangga muda. Mangga dipotong-potong sangat tipis lalu ditambahkan kuah pindang. Untuk membuat kuah pindang ini pertama-tama ikan pindang dicuci bersih, direbus, dan air rebusan yang berupa kaldu itulah yang dicampurkan bersama terasi, garam, gula merah dan cabai yang sudah diulek. Kuah ini kemudian disiramkan diatas mangga muda atau buah-buahan lain yang sudah dipotong tipis tadi. Selain rasa pindangnya yang sangat kental, rujak inipun dikenal karena rasanya yang sangat pedas. Tapi bagi yang tidak terlalu suka pedas, tingkat kepedasan rujak bisa di-request kepada si penjual karena bumbu ulek disiapkan segera pada saat pembeli memesan rujak. Sedangkan kuah pindangnya biasanya sudah disiapkan sebelumnya dan di stok oleh si penjual. Di Bali ada banyak kedai dan warung pinggir jalan yang menyajikan makanan ini, di Denpasar sendiri ada beberapa kedai yang menyediakan rujak kuah pindang, yang paling gampang dikunjungi adalah kedai rujak dan es buah di dekat pasar senggol Kuta. Kalau ke Bali jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini!

Semoga artikel Rujak Kuah Pindang Khas Bali dapat bermanfaat dan menambah daftar kuliner yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke pulau dewata, Bali.