Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasi Liwet : Makanan Khas Solo Di Malam Hari

 Nasi Liwet : Makanan Khas Solo

Duniahobiku.com - Buat teman-teman yang tinggal di kota Solo dan sekitarnya, pasti sudah familiar dengan masakan yang satu ini. Yah betul sekali nasi liwet ” Yu Sani “.  Nasi liwet ada kemiripan dengan nasi uduk yang mudah kita jumpai di ibukota jakarta namun memiliki sedikit perbedaan dengan nasi liwet. Sebenarmya banyak lokasi penjual nasi liwet di kota Solo, tetapi tidak tahu kenapa di tempat ” Yu Sani ” lah yang selalu ramai pengunjung. Mungkin karena tempatnya yang santai yaitu di daerah Solo Baru, dimana di kawasan ini apabila di malam hari tidak terlalu ramai karena banyak toko besar yang sudah tutup sehingga tempatnya lebih nyaman dan santai dengan hanya beralaskan tikar dan berada pas di depan pertokoan yang sudah tutup.

O ya nasi liwet ini juga khas dengan cara peyajiannya yaitu dengan menggunakan daun pisang dan dibuat berbentuk kerucut terbalik, yang orang Solo menyebutnya dengan ”pincuk“. Masakan ini berisi ayam opor yang sudah disuwir-suwir, telur rebus, labu siam yang dimasak santan pedas, dan terakhir yang membuat masakan terasa gurih adalah ”areh” yaitu bagian yang paling kental dari santan yang dipanaskan. Dan apabila kurang pedas, pengunjung bisa menambah dengan lombok rebus yang telah disiapkan di mangkuk plastik. Disini juga menyediakan lauk seperti hati dan ampela ayam yang di goreng, sate “puritan” yaitu telur yang masih berada di dalam ayam, tempe dan tahu bacem, dan masih banyak lagi.

Nah, buat teman-teman yang berada di luar kota Solo ataupun yang berada di sekitar Solo tapi belum pernah mencoba, luangkan waktu untuk mengunjungi nasi liwet ”Yu Sani” sambil menikmati suasana kota Solo di malam hari. Pokoknya tak menyesal deh makan disini, dijamin ketagihan. Selamat mencoba ya teman-teman.

Alamat warung “Yu Sani” jl. Soekarno no 8, Solo Baru

Buka : Jam 4 sore sampai jam 10 malam.