Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

 Manfaat Teh Hijau

Duniahobiku.com  – Teh hijau merupakan salah satu jenis dari berbagai jenis teh yang ada di dunia. Teh hijau juga sangat populer terutama di negara Asia seperti Jepang, Tiongkok, Taiwan, Hongkong dan beberapa negara di Asia Tenggara. Popularitas dan manfaat teh hijau juga mulai digemari oleh negara-negara barat yang dulunya memilih teh hijau sebagai minuman favorit. Apa yang meneyebabkan teh hijau begitu populer? Manfaat apa saja yang bisa anda peroleh dengan rutin mengkomsumsi teh hijau? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik tentang teh hijau yang mungkin selama ini belum anda ketahui.

Sekarang ini memang zamannya inovasi baru yang tentunya berdampak banyak perubahan pada pola hidup masyarakat. Namun selain dampak positif dari berubahnya pola hidup, ada juga dampak negatifnya yang pastinya merugikan. Salah satu dampak negatif yang terjadi belakangan ini yaitu munculnya berbagai penyakit baru, serta bertambahnya tingkat kematian yang diakibatkan oleh beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, stroke dan lain sebagainya. Adanya gangguan tersebut dikarenakan pola hidup masyarakat sekarang ini yang sudah kurang memperdulikan kesehatan terutama dalam asupan makanan ataupun minuman. Keadaan ini jelaslah berbeda dengan kondisi masyarakat zaman dahulu yang sangat peduli dan menjaga pola makan yang sehat. Seperti konsumsi teh dalam minuman sehari-hari, karena banyak sekali khasiat manfaat teh hijau, hitam ataupun teh merah.

Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh hijau merupakan sebuah minuman yang diseduh dari bahan daun Camellia sinensis yang dipetik pada pagi hari sebelum matahari terbit, hal ini supaya kualitas daun teh tidak berkurang. Selain itu, daun yang dipetik adalah bagian utamanya yaitu 3 daun teratas atau lebih sering disebut sebagai pucuk daunnya. Pengolahan teh hijau ini berbeda dengan teh jenis lainnya dimana teh hijau diproses dengan cara dikukus dan bukan hasil fermentasi seperti teh hijau ataupun teh merah. Kualitas dari teh hijau memang lebih utama dari teh jenis yang lain. Hal tersebut dikarenakan ada banyak khasiat manfaat teh hijau yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Kandungan katekin dan polifenol sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama sebagai antioksidan yang dapat menangkal berbagai penyakit berbahaya seperti kanker ataupun serangan jantung.

Manfaat Teh Hijau Untuk Diet dan Kecantikan

Selain itu, teh hijau juga bermanfaat bagi kecantikan seperti mengencangkan kulit wajah, membuat kulit tetap segar dan awet muda, menyehatkan paru-paru, menurunkan berat badan, dan masih banyak khasiat lainnya. Jadi sebaiknya anda yang ingin menjalani hidup dengan pola hidup yang sehat, maka sebaiknya membiasakan untuk mengkonsumsi teh hijau yang sekarang ini mudah di dapat dipasaran.

Teh Hijau Pengganti Cairan Tubuh

Seringkali tubuh mengalami dehidrasi saat kekurangan cairan tubuh. Hal ini disebabkan karena faktor dari suhu yang panas dan kering, serta ada faktor lain dari orang itu yang belum cukup minum. Oleh sebab itulah tubuh menjadi kekeringan dan itu juga dapat merugikan tubuh manusia sendiri. Akibatnya badan lebih mudah lemas dan bahkan terserang penyakit akibat mudahnya virus berkembang biak. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi pada diri kita. Bila hal itu telah terjadi, ada baiknya untuk mencoba meminum minuman herbal seperti teh.

Bicara sebagai penghilang dehidrasi terletak pada saat kegiatan rutin yang seringkali menguras tenaga bisa membuat tubuh jadi lebih mudah mengalami dehidrasi. Selain dengan mengonsumsi air putih sebagai rutinitas dan pencegahan dari dehidrasi tubuh manusia, bisa juga dengan mencoba meminum teh hijau untuk membantu penambahan cairan pada tubuh. Jenis teh hijau dipercaya sebagian orang sebagai minuman yang mampu membantu proses hidrasi tubuh dengan baik dan optimal. Oleh sebab itu, bila bagi orang yang merasa haus dan dahaga, hanya satu gelas teh hijau juga mampu menghilangkan rasa dahaga sekaligus menambah cairan tubuh untuk yang meminumnya.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi tubuh hendaknya mulai rajin mengonsumsi minuman sehat seperti teh salah satunya sejak dini, agar kelak di masa tua tetap sehat. Sekaligus bisa mencegah suatu kemungkinan yang tak diinginkan untuk kesehatan sendiri di saat ini maupun nanti. Hal ini juga membuktikan bahwa manfaat teh hijau begitu amat besar bagi yang mengonsumsinya.