Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Kelinci Sedang Hamil dan Cara Mengawinkan Kelinci

 

Ciri Ciri Kelinci Sedang Hamil

Duniahobiku.com – Induk kelinci baik jantan dan betina yang sudah siap untuk di kawinkan ketika telah berumur 6 bulan keatas. Di usia ini, induk kelinci sudah benar-benar matang baik dalam segi sperma dan sel telur yang telah matang. Induk kelinci yang berhasil untuk di kawinkan ada beberapa faktor yang harus di perhatikan.

Diantaranya yaitu pola perkawinan, usia, seleksi indukan serta tata cara dalam mengawinkan induk kelinci dengan benar. Hal di atas harus di penuhi jika menginginkan induk kelinci menghasilkan anakan yang bagus dan berkualitas.

Cara Menghitung Masa Kehamilan kelinci

Ada dua cara yang bisa di gunakan untuk mengawinkan induk kelinci, yaitu dengan cara kawin secara alami dan kawin paksa yang semua akan saya bahas lebih dalam di tulisan bawah. Yang terpenting, jika menginginkan anakan kelinci bagus dan unggul pemilihan induk menjadi salah satu faktor penting yang harus anda lakukan. kenali induk dan asal usulnya, jangan mengawinkan induk sakit dan cacat, nantinya anakan yang di hasilkan juga kurang bagus

Ciri induk kelinci birahi dan siap kawin

Kelinci yang berumur 6 bulan biasanya telah birahi, baik kelinci jantan dan betina sudah mulai mencari pasangan untuk segara melakukan perkawinan.

Sebelum kelinci siap untuk kita kawinkan, maka anda memerlukan pengamatan atau pengetahuan khusus untuk melihat dan mendeteksi ciri dan gejala induk kelinci sedang birahi dengan tanda-tanda seperti di bawah ini.

Ciri khas yang bisa kita lihat ketika induk kelinci sedang birahi adalah  alat kelamin pada sang induk betina kelihatan merah merekah, karena dalam kondisi tidak birahi kelamin induk kelinci betina dominan memiliki warna pucat.

Untuk ciri berikut adalah pada indukan betina dan induk jantan sering menunjukan gejala gelisah, terlihat bingung dan berjalan mondar-mandir, induk kelinci selalu mengosok-gosokan badan ke bagian dinding kandang atau mengosokkan ke lantai kandang.

Untuk jenis induk jantan jika sedang masa birahi, lebih dominan menunjukan beberapa kelakuan yang tidak biasa di lakukan. Untuk induk jantan umur terbaik untuk bisa di kawinkan setelah berumur enam bulan keatas.

Cara mengawinkan induk kelinci

Sesuai yang telah saya jelaskan di atas, jika dalam tata cara mengawinkan induk kelinci ada dua cara, yang pertama adalah dengan cara alami yaitu dengan cara memasukkan induk betina ke dalam kandang sang jantan. Jika kedua indukan sudah saling cocok dan saling mencintai, maka tak membutuhkan waktu lama, kedua mempelai akan segera melakukan perkawinan.

Letakan induk betina dalam kandang sang jantan 1-2 hari saja, jika kedua induk sudah saling melakukan perkawinan, dalam tempo waktu tersebut maka induk betina langsung bisa kita ambil untuk di pisahkan.

Dalam masa perkawinan ini harus selalu anda perhatikan dan amati. Sebab banyak kejadian yang kedua induk tersebut kurang cocok, jadinya sang induk betina lebih memiliki rasa atau nafsu dingin terhadap sang jantan, bahkan tak sedikit yang melakukan penolakan dengan cara menyerang sang induk jantan, maka dari itu untuk masa ini anda di haruskan untuk selalu mengecek dan mengamati kedua indukan tersebut..

Untuk tahap selanjutnya yaitu dengan cara kawin sodor. Kawin sodor sendiri lebih dengan kawin paksa dan hanya di lakukan apabila sang induk betina benar-benar tidak mau untuk di kawinkan dan hanya memiliki sedikit pejantan sehingga sang jantan tidak menemukan pasangan yang cocok, baru dengan cara inilah induk betina kita paksa kawin.

Cara yang bisa kita lakukan adalah pegang induk betina dengan menggunakan satu tangan kita, dan tangan satunya kita untuk membuka kedua kaki kelinci, lalu sodorkan pada sang induk jantan, Biasanya setelah hal ini di lakukan, sang induk jantan akan langsung datang menghampiri dan menaiki sang induk betina untuk dikawini. Lakukan hingga beberapa kali, misal 2-3 kali setiap mengawinka, lakukan secara berulang hingga 2-3 hari supaya sel telur induk betina mampu di buahi oleh sperma induk jantan.

Ciri-ciri Kelinci Sedang Hamil

Nah setelah siap melakukan perkawinan, hanya menjelang beberapa hari saja biasanya akan memakan 10 hari sang induk betina akan segera bunting. Jika anda masih kesulitan untuk mengetahui induk betina bunting, mungkin bisa menggunakan patokan sebagai berikut.

Anda bisa meraba perut sang induk betina setelah 10 hari melakukan perkawinan, jika saat anda raba terasa seperti ada benjolan dalam perut sang induk tersebut, maka bisa di pastikan kelinci sedang bunting. Begitu juga sebaliknya, jika tidak ada benjolan sama sekali maka induk betina belum terbuahi dengan sempurna atau belum bunting.

Selain cara di atas, untuk mendeteksi kelinci bunting dengan cara memasukkan kembali induk kelinci betina ke dalam kandang sang jantan, ketika induk betina akan di kawini induk jantan dan melakukan penolakan sambil mengeluarkan suara cericit keras, maka menandakan jika sang induk betina sedang bunting dan tidak mau di kawini oleh sang induk jantan

Demikian sedikit penjelasan tentang Ciri Ciri Kelinci Sedang Hamil dan Cara Mengawinkan Kelinci semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang mungkin saja selama ini kesulitan dalam tata cara menjodohkan dan seputar kehamilan induk kelinci.