Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masakan Thailand : Nikmatnya Cita Rasa Cumi Masak Thailand

Masakan Thailand

Duniahobiku.com – Makanan Thailand yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah Tom Yam. Tom Yam sendiri merupakan sup asam pedas yang berisikan daging dan namanya bisa berbeda tergantung dari bahan bakunya. Tom yam yang diolah dari bahan baku udang, cumi-cumi atau ikan dikenal dengan sebutan tom yam talae sedangkan yang menggunakan bahan baku ayam disebut tom yam gai. Setiap makanan khas Thai memiliki ciri khas masing-masing tergantung dari wilayah mana makanan tersebut berasal. Penasaran dengan masakan cumi masak Thailand? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik tentang masakan Thailand dan cara membuatnya.

Makanan Tradisional Thailand

Thailand memiliki berbagai nama makanan tradisional yang sulit untuk dilafalkan oleh lidah orang indonesia apalagi hendak membaca nama menu dalam bahasa aslinya. Salah satu ciri khas dari masakan Thailand adalah rasa pedas, manis, asam dan asin yang begitu terasa dilidah saat pertama kali mencicipinya. Makanan tradisional Thailand banyak dipengaruhi oleh berbagai negara lain seperti China, India dan Laos. Salah satu masakan Thailand yang cukup digemari dan cocok dengan lidah orang Indonesia adalah cumi yang dimasak ala Thailand.

Salah satu bahan dasar makanan berbasis seafood yang terkenal akan kelezatannya adalah cumi-cumi. Hal ini dikarenakan cita rasa cumi-cumi yang lezat dan kenyal. Untuk jenis olahannya, cumi-cumi biasanya akan diolah menjadi cumi goreng tepung, cumi saos padang, tumis cumi atau sebagai campuran dari masakan nasi goreng.

Jika anda menyukai olahan cumi maka salah satu resep yang bisa kita coba untuk menghindari kejenuhan adalah cumi masak Thailand. Untuk rasanya sendiri pasti bisa dengan mudah menerimanya karena cita rasa yang tak jauh beda dengan lidah orang Indonesia. Penasaran dengan rasanya? Berikut ini daftar bahan yang diperlukan serta tahapan lengkap untuk bisa membuatnya sendiri di rumah:

Bahan-bahan:

400 gr cumi-cumi yang sudah dibersihkan kemudian dipotong bentuk bulat dengan ukuran 1½ cm

3 buah cabe merah besar yang dicincang halus

2 sendok makan saus tomat

3 sendok makan saus sambal Bangkok

3 siung bawang putih yang susah dicincang halus

½ sendok teh garam

½ sendok teh gula pasir

2 sendok teh kecap ikan

1 buah jeruk nipis yang diperas airnya

300 ml air

5 tangkai daun ketumbar yang dicincang halus

1 sendok makan minyak untuk menumis

2 sendok teh maizena yang dilarutkan dalam 2 sendok teh air untuk mengentalkan

Tahapan pemasakan:

1. Panaskan wajan kemudian masukkan irisan bawang putih. Tumis bawang putih sampai mengeluarkan bau harum kemudian baru masukkan cabe. Tumis bawang dan cabe sampai layu.

2. Tambahkan cumi ke dalamnya baru kemudian aduk-aduk sampai berubah warna.

3. Masukkan saus tomat lalu kecap ikan, sambal bangkok, gula dan garam kemudian aduk-aduk sampai merata. Setelah diaduk-aduk sampai merata baru kemudian tuangkan air kemudian masak sampai matang.

4. Setelah matang baru tambahkan larutan maizena. Aduk-aduk sampai menimbulkan letupan-letupan baru kemudian kita bisa menambahkan daun ketumbar dan air perasan jeruk nipis. Aduk-aduk sebentar baru kemudian angkat.

5. Semua bahan yang ada dalam daftar diatas akan bisa kita gunakan untuk membuat 6 porsi cumi masak ala Thailand.

Semoga artikel Masakan Thailand : Nikmatnya Cita Rasa Cumi Masak Thailand dapat bermanfaat buat anda semua, mencoba mencicipi menu masakan negara lain tentunya akan menambah wawasan kita tentang kekayaan kuliner dunia yang tidak ada habisnya di eksplore.