Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Tanaman Buah Mangga Di Pekarangan Rumah

 

Budidaya Tanaman Buah Mangga Di Pekarangan Rumah

DUNIAHOBIKU.COM - Jika kita mempunyai lahan yang luas pasti kita ingin menanam tanaman yang dapat berbuah, salah satu yang populer ditanam di Indonesia adalah pohon mangga. Tapi kalau pekarangan sempit apakah masih bisa menanam pohon mangga? Yah, tetap bisa, tapi ada cara khusus jika ingin melakukan budidaya tanaman buah mangga ini. Dengan pekarangan yang kecil memang membatasi kita untuk melakukan hobi tanam menanam dalam jumlah yang banyak tetapi walaupun cuma beberapa pohon, penulis merasa itu sudah lebih dari cukup untuk dapat dinikmati bersama keluarga.

Tanaman Mangga

Mangga adalah buah yang berasal dari India. Lambat laun tersebar ke Asia Tenggara dan sampai ke Indonesia maupun Malaysia. Untuk Indonesia sendiri, dalam produksi mangga ini sangatlah kecil. Sehingga dalam bidang ekspor buah mangga, Indonesia belum terlalu diperhitungkan dibandingkan negara lain, bukan hanya dari produksi yang masih kecil tetapi juga kualitas dari buah mangga tersebut masih jauh dari standar. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya teknologi yang digunakan di Indonesia.

Tanaman Mangga

Langkah – Langkah Budidaya Tanaman Pohon Mangga

Budidaya pohon mangga di pekarangan rumah, agar berjalan sukses tentunya memerlukan trik khusus. Oleh sebab itulah, kita harus tahu faktor faktor pendukung apa saja yang dapat membuat pertumbuhan mangga menjadi lebih maksimal.

Yang pertama, persiapkan lahan tempat budidaya. Walaupun rumah mempunyai pekarangan yang sempit tetapi dengan menyediakan unsur hara yang cukup tanaman tetap dapat berbuah lebat seperti yang diharapkan. Cara meyuburkan tanah dilakukan dengan cara menggemburkan tanah menggunakan cangkul atau alat lain. Lalu berikan pupuk dasar, campurkan hingga rata pada tanah .Tunggu hingga satu minggu agar tanah dan pupuk tersebut dapat bercampur dengan sempurna sebelum bibit mangga di tanam.

Kedua, untuk bibit tanaman buah mangga ini lebih baik anda beli saja, beli bibit yang umur 1-2 tahun yang memiliki pertumbuhan sehat ditandai dengan hijau dan lebatnya daun. Malah kalau bisa, beli bibit yang bersertifikat lebih terjamin kualitasnya. Pilih jenis bibit mangga apa yang ingin ditanam, karena buah mangga sendiri mempunyai banyak sekali varietas. Tentunya hal ini juga berbeda dalam melakukan pembudidayaannya. Tetapi, cara dan tekniknya tetaplah sama.

Ketiga, melakukan penanaman benih buah mangga. Buatlah lubang pada tanah yang sudah digemburkan serta diberi pupuk tadi. Buat lubang yang sekiranya semua akar buah mangga masuk kedalam.Usahakan lubang jangan terlalu kecil, tutup lubang menggunakan tanah agar tanaman dapat berdiri dengan kokoh. lakukan penyiraman yang rutin pada pagi dan juga sore hari. Jangan sampai lupa dalam menyiram hingga tanaman mengalami kekeringan.

Keempat, lakukan perawatan pada pohon mangga setiap hari. Perawatan pohon mangga ini seperti memberikan pupuk pada pohon mangga. Jangan terlalu sering dan jangan sampai kelupaan. Karena pupuk ini berfungsi untuk menstabilkan unsure unsur dalam tanah sehingga bisa mempercepat pertumbuhan tanaman mangga ini. Lalu jangan lupa untuk membersihkan hama dan gulma. Karena pohon mangga yang di tanam di pekarangan akan mudah ditumbuhi oleh gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman mangga.

Untuk itu, jika ada gulma, seperti benalu yang menempel pada pohon mangga. Langsung saja potong gulma tersebut, karena itu bisa menghambat proses pertumbuhan pohon mangga. Untuk hama sendiri mungkin saja didatangi ulat daun dan juga kelelawar jika sudah mempunyai buah yang hampir matang. Untuk mengantisipasi kelelawar sangatlah mudah, dengan cara tutupi saja buah mangga dengan plastik atau bahan lain agar tidak bisa dimakan oleh kelelawar.

Kelima, panen buah mangga. Untuk panennya bisa dilihat secara fisik. Jika ada buah mangga yang kelihatan besar dan juga berwarna kuning maka buah mangga tersebut tentunya sudah layak untuk dikomsumsi. Jika pohon mangga sudah memiliki bunga, maka selama 1 sampai 3 bulan kedepan maka mangga umumnya  sudah matang.

Semoga artikel Budidaya Tanaman Buah Mangga Di Pekarangan Rumah dapat bermanfaat buat anda semua, menanam tanaman buah memang memerlukan perawatan yang cukup lama tapi semuanya akan sepadan saat melihat buah mangga telah bergelantungan pada ranting pohon mangga.