Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Temulawak Untuk Asam Lambung

 Manfaat Temulawak Untuk Asam Lambung

Duniahobiku.com - Manfaat Temulawak Untuk Asam Lambung. Anda tahu temulawak? Sudah tahu khasiatnya untuk maag? Jika belum, yuk kita lihat apa saja khasiat temulawak untuk kesehatan. Sebelum membahas tentang manfaat yang bisa diambil dari temulawak anda juga harus mengetahui apa itu penyakit asam lambung.

Penyakit Maag / Asam lambung

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah sangat sering terdengar. Asam lambung sendiri terjadi karena adanya kelebihan asam lambung yang menyebabkannya naik ke kerongkongan dan menyebabkan perih pada lambung. Asam lambung terjadi karena adanya luka pada lambung atau radang lambung. Namun, asam lambung bisa juga terjadi karena mengkonsumsi makanan yang pedas, makanan yang mengandung banyak minyak, dan mengandung banyak lemak.

Lambung yang telah lama kosong akan menyebabkan terjadinya asam lambung. Dalam hal ini yang harus di ubah yakni pola makan agar tetap teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini tentu akan menghindari gesekan gesekan yang terjadi pada dinding lambung yang akan menyebabkan terjadinya luka pada lambung ataupun adanya peradangan pada lambung.

Lambung memang salah satu alat pencernaan yang sangat dibutuhkan perannya untuk mencerna makanan, jika hal tersebut terganggu maka pencernaan makanan pun akan terganggu. Penyakit ini sering kali disepelekan dan dianggap sebagai penyakit yang biasa saja padahal jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah terjadi.

Tidak cukup sampai disitu, penyakit yang berhubungan dengan lambung bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati dan akan menghambat ruang gerak pada jantung sehingga jantung akan sulit untuk berdetak dan tidak sedikit nyawa yang tidak tertolong akibat penyakit maag yang sudah sangat kronis.

Saat ini sudah banyak beredar pengobatan asam lambung yang bisa anda jumpai dimanapun. Baik untuk sekedar meredakan nyeri ataupun pengobatan yang di lakukan sampai tuntas. Untuk cara yang paling aman dan mudah anda cukup mengkonsumsi temulawak saja. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan herbal yang cocok untuk mengobati maag dan asam lambung.

tanaman temulawak

Anda tahu temulawak? Jenis tanaman herbal yang tumbuh subur di daerah tropis ini ternyata memiliki sejuta manfaat yang dapat diambil manfaatnya untuk kesehatan. Temulawak banyak di temui di daerah Indonesia dan tersebar banyak di daerah Asia Tenggara. Selain itu, dikawasan Eropa  juga terdapat banyak jenis tanaman ini.

Temulawak banyak digunakan sebagian masyarakat untuk berbagai pengobatan jenis penyakit salah satunya mampu mengatasi penyakit lambung secara alami. Temulawak ini mengandung kurkumin yang bagus untuk mengobati maag.

Rimpang temulawak dapat meningkatkan kerja lambung dan menetralkan produksi asam lambung yang berlebih dalam tubuh dan jika anda mengkonsumsi air sari temulawak ini penyakit lambung anda akan berangsur angsur sembuh secara alami.  Bukan hanya maag yang masih dalam tahap biasa yang bisa di atasi dengan tanaman ini, maag yang sudah terlanjur parah pun bisa di atasi dengan ini.

Untuk membuat ramuan alami ini anda tidak perlu repot, cukup dengan menyediakan satu rimpang temulawak, lalu cuci sampai bersih, iris temulawak dan kemudian rebus dengan air dan konsumsi satu gelas sehari atau untuk menambah rasa anda bisa gunakan madu sebagai solusinya.

Selain berkhasiat untuk lambung, temulawak juga berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit lainnya seperti :

Memelihara Fungsi Hati

Kandungan enzim dalam temulawak mampu menurunkan kadar SGOT dan SGPT pada penderita liver dan mampu memproduksi empedu dalam hati serta merangsang pengosongan kandung empedu.

Mengobati Masalah pencernaan

Zat didalam temulawak mampu merangsang  produksi kandung empedu yang dapat meningkatkan sistem pencernaan. Temulawak ini mampu mengobati masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan dispepsia.

Melawan Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling di takuti oleh banyak orang apalagi kanker ini bisa berujung pada kematian dan sangat berbahaya untuk kesehatan. Kanker yang dapat di cegah merupakan jenis kanker prostat yang mampu mencegah dan mengendalikan hormon penyebab kanker.

Mengurangi radang sendi

Temulawak dapat digunakan untuk mengobati nyeri sendi  dan radang sendi. Kandungan kurkumin sebagai anti radang mampu mengurangi rasa nyeri serta radang sendi.

Itulah manfaat dari Temulawak yang terbukti bagus untuk kesehatan tubuh terutama untuk mengobati penyakit asam lambung dan maag yang anda derita. Semoga bermanfaat.