Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kucing Ras Himalaya Si Mata Biru

Kucing Ras Himalaya

Duniahobiku.com - Jika kita lihat di Indonesia, banyak orang yang jual kucing Himalaya, untuk Anda yang sudah memiliki jenis kucing Himalaya atau belum memiliki, tentunya pasti ingin tahu tentang sejarah, kepribadian, juga karateristik pada kucing himalaya yang sangat menggemaskan ini.  Tentu saja jika dilihat keseluruhan tubuh tidak ada bedanya dengan kucing Persia, tetapi yang membedakannya adalah warna dan bola mata yang dimiliki oleh ras kucing Himalaya ini.

Kucing Himalaya  sudah ada sejak ratusan tahun hingga sampai saat ini, Pada awal tahun 1950-an jenis ras kucing Himalaya pertama kali diperkenalkan di Eropa dengan nama Colourpoint Persian. Lalu ras kucing Himalaya diakui berbeda dengan ras kucing Persia di tahun 1957 dan pada saat itu diberikan nama kucing Himalaya. Tetapi sekarang, ada beberapa organisasi pecinta kucing mengakui kucing Himalaya ke versi colorpoint ras kucing Persia, disebabkan karakter dan polanya mirip dengan kucing Persia.

Kucing Himalaya terdaftar dalam ras berbeda dengan ras kucing Persia hingga saat ini oleh suatu organisasi pecinta kucing TICA (The International Cat), dan digolongkan pada kelompok sama dengan kucing Persia dan kucing Exoic bulu pendek, yang  disebut Persian Breed Group Standar, tetapi  untuk peternak kucing atau breeder, mereka menganggap kucing Himalaya tidak berbeda dengan kucing Persia, hanya warna saja yang membedakan antara lain

Karakteristik Kucing Himalaya

Tentu saja, kucing himalaya ini berbadan gemuk atau gembrot, terlihat seperti bola putih yang bulat, dan mempunyai kaki pendek ceper seperti halnya kucing Persia. Namun mempunyai kaki pendek membuat kucing Himalaya sulit untuk melompat, tetapi ada juga kucing Himalaya yang mempunyai tubuh seperti siamse, yang tentunya jenis kucing Siamse memiliki badan yang ramping dan langsing, sehingga dapat lebih mudah jika ingin melompat pada ketinggian 2 atau 3 meter.

Kucing Himalaya sama halnya dengan Persia yang memiliki bulu yang panjang, tetapi yang membedakan adalah warna point yang terdapat pada wajah, telinga, kaki dan di ekornya, memiliki pola lynx, tortie, dan tabby. Warna yang terdapat pada kucing Himalaya adalah chocolate point, cream point, red point, lilac point, blue point, tortie point dan seal point.

Jenis Kucing Himalaya

Kucing himalaya mempunyai 2 jenis yang berbeda yang didasari oleh bentuk dari wajahnya, disebut kucing Himalayan Ultra-Face dan Himalayan Doll Face. Perbedaannya yaitu Himalayan ultra-face, wajahnya terlihat pesek jika kita melihatnya dari pinggir, dan sebaliknya Himalayan Doll Face terlihat sedikit pesek dilihat dari pinggir, hingga tidak begitu datar.

Kepribadian Kucing Himalaya

Jenis Himalaya tergolong kucing yang aktif, periang dan gemar bermain. Kucing Himalaya bukan tipe kucing pemalas seperti siamse, dan juga sangat pintar, lembut, tenang dan anggun seperti kucing Persia. Dan juga dia senang dielus atau dibelai-belai, Himalaya adalah tipe kucing yang bersahabat dan setia.

Kesehatan Kucing Himalaya

Himalaya ini adalah jenis kucing yang tidak mudah sakit dan terserang penyakit, tetapi membawa penyakit yang turunan dari nenek moyangnya yaitu tumbuh kista pada ginjal, yang dinamakan PKD  (Polycytic Kidney Disease ).

Semoga artikel Mengenal Kucing Ras Himalaya Si Mata Biru dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia Duniahobiku.com dan menambah wawasan anda tentang berbagai jenis kucing yang ada didunia.