Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masa Menyusui Bayi Kucing Persia

 Masa Menyusui Bayi Kucing Persia

Duniahobiku.com – Masa menyusui bayi kucing Persia biasanya berlangsung selama beberapa minggu hingga bayi kucing bisa hidup mandiri. Setelah proses melahirkan selesai, biasanya indukan langsung menyusui anaknya (baby cat). Pada saat anda memiliki sepasang kucing Persia dewasa dan mulai berkembang biak terkadang bagi pemula akan merasa sedikit bingung untuk merawat bayi kucing yang masih sangat lemah. Mungkin timbul pertanyaan dihati anda, berapa lama masa menyusui induk betina kucing Persia? Simak artikel ini untuk menemukan informasi bermanfaat.

Masa Menyusui Bayi Kucing Persia

Kucing Persia merupakan salah satu ras kucing berbulu panjang yang banyak disukai para cat lover karena bentuk mukanya yang bulat, memiliki moncong pesek dan bentuk tubuh yang gemuk menggemaskan. Induk betina kucing Persia yang baik akan segera merawat dan melindungi anak-anaknya yang baru lahir dan segera menyusui anak-anaknya. Lamanya masa menyusui kurang lebih sekitar 8 minggu terkadang ada yang lebih lama dari 8 minggu. Hal ini tidak perlu untuk dikhawatirkan karena tidak mempengaruhi kesehatan pada bayi kucing dan juga induknya. Tetapi menurut dokter hewan, air susu yang baik biasanya hanya sampai 6 minggu.

Bayi kucing tidak akan langsung lancar menyusui untuk pertama kalinya. Karena, bayi kucing masih perlu adaptasi dengan suhu sekitarnya. Bayi kucing pun masih perlu mencari puting susu ibunya. Tapi jangan khawatir, setelah bayi kucing beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan menemukan puting ibunya, bayi kucing akan langsung menyusui. Jika bayi kucing tidak menyusui juga mungkin hal ini memerlukan bantuan si pemilik, dengan cara menempelkan mulut bayi kucing pada puting ibunya. Asi dari induk kucing sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan bayi kucing disamping itu juga sebagai antibody dari berbagai penyakit kucing.

Induk kucing yang sedang menyusui memerlukan tempat yang hangat bersih. Maka, pemilik sebaiknya memberikan lampu di dalam kandangnya. Hal ini bertujuan agar suhu di dalam kandang tetap hangat. Selain itu, induk kucing yang sedang menyusui sebaiknya dipisahkan dengan kucing lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah induk kucing mengalami stres. Nafsu makan induk kucing yang sedang menyusui akan meningkat. Jadi sebaiknya pemilik selalu menyediakan makanan dan air minum untuk induk kucing.

Ada juga sebagian induk kucing tidak memproduksi air susu, untuk itu diperlukan konsultasi ke dokter hewan untuk penanganan yang tepat.

Umur Berapa Anak Kucing Bisa Makan Sendiri

Umumnya anak kucing yang masih berusia 7-10 hari masih memiliki pandangan yang tidak jelas dan cenderung meraba-raba jika bergerak. Nanti setelah berusia sekitar 2-7 minggu pertumbuhan anak kucing akan meningkat dan pertumbuhan akan terlihat lebih cepat. Umur 3-4 minggu anakan kelinci akan mulai belajar memakan makanan padat, dan anda sedikit bisa bernafas lega.

Semoga artikel Masa Menyusui Bayi Kucing Persia dapat bermanfaat buat anda semua para cat lover dimanapun anda berada. Masa-masa menyusui merupakan masa yang paling rentan buat anak kucing Persia sebelum tumbuh menjadi dewasa dan mandiri.