Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gonta-Ganti Bahan Bakar Kendaraan Akan Berdampak Pada Mesin Kendaraan

 Bahan Bakar Kendaraan

Duniahobiku.com - Bahan Bakar Kendaraan merupakan hal mutlak jika ingin menggerakkan mesin kendaraan. Motor dan mobil menggunakan bahan bakar bensin sebagai sumber penggerak utama mesin. Terkadang saat pengisian bahan bakar di stasiun pom bensin kita memilih pertamax atau pertalite untuk menghidari antrian yang panjang ataupun dengan alasan tertentu. Gonta-ganti bahan bakar kendaraan yang sering kita lakukan ternyata kurang baik bagi mesin kendaraan jika dilakukan dalam waktu yang panjang. Mengapa demikian? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik yang dapat bermanfaat untuk anda.

Banyaknya pengguna kendaraan menyebabkan kebutuhan akan bahan bakar minyak meningkat setiap tahunnya bahkan menurut data dari instasi terkait jumlah kendaraan hampir tidak sebanding dengan luas jalan yang ada, inilah salah satu penyebab mengapa dikota-kota besar sering terjadi kemacetan yang cukup parah.

Bahan bakar yang banyak digunakan sebagai bahan bakar sebagian kendaraan saat ini yaitu bensin dan solar. Umumnya kendaraan yang menggunakan bensin adalah kendaraan pribadi sedangkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar adalah kendaraan komersial seperti truk, bus dan mesin-mesin industri. Pilihan penggunaan bahan bakar bertambah seiring di resmikannya pertalite oleh pemerintah sebagai solusi di antara premium dan pertamax. Berbicara pertalite, bahan bakar jenis ini memiliki RON 90 yang berarti berada di tengah-tengah premium dengan RON 88 dan pertamax yang memiliki RON 92.

Memang menggunakan pertamax jelas lebih memiliki banyak keuntungan dibandingkan menggunakan premium. Namun di tengah ekonomi yang sulit ini, dan harga pertamax yang lumayan mahal masyarakat kembali harus menggunakan premium. Jika sebelumnya menggunakan pertamax dan mengganti dengan premium ataupun sebaliknya apakah ada efek samping bagi kendaraan?

Ternyata perilaku seperti ini sangat tidak di anjurkan. Sebab, akan berpengaruh terhadap usia pakai kendaraan. Artinya, bahaya-bahaya akan timbul pada bagian mesin, utamanya ruang bakar. Klep berkerak, jarum pelampung bermasalah, mesin sulit dihidupkan bahkan yang terburuk kebocoran kompresi jika dilakukan dalam waktu jangka panjang.

Hal itu disebabkan karena banyaknya partikel yang tidak habis terbakar akibat seringnya berganti bahan bakar. Terlebih, setiap bahan bakar memiliki kandungan yang berbeda-beda. Sebaiknya pilih salah satu saja, dan sesuai dengan anjuran produsen. Hal ini akan membantu merawat mesin kendaraan anda.

Semoga artikel Gonta-Ganti Bahan Bakar Kendaraan Akan Berdampak Pada Mesin Kendaraan dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia Duniahobiku.com. Semakin awet mesin kendaraan anda maka semakin lama anda bisa menggunakan kendaraan anda, jadi rawatlah dengan tidak sering mengonta-ganti bahan bakar kendaraan.