Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanam Bunga Telang (Clitoria Ternatea) di Rumah

 Menanam Bunga Telang

Duniahobiku.com - Bunga telang/teleng atau dalam bahasa Inggris disebut ternatea flower merupakan salah satu jenis bunga yang bisa dimakan, baik segar, maupun disertakan dalam aneka makanan dan minuman sebagai pewarna alami. Bunga telang sejak jaman dahulu digunakan karena mempunyai banyak khasiat. Bunga telang bisa untuk mengobati mata, anti depresan, mengatasi masalah terkait siklus haid dan kesuburan dan sebagainya. Beberapa negara seperti Thailand, Malaysia menggunakan bunga telang untuk mewarnai nasi yang biasa dikenal dengan sebutan nasi kerabu.

Tanaman telang merupakan jenis tanaman kacang-kacangan, dengan ciri berbunga kupu-kupu, batangnya berkayu dan menjalar seperti umumnya keluarga kacang-kacangan dan memiliki polong pipih dengan panjang 7-10 cm.

Untuk menanam bunga telang dilakukan dengan menggunakan biji yang cukup tua, dan disemai dalam wadah semai terlebih dahulu, setelah berdaun 3-4  bisa dipindah kedalam pot atau langsung ditanam di lahan. Pertumbunan bunga telang akan sangat baik apabila ditanam di tanah yang subur dan diberi pupuk organik yang cukup. Bila menanam di pot, kita perlu menggunakan tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1.

Kita juga perlu menyiapkan para-para sebagai tempat menjalar nantinya.

Setelah berumur 1,5-2 bulan, tanaman telang akan mulai menghasilkan bunga dan akan berproduksi dalam jangka waktu yang lama, bisa 1 tahun tergantung pemeliharaan.

Telang dapat dipanen bunganya untuk dikonsumsi langsung atau disimpan setelah dikeringkan terlebih dahulu dan digunakan dikemudian hari sebagai bahan pewarna atau bahan minuman telang yang menyegarkan dan kaya khasiat.

Bunga telang yang tidak dipanen akan membentuk buah/polong. Polong telang yang muda dapat juga dimasak s├Ęperti halnya kita memasak kapri atau buncis.

Karena tanaman telang ini berkayu dan cukup keras apabila pertumbunannya sudah tidak terkendali dan tidak lagi rapi, bisa juga diremajakan dengan cara memotong tanaman 5-10 cm dari permukaan tanah tetap diberi air secukupnya, maka dalam waktu 2-3 minggu akan tumbuh tunas-tunas tanaman baru lagi dan kembali berbunga tak lama sesudahnya.

Semoga artikel Menanam Bunga Telang (Clitoria Ternatea) di Rumah dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia Duniahobiku.com.