Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kimchi : Makanan Sehat Dari Korea Yang Mendunia

 Kimchi : Makanan Sehat Dari Korea Yang Mendunia

Duniahobiku.com - Siapa yang tidak kenal kimchi? Salah satu makanan tradisional Korea ini telah mendunia. Kimchi dikenal masyarakat Korea sebagai banchan (side dishes atau lauk) dan dibuat dari sayuran yang di fermentasikan. Kimchi adalah salah satu aset budaya kuliner yang sangat dibanggakan oleh Korea. Sejak film drama Korea digandrungi masyarakat Indonesia makanan khas korea ini juga ikut populer dan dicari oleh para penggemar kuliner.

Kini, kimchi dapat dengan mudah ditemukan di restoran-restoran Korea di berbagai negara selain Korea. Selain itu, kimchi juga di jual dalam kemasan dan dapat ditemukan di supermarket yang menjual makanan Asia. Kimchi instan juga sudah dapat kita jumpai dibeberapa swalayan Indonesia seperti Indomaret, Alfamart, dll. Harga kimchi kemasan ukuran 200-215 gram sekitar 20-30 ribu rupiah/kemasan.

kimchi kemasan

Bahan2 Membuat Kimchi

Sayuran yang paling umum digunakan untuk kimchi adalah sawi putih dan lobak. Setelah dicuci bersih, sawi putih dan lobak ini di fermentasikan dengan campuran bubuk cabai merah, bawang putih, kecap asin, jahe, daun bawang, udang krill/tiram/cumi-cumi, garam, dan gula. Yang paling unik, cara fermentasinya disimpan di dalam gentong/guci dan dikubur di dalam tanah. Proses fermentasi ini memakan waktu minimal tujuh bulan dan maksimal tiga tahun. Biasanya masyarakat Korea akan beramai-ramai satu keluarga membuat kimchi dalam jumlah banyak apabila musim dingin tiba, dan kimchi yang mereka buat akan cukup untuk kebutuhan satu keluarga selama setahun. Bahkan di dalam rumah, mereka menyediakan satu lemari es khusus untuk persediaan kimchi. Wow!

Bahan2 Membuat Kimchi

Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

Selain lezat, ternyata kimchi mengandung banyak zat gizi yang baik untuk kesehatan. Selain rendah kalori, sayuran yang kaya serat dapat melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Kandungan selulosanya dapat mengobati sembelit. Bakteri asam laktat pada kimchi (lactobacillus kimchi) lebih tinggi dari yoghurt, dan berfungsi untuk mencegah bakteri-bakteri jahat dan virus yang masuk ke dalam tubuh, sehingga disimpulkan bahwa bakteri pada kimchi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit yang bersumber dari virus seperti radang usus dan penyakit lambung/maag. Bahkan menurut versi Health Magazine, kimchi merupakan salah satu dari lima makanan tersehat di dunia.

Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

Begitu membudayanya kimchi di Korea, kimchi selalu ada disetiap menu masakan negeri ginseng dan hampir selalu terhidang di meja makan untuk menjadi pendamping menu utama. Bahkan kecintaan masyarakat Korea terhadap kimchi dibuktikan dengan dibuatnya Museum Kimchi di Seoul, Korea Selatan. Museum tersebut bertujuan untuk menjelaskan sejarah awal kimchi, jenis-jenis kimchi, cara pembuatan, bahkan pengunjung museum dapat mempelajari kandungan apa saja yang terdapat di dalam kimchi dengan menggunakan mikroskop.

Cara Membuat Kimchi Sawi Putih

Jika ingin mencoba membuat sendiri di rumah, kimchi dapat dengan mudah dibuat. Sawi putih atau lobak dicampur dengan bubuk cabai merah, bawang putih, kecap asin, jahe, daun bawang, garam, gula, sedangkan udang krill/tiram/cumi-cumi dapat digantikan dengan terasi. Dan untuk proses fermentasinya, tidak usah menunggu sampai berbulan-bulan, kimchi praktis buatan sendiri ini cukup didiamkan selama beberapa jam saja seperti halnya membuat asinan/manisan buatan sendiri. Mudah bukan? Ingin mencoba?

Semoga artikel Kimchi: Makanan Sehat Dari Korea Yang Mendunia dapat bermanfaat buat anda dan menambah wawasan tentang kuliner yang ada di seluruh dunia.