Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Jeruk Manis Agar Cepat Berbuah

 Cara Menanam Jeruk Manis Agar Cepat Berbuah

Duniahobiku.com - Pernah mencoba makan buah jeruk manis? Buah jeruk manis adalah salah satu dari varian tanaman buah jeruk yang memiliki rasa manis daripada jenis buah jeruk yang lain. Jeruk manis sering disebut dengan jeruk baby atau jeruk pacitan. Karena rasa manisnya inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari buah jeruk manis sehingga menjadi salah satu jenis jeruk yang populer.

Untuk jenisnya sendiri, buah jeruk sebenarnya memiliki banyak sekali varian. Seperti buah jeruk Sunkist, buah jeruk manis, jenis jeruk lokal, buah jeruk keprok dan masih banyak yang lainnya. Tetapi, dewasa ini, kita banyak menemukan buah jeruk impor. Ya negara Indonesia banyak mengimpor buah jeruk karena memang buah jeruk impor ini selain memiliki rasa yang manis juga memiliki tampilan yang lebih menarik sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Karena banyaknya buah jeruk ini, maka para petani jeruk lokal pun mengupdate ilmu nya tentang budidaya tanaman jeruk ini. Soalnya gara gara masalah impor inilah banyak petani yang mencoba peruntungan di bidang bisnis yang lain. Maka dari itu, petani lokal yang masih berdiri akan mendapatkan keuntungan tersendiri karena hilangnya pesaing antara lokal. Untuk itulah ilmu untuk budidaya buah jeruk ini harus diketahui dengan jelas.

Langkah langkah untuk menanam tanaman buah jeruk manis

Sebenarnya cara budidaya tanaman jeruk manis dengan jeruk lain itu sama saja, yang membedakan hanya cara perawatannya saja. Berikut beberapa cara menanam tanaman jeruk manis yang sering dipakai oleh para petani buah jeruk manis :

Pemilihan lahan

Pemilihan lahan ini tidak boleh sembarang, tanaman buah jeruk manis ini hanya dapat tumbuh dengan maksimal di daerah dataran rendah, sehingga mau tidak mau anda harus menyesuaikan hal ini kalau memang menginginkan hasil yang maksimal. Kira kira ketinggian daerahnya tidak lebih dari 700 meter dari permukaan air laut. Haruslah tanah yang terbuka karena tanaman jeruk ini termasuk salah satu tanaman yang menginginkan sinar matahari secara langsung.

Pembenihan

Untuk benih jeruk manis ini saya sarankan untuk beli saja. Dengan syarat benih yang dibeli itu berlabel sertifikat. Kenapa? karena benih bersertifikat sudah teruji bahwa akan menghasilkan jeruk yang lebih maksimal daripada benih yang lain. Untuk ciri cirinya sendiri adalah benih mempunyai diameter sekitar 1 cm dengan tinggi kira kira 90 cm dari polybag dan bebas dari penyakit serta memiliki batang pohon yang lurus.

Penanaman Buah Jeruk Manis

Sebelum melakukan penanaman, lahan tempat budidaya tanaman jeruk ini haruslah dibersihkan dulu dari tanaman tanaman liar ataupun hama hama penyebab penyakit. Setelah bersih, lakukan pemupukan pada lahan, biar nantinya pupuk menyerap dengan tanah. Biarkan selama 2 minggu. Jarak tanam jeruk manis idealnya sekitar 3-5 meter hal ini untuk mengindari perebutan unsur hara juga untuk menghindari berbagai penyakit yang timbul akibat penanaman yang terlalu rapat seperti batang berjamur, busuk akar, dll.

Setelah 2 minggu lalu lakukan penanaman dengan pola baris dimulai dari timur ke barat hal ini memungkinkan untuk penerimaan cahaya matahari yang lebih optimal karena tanaman jeruk sendiri membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Untuk menanamnya sendiri cukup buat lubang pada lahan yang sudah dipupuk tadi, lalu masukkan benih dan tutup dengan tanah yang sudah bercampur dengan pupuk serta dolomite.

Perawatan dan pemanenan

Untuk perawatan tanaman jeruk sendiri seperti dengan melakukan pengairan yang rutin, serta pembersihan dari hama dan juga penyakit. dan mengatur juga jumlah batang pada tanaman jeruk ini, serta jangan lupa untuk melakukan penambahan unsur hara untuk tanah karena hal ini bisa sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman buah jeruk. Menambahkan kompos setiap 3 bulan sekali bisa menambah kesuburan tanah disekitar perakaran jeruk manis.

Setelah melakukan perawatan tersebut, maka kita akan mendapatkan hasilnya. Yaitu panen. Waktu panen 8 bulan setelah masa buah jeruk berbunga. Untuk caranya sendiri dengan memotong tangkai buah jeruk.

Semoga artikel Cara Menanam Jeruk Manis Agar Cepat Berbuah dapat bermanfaat buat anda semua, walaupun menanam jeruk manis membutuhkan waktu untuk menikmatinya tapi dengan kesabaran kita nantinya dapat menikmati manisnya jeruk hasil kebun sendiri.