Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Tempat Parkir Pesawat GMF Aeroasia

 Tempat Parkir Pesawat GMF Aeroasia

Duniahobiku.com – Pernah masuk Hanggar? Tempat parkir pesawat itu sangat luas. Atapnya tinggi menjulang. Tapi, tidak sembarangan orang bisa memasuki kawasan ini, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Maklum, untuk perawatan pesawat dibutuhkan kecermatan yang luar biasa.

Hanggar 2 merupakan bagian dari Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia yang merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia. Hanggar 2 terletak di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soeta) Cengkareng. Meskipun hanya Hanggar, tetapi bisa dikatakan tempat tersebut memiliki suasana yang tidak biasa bagi masyarakat umum.

Tempat yang luas dengan atap tinggi. Banyak dari pengunjung yang terpukau ketika berjalan-jalan sejenak di dalam Hanggar ini. Tidak seperti ketika datang ke bandara dengan segala prosedurnya, lalu naik pesawat menuju daerah tujuan. Untuk membersihkan pesawat di Hanggar ini, tidak cukup hanya satu orang saja. Selain itu, butuh kecermatan tertentu saat mengecek dan memperbaiki bagian pesawat yang tidak sesuai.

Tempat Parkir Pesawat GMF Aeroasia

Pengunjung tidak bisa sembarangan wara-wiri di Hanggar ini karena yang diutamakan terlebih dahulu adalah pesawat. Bahkan sebelum memasuki Hanggar, bus pengunjung harus berhenti sejenak ketika ada pesawat yang mau parkir.

Dan kehati-hatian menjadi hal yang sangat diperhatikan bagi karyawan dan pengunjung. Selain karena pesawat yang lewat, kemungkinan masih ada sisa oli yang tercecer. Meskipun sebenarnya Hanggar ini terbilang bersih. Dan berselfie ria atau berfoto bersama, menjadi salah satu hal mungkin muncul di benak orang yang mengunjungi Hanggar ini. Momen yang bisa dikatakan langka.

GMF AeroAsia sendiri berdiri di lahan seluas 115 hektare dan dipisahkan dari manajemen Garuda Indonesia sejak 26 April 2002. GMF AeroAsia sudah memiliki approval dari authority berbagai negara di dunia dalam hal perawatan pesawat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sertifikasi dari lembaga authority, bahkan GMF AeroAsia mendapatkan sertifikasi dari pihak pabrik. PT GMF AeroAsia TBk sendiri mempekerjakan 5000 karyawan.

Kesuksesan dalam memperoleh sertifikasi tersebut berdampak positif pada keberlangsungan bisnis perusahaan. Pencapaian ini memberikan kepercayaan customer, baik dalam dan luar negeri. Tidak sedikit maskapai penerbangan internasional yang mempercayakan proses maintenancenya pada GMF AeroAsia.

Hanggar 4 milik GMF AeroAsia memiliki 16 line dan terbagi dalam dua sisi. Hangar 4 merupakan hangar terluas di dunia untuk kategori pesawat berbadan kecil (narrow body).

Di bangunan Engine Maintenance yang juga luas dan banyak ruangan, pengunjung bisa melihat banyak bagian dari pesawat yang mungkin tidak terpikir oleh masyarakat awam. Karenanya, jelas banyak pengetahuan baru di tempat ini, mulai dari sejarah pesawat yang dimiliki Garuda Indonesia hingga wawasan lainnya, di mana setiap pesawat yang siap dan layak terbang membutuhkan penanganan dengan kecermatan dan kedetailan yang terkadang tidak terpikirkan bagi penumpang pesawat itu sendiri.

perawatan mesin pesawat

GMF AeroAsia juga memiliki teknisi berpengalaman, bersertifikat dan reputasi yang sangat baik dalam menangani setiap tugas dengan dedikasi. Termasuk memberikan analisis yang tepat dari kinerja pesawat, rekomendasi untuk program pemeliharaan yang optimal dalam sistem pesawat dan semacamnya.

Semoga artikel Mengintip Tempat Parkir Pesawat GMF Aeroasia dapat bermanfaat buat anda semua dan menambah wawasan kita tentang suasana Hanggar pesawat.