Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Ayam Kalkun Yang Baik

 Cara Beternak Ayam Kalkun Yang Baik

Duniahobiku.com - Cara beternak ayam kalkun yang baik  merupakan salah satu cara terbaik yang bisa anda terapkan dalam pembudidayaan salah satu hewan unggas yang prospektif. Pasalnya banyak sekali orang saat ini yang mencari kalkun sebagai menu namun ketersediaannya masih sangat terbatas. Ini berarti peluangnya masih sangat besar. Agar bisa berhasil dalam budidaya kalkun anda harus mempelajari bagaimana cara yang benar untuk bisa sukses dalam budidaya hewan ini.

Berikut cara budidaya ayam kalkun yang akan kami hadirkan bagi anda yang baru saja akan memulai atau bahkan bagi anda yang ingin menjadikannya sebagai peluang usaha.

Pemilihan Lokasi Dan Bibit

Tentu hal ini merupakan langkah awal dalam sebuah pembudidayaan, karena memang lokasi dan juga bibit sangat berpengaruh pada kesuksesan anda. Lokasi yang tepat untuk budidaya unggas jenis ini adalah dekat dengan perairan, seperti daerah pantai, sungai, danau atau bisa juga persawahan. Karena unggas yang satu ini akan tumbuh lebih baik dengan makanan tambahan yang dicarinya sendiri dari sekitar daerah tersebut. Sedangkan untuk bibit, tentu anda bisa mengenali bibit yang sehat baik jantan maupun betina, hal tersebut tidak berbeda dengan ayam.

Pembuatan Kandang

Hal ini pun harus anda perhatikan dalam cara budidaya ayam kalkun, karena unggas yang satu ini cukup gemar bermain, maka dari itu, ada baiknya bagi anda untuk membuatkan kandang yang cukup luas. Dan pastikan juga untuk memperhatikan sinar matahari, karena sinar matahari pagi sangat baik untuk hewan unggas yang satu ini begitu juga dengan kesehatan kandangnya menjadi lebih baik jika terkena sinar matahari. Kemudian anda harus memiliki satu ruangan khusus untuk tempat induk bertelur, hal ini diperuntukkan agar induk yang bertelur aman dari kalkun yang lainnya.

Pakan Dan Vaksinasi

Untuk yang satu ini tentu bisa dibilang cukup sama dengan budidaya hewan lain, namun untuk unggas yang satu ini, anda harus mampu memberikan porsi yang pas. Mengingat unggas yang satu ini sepertinya tidak akan berhenti makan meski mereka sudah kekenyangan. Terutama pada kalkun yang masih kecil, porsinya tentu harus bisa anda bedakan. Selain pakan berilah vaksinasi yang baik untuk hewan ternak anda.

Ketiga cara diatas tentunya cara yang cukup umum, namun bagi anda para pemula, hal tersebut harus anda ketahui. Karena hal tersebut, bisa membuat kalkun anda untuk tumbuh dengan baik jadi jangan mengabaikan hal hal diatas. Dan sekian dari kami, semoga cara beternak ayam kalkun yang baik diatas bisa bermanfaat bagi anda terutama para pemula di ternak unggas ini.