Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Sapi Perah Agar Hasil Berlimpah

Cara Budidaya Sapi Perah

Duniahobiku.com - Cara budidaya sapi perah agar hasil berlimpah memang tidaklah mudah, dibutuhkan berbagai trik dan juga keahlian yang tentunya berdasarkan pengalaman. Bagi anda yang baru dalam dunia budidaya ini tentu akan sulit mendapatan hasil yang baik terlebih lagi masih dalam tahap pembelajaran. Maka dari itu, tidaklah merugikan jika anda banyak belajar dari orang orang yang sudah berpengalaman di dunia ini.

Di kesempatan ini, kami akan mencoba untuk memberikan sedikit tips dan juga cara budidaya sapi perah agar hasil berlimpah. Dengan adanya hal tersebut tentu anda bisa lebih mudah dalam melakukan awalan pembudidayaan sapi perah ini. Karena memang saat ini, Indonesia belum bisa masuk dalam daftar peternakan yang terbilang besar, seperti Australia, Scotlandia, Denmark, Belanda, Inggris dan yang lainnya.

Dan Berikut Cara Budidaya Sapi Perah Agar Hasil Berlimpah

Kandang

Hal yang satu ini menjadi utama karena apabila sapi anda berkualitas namun kandang sapi tersebut tidak baik maka akan sangat berpengaruh dengan hasilnya. Pada umumnya, kandang sapi berada sekitar 10m dari rumah atau pemukiman, karena memang akan sedikit memiliki bau tidak sedap.

Dan yang perlu diperhatikan lagi adalah sinar matahari yang bisa masuk agar kesehatan sapi dan kandang bisa lebih higienis. Sedangkan untuk ukuran, umumnya untuk dewasa 1,5 - 2,5 meter x 2 meter, dan untuk anaknya berukuran 1,5 meter x 1 meter per ekor. Tinggi kandang 2 - 2,5 meter dari tanah, yang memiliki kelembaban sekitar 70%.

Pemilihan Sapi 

Tentu untuk yang anda butuhkan untuk hasil susu dari sapi betina, namun tentunya anda pun membutuhan jantan untuk membudidayakan sapi perah tersebut. Maka anda harus memiliki keduanya dengan kriteria untuk betina, berumur sekitar 3,5 sampai 4,5 tahun, sudah pernah melahirkan anak sapi perah, dan yang tentunya tidak cacat serat tidak terjangkit penyakit.

Selain itu, ada yang harus anda perhatikan jika anda membeli bibit betina yang sudah berumur seperti yang disebutkan diatas antara lain sudah memiliki rekam jejak mampu beranak di setiap tahunnya dan memiliki susu yang banyak. Dan untuk bibit jantan, tentu harus bibit sapi yang sehat, tidak cacat dan juga kuat. Hanya saja ada kriteria lain yang harus anda ketahui seperti berumur 4 – 5 tahun dan memiliki kepala yang besar serta bertanduk.

Dan yang terakhir dalam cara budidaya sapi perah agar hasil berlimpah adalah pakannya, yang tentunya pakan sapi ini harus yang baik bisa dari daun jagung, jerami, rumput raja, dan juga rumput gajah. Hal ini diberikan saat siang setelah pemerahan yaitu sekitar 30 hingga 50 kg per harinya.

Sedangkan yang jantan cukup 10% nya saja atau jika memang ada penambahan bisa ditoleransi hingga 2% tambahan. Dan itulah informasi yang bisa diberikan, semoga tips dan cara budidaya sapi perah agar hasil berlimpah diatas bisa bermanfaat.