Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Bayi Kelinci Baru Lahir Agar Tumbuh Sehat

 Cara Merawat Bayi Kelinci Baru Lahir

Duniahobiku.com – Jika anda memiliki sepasang kelinci dewasa dan menghasilkan anak, tentunya anda akan sangat senang mengingat kelinci anda akan bertambah tanpa harus membeli lagi. Tapi mungkin timbul pertanyaan bagaimana cara merawat bayi kelinci agar cepat besar? Anakan kelinci rentan terkena berbagai penyakit yang mengancam, dengan tumbuh lebih cepat diharapkan daya tahan tubuhnya akan semakin berkembang dan tentunya anda tidak was-was lagi.

Kehamilan Induk Kelinci

Masa kehamilan induk kelinci berkisar antara 28 sampai 30 hari, seekor induk kelinci mampu melahirkan 4-13 ekor anak kelinci, semua tergantung dari tingkat reproduksi dan jenis induk kelinci tersebut..

Saat induk kelinci melahirkan, tata cara perawatan akan lebih mudah, sebab ia tidak membutuhkan perawatan khusus jika kita bandingkan pada kambing, sapi dan jenis hewan lainnya. Umumnya induk kelinci melahirkan sang bayi di waktu malam hari. Untuk kelahiran bayi kelinci pada siang hari hampir bisa di katakan sangat jarang.

Sebelum sang jabang bayi kelinci di lahirkan, ada beberapa tanda yang bisa kita lihat dari sang induk yang meliputi: 6 hari sebelum anakan di lahirkan, induk kelinci akan mencabuti bulunya dan di tempatkan pada sebuah wadah bisa box yang telah kita siapkan sebelumnya, hal ini bertujuan supaya anak kelinci saat di lahirkan nanti tidak mengalami kedinginan karena bulu sang induk bisa untuk menyelimuti bayi kelinci.

Selain itu, sang induk akan lebih dominan mencabut bulu di bagian bawah badan yang memiliki tujuan supaya memudahkan bayi kelinci saat menyusu ke induknya.

Kehamilan Induk Kelinci

Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Baru Lahir

Tahap selanjutnya, bayi kelinci yang telah di lahirkan memiliki warna merah dan tidak memiliki bulu sama sekali, semua bagian penting, seperti mata, telinga dan organ lain juga belum bisa untuk di gunakan dan ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan paling tidak 2-5 hari kemudian bulu halus kelinci akan mulai tumbuh dan sang induk siap untuk menyusui anaknya.

Seperti anak bayi hewan pada umumnya, anak kelinci juga membutuhkan asupan gizi yang cukup tinggi yang bisa di peroleh dari susu sang induk. Anak bayi kelinci hingga berumur 20 hari belum bisa diberikan makanan apapun kecuali air susu induk.

bayi kelinci baru lahir

bayi kelinci baru lahir

Makanan Bayi Kelinci Baru Lahir

Nah, setelah mencapai usia ke 20 hari, makanan lain sudah bisa kita berikan seperti dedaunan dan jenis pakan lain yang terlebih dahulu kita haluskan atau tumbuk supaya anak kelinci lebih mudah untuk mencerna.

Jika kita melihat di peternak, anak bayi kelinci hanya mau memakan makanan lain selain susu apabila sang induk menyiapkan makanan untuk anak-anaknya, bisa dedaunan, buah, sayuran, pelet dll. Intinya sang induk akan memilih yang terbaik untuk di berikan pada anak dan kita hanya berkewajiban menyiapkan saja. Berikan pakan terbaik untuk induk kelinci agar memiliki stamina yang prima dan sehat untuk merawat dan menyusui anak-anaknya.

Makanan Bayi Kelinci Baru Lahir

Usia bayi kelinci Bisa Disapih.

Waktu terbaik untuk menyapih anak kelinci ketika telah memiliki usia ke 40 hari. Sebab di hari ke 42-45 air susu sang induk sudah tidak keluar lagi, jika keluar, jumlahnya juga tidak akan mencukupi kebutuhan sang anak, apalagi jika anak yang di rawat sangat banyak, akan lebih bagus jika kita lakukan pemisahan untuk di tempatkan di kandang sendiri.

Di usia ini, anak kelinci juga sudah sangat lihai untuk mencari makanan sendiri, jadi jika kita lepaskan dalam kandang dan diberikan makanan, ia sudah mampu untuk hidup mandiri. Dengan dilakukan pemisahan ini, sang induk betina sudah saatnya untuk kita mandikan dan tahap selanjutnya bisa kita kawinkan kembali, cara inilah yang kebanyakan di lakukan oleh para peternak kelinci..

Usia bayi kelinci Bisa Disapih.

Selalu menjaga kesehatan bayi kelinci.

Anakan kelinci yang baru memiliki umur 2 bulan kebawah bisa di katakan jika masih dalam kondisi lemah, baik tulang, stamina, tenaga dan kekuatan tidak seperti kelinci dewasa dan yang paling parah lagi di usia ini anakan kelinci juga rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Jika kita tidak pandai dan kurang akan pengetahuan mengenai ternak kelinci, mungkin jika anak 10 yang di pelihara, akan tersisa 1-2 ekor saja dan yang lain bisa mengalami kematian.Yang paling penting perhatikan lokasi sekitar kandang keamanan dari serangan predator lain, misal ular, kucing, anjing dll yang sewaktu-waktu bisa memakan anak kelinci tersebut.

Jaga Kebersihan Kandang Kelinci

Bersihkan kandang secara teratur dengan membuang sisa pakan yang tidak habis termakan dan kotoran kelinci karena dapat menjadi bibit penyakit yang bisa menjangkiti induk dan bayi kelinci. Sebaiknya berikan porsi makan yang cukup kepada induk kelinci. Pemberian porsi yang berlebihan dapat membuat pakan menjadi kurang segar dan bisa berjamur.

Perawatan Induk Kelinci Setelah Melahirkan

Jangan lupa untuk merawat induk kelinci yang habis melahirkan dengan memberikan vitamin dan makanan yang cukup dan bergizi karena selama proses menyusui dan merawat anak-anaknya induk kelinci banyak kehilangan stamina dan bobot badannya. Pulihkan dulu kondisi induk kelinci selama 2 minggu hingga 1 bulan sebelum siap dikawinkan kembali.

Semoga artikel Cara Merawat Bayi Kelinci Agar Tidak Mati dan Tumbuh Sehat bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang selama ini kesulitan untuk merawat anak bayi kelinci.