Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Makanan Anjing Yang Harus Dihindari

 Jenis Makanan Anjing Yang Harus Dihindari

Duniahobiku.com - Untuk anda para penggemar hewan seperti anjing maka berbagai macam jenis makanan anjing yang harus dihindari tentu harus diketahui, pasalnya jika anjing mengkonsumsi jenis makanan tersebut maka banyak resiko yang akan di alami anjing peliharaan dan bahkan bisa berakibat fatal. Sebagai pemilik anjing tentunya kita akan memberikan makanan anjing terbaik agar anjing tumbuh sehat.

Ya, pasalnya makanan sendiri memang dapat dikatakan sebagai salah satu hal penting yang sangat mendasar bagi setiap makhluk hidup, tidak hanya menjadi sumber kehidupan namun dapat juga menjadi permasalahan jika salah di konsumsi.

Tidak terkecuali pada binatang peliharaan seperti anjing, terlebih anjing sendiri hingga saat ini memiliki jenis atau ras yang berbeda-beda, yang tentunya juga akan selalu membutuhkan cara perawatan yang berbeda-beda antara satu jenis/ras anjing dengan jenis lainnya, dan salah satunya adalah faktor makanan yang diberikan. Ya, karena memang tidak semua makanan dapat diberikan pada anjing peiharaan anda, karena terdapat juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada anjing seperti beberapa jenis makanan anjing yang harus dihindari berikut ini.

Tulang Ikan Dan Ayam

Diketahui bahwa tulang ayam dan juga tulang ikan sendiri memiliki tekstur yang keras dan juga permukaan yang tajam, dan sebenarnya jika diberikan pada anjing maka tidak menutup kemungkinan anjing akan tersedak dan tulang tersebut dapat melukai usus dan lambung mereka, karena memang tulang sendiri tidak mudah dicerna.

Tulang Ikan Dan Ayam

Ikan Dan Daging Mentah

Makanan mentah sebaiknya tidak diberikan pada hewan peliharaan seperti anjing, khususnya jenis ikan dan juga daging merah, karena jika masih mentah ikan dan daging tersebut akan mengandung bakteri serta mampu menyebabkan defisiensi thiamine yang akan mengganggu sistem penernaan anjing hingga membuat muntah, kejang, hingga menyebabkan kematian.

Ikan Dan Daging Mentah

Telur Mentah

Hindari memberikan telur mentah pada anjing dengan percaya mitos yang baik untuk kulit dan bulunya, karena pada nyatanya di dalam telur mentah tersebut terkandung avidin yang dapat mengurangi penyerapan pada biotin sehingga menyebabkan permasalahan pada kulit dan bulunya. Telur mentah juga diketahui mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan masalah pencernaan pada anjing.

Telur Mentah

Coklat

Coklat? Mungkin banyak yang tidak menyangka kalau bahan yang banyak terdapat didalam jenis makanan seperti kue, minuman maupun coklat batang ternyata memiliki pengaruh yang kurang baik. Kandungan theobromine coklat dapat mengakibatkan anjing mengalami muntah-muntah, kejang bahkan kematian terhadap anjing tergantung seberapa banyak coklat yang dikomsumsi.

Coklat

Apel

Buah yang biasa dibuat juice atau dimakan langsung ini ternyata mengandung sianida dalam bagian tengah apel. Kandungan cyanogenic glycosides bukan hanya terdapat dalam apel tetapi juga dimiliki oleh buah apricot, plum, maupun persik.

Demikian diatas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa jenis makanan anjing yang harus dihindari yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi hewan peliharaan di atas dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya. Daripada mengambil resiko lebih baik menggunakan makanan untuk anjing yang sudah teruji secara klinis bermanfaat buat anjing.