Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Batu Akik Kecubung Dan Cirinya

 Jenis Batu Akik Kecubung

Duniahobiku.com - Jenis batu permata ini merupakan salah satu jenis batu permata yang masuk kedalam kategori batu permata Quart, batu ini dihasilkan dari mineral bumi yang mengalami pengerasan. Jenis batu akik kecubung memiliki keunikan atau ciri khas yang pada umumnya terdapat pada warna keungu-unguan dan tampak bening, maka tak heran jika batu permata ini sangat digemari dan banyak diburu oleh para kolektor atau pecinta batu akik.

Selain itu, perlu anda ketahui bahwa jenis batu akik kecubung ini memiliki tingkat kekerasan yang sangat keras yang mencapai sekitar 7 skala mohs. Jenis batu ini sudah sangat langka dan jarang kita temukan, sehingga menjadikan harga jualnya menjulang tinggi. Batu akik kecubung terdiri dari beberapa jenis, masing-masing jenis memiliki warna dan keunikan yang berbeda.

Bagi anda yang penasaran apa saja jenisnya, simak informasinya yang akan saya suguhkan. Berikut ini merupakan beberapa jenis batu akik kecubung, diantaranya yaitu :

Batu Akik Kecubung Air

Jenis batu akik ini sangat jauh berbeda dengan jenis batu kecubung pada umumnya, ini dikarenakan batu ini tidak memiliki warna sedikitpun dan dapat dikatakan tampak sangat bening tanpa adanya motif maupun corak didalam batunya. Sehingga jenis batu ini harganya pun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan jenis batu akik yang lainya, sedangkan asal jenis batu ini banyak ditemukan disekitar daerah Kalimatan. Walaupun jenis batu ini tidak memiliki warna dan corak seperti yang lainnya, namun batu ini juga tidak kalah banyak penggemarnya.

Batu Akik Kecubung Air

Batu Kecubung Rambut

Jika jenis batu yang satu ini memiliki warna kecokelatan dan juga tampak sangat bening, tetapi jenis batu ini memiliki keunikan tersendiri dengan tampak serat alami pada batu dibagian dalamnya yang menyerupai rambut. Maka tak heran jika batu akik ini terlihat sangat cantik dan unik, sehingga harga jualnya juga cukup tinggi di pasaran. Salah satu jenis batu akik ini yang dikenal sebagai batu akik kecubung rambut emas merupakan yang termahal diantara jenis batu kecubung rambut.

Batu Kecubung Rambut

Batu Kecubung Wulung

Jenis batu ini merupakan salah satu jenis batu kecubung yang harganya paling tinggi, batu ini memiliki ciri khas dengan warnanya yang hitam gelap tetapi jika dilihat dengan menggunakan senter maka warnanya akan tampak merah yang keungu-unguan. Tidak sedikit orang yang mencari dan memakainya untuk dijadikan hiasan cincin atau kalung.

Batu Kecubung Wulung

Batu Kecubung Teh

Kenapa disebut dengan nama batu kecubung teh? Sesuai dengan namanya, jenis batu ini memiliki warna dan motif yang mirip dengan air teh dengan dominan berwarna bening kecokelatan. Selain memiliki tampilan yang sangat cantik, jenis batu ini memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan bagi yang memakainya.

Batu Kecubung Teh

Nah, apakah anda tertarik untuk mengoleksinya? Sebelum anda mencari atau membeli jenis batu akik kecubung diatas, sebaiknya bagi anda yang belum begitu paham akan keaslian jenis batu ini banyak mencari informasi mengenai ciri-ciri batu akik kecubung asli. Hal ini untuk mencegah agar anda tidak salah dan tertipu, karena banyak beredar jenis batu akik kecubung imitasi yang dijual dipasaran.