Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nikmatnya Masakan Kalukun Alba Dari Srilanka

 

Masakan Kalukun Alba Dari Srilanka

Duniahobiku.com – Bahan kalkun mungkin masih asing bagi sebagian besar dari kita. Penggunaannya mungkin hanya kita kenal atau dengar lewat perayaan Thanksgiving. Meski demikian, kalkun ternyata dipakai dalam olahan kuliner dari Srilangka. Penasaran dengan cita rasa bahan kalkun? Cobalah untuk mencicipi Kalukun Alba.

Srilangka adalah sebuah negara yang berbatasan laut dengan India dan dulunya dikenal dengan nama Ceylon. Mungkin banyak yang belum mengenal negara ini termasuk dengan kulinernya yang kurang terekspose di dunia luar. Jika anda mencari informasi tentang menu yang satu ini kita akan menemukan minimnya informasi tentang menu yang berasal dari srilangka khussnya daging kalkun. Mungkin selama ini anda terbiasa memakan daging ayam dengan berbagai variasinya olahannya baik digoreng, tumis, bakar, dll. Ingin mencoba variasi olahan lain yang berasal dari daging kalkun? Simak resep dibawah ini siapa tahu anda tertarik mencobanya :

Bahan-bahan Pembuatan Kalukun Alba (Srilangka)

1 ekor kalkun

3 sdt biji mustard yang dihaluskan

2 sdt merica hitam bubuk

2 sdt garam

5 cm kunyit yang sudah dihaluskan

500 ml santan kental yang didapatkan dari parutan ½ butir kelapa

1 sdt kelabat

2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan bumbu 1:

300 gr bawang bombay yang dicincang halus

6 siung bawang putih yang dimemarkan

5 butir cengkih

1 tangkai daun kari

2 buah cabe rawit merah

4 buah cabe rawit hijau

4 butir kapulaga yang sudah dimemarkan

4 cm kulit kayu manis

Bahan bumbu 2:

5 cm kunyit yang sudah dihaluskan

3 cm jahe yang sudah diiris tipis

2 sdm cuka

Tahapan pembuatan:

1. Ambil 1 ekor kalkun yang sudah kita siapkan sebelumnya kemudian potong-potong menjadi 8 bagian. Cuci potongan kalkun kemudian tiriskan.

2. Potong-potong lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan ukuran sekitar lebih kurang 2½ cm. Lumuri potongan kalkun ini dengan ½ bagian garam, kunyit, merica dan mustard. Setelah kalkun rata terlumuri oleh bumbu baru sisihkan.

3. Panaskan wajan dan tuangkan minyak lalu kemudian tumis bahan bumbu 1 sampai mengeluarkan bau harum dan matang.

4. Setelah bumbu matang baru kecilkan apinya. Tambahkan potongan kalkun dan juga bahan bumbu 2 baru aduk-aduk sampai merata.

5. Tuang santan dan juga kelabat baru aduk-aduk semua bahan sampai daging kalkunnya benar-benar matang. Bubuhkan sisa garam baru kemudian aduk-aduk sampai rata lalu angkat dan sajikan.

Semoga artikel Nikmatnya Masakan Kalukun Alba Dari Srilanka dapat menambah wawasan anda tentang berbagai kuliner yang ada di dunia. Siapa tahu menu yang satu ini cocok dengan lidah anda?