Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Peternakan Itu Menyenangkan, Anda Ingin Mencobanya?

 bisnis peternakan

Duniahobiku.com - Bisnis peternakan itu menyenangkan? Bagi yang memiliki hobi memelihara hewan pasti mengamini pertanyaan tersebut. Selain bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah kita juga bisa menyalurkan hobi memelihara ternak yang kita sukai. Seperti peribahasa “Sambil menyelam minum air” asal jangan sampai tersedak. Tapi sebelum memulai bisnis peternakan ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan dan pelajari untuk meminimalisir resiko yang terjadi. Simak apa saja yang perlu anda ketahui saat ingin berbisnis dibidang peternakan?

Sekian banyak jenis usaha yang bisa kita jalankan sebagai sumber penghasilan tetap dan salah satunya yaitu di bidang peternakan. Kita bisa mencoba usaha ternak ayam potong, ternak kambing, ternak sapi, ternak ayam kampung, ayam petelur dan berbagai bisnis ternak yang menjanjikan keuntungan yang menawarkan keuntungan lumayan jika ditekuni dengan baik.

Pemerintah pun ikut andil untuk mensukseskan usaha ternak kreatif dengan memberikan bantuan modal berupa bibit dan prasarana demi kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya.

Peluang besar di bidang peternakan

Dulu kita pernah mendengar jika Indonesia adalah salah satu negara pengimpor berbagai jenis pangan dan pakan mulai dari daging sapi, beras, kedelai, gandum, buah-buahan dan lain-lain, namun perlu anda ketahui kini Indonesia malah sebaliknya, dan itu berarti Indonesia perlu perubahan dan  kita sebagai rakyat Indonesia harus berpikir dengan pintar dan jeli, dan juga kita harus mampu memanfaatkan sesuatu agar bisa kita jadikan salah satu jenis usaha yang bisa membuat Indonesia bangkit dari keterpurukan dan salah satunya yaitu mengembangkan jenis usaha di bidang peternakan ini.

Kontribusi bisnis peternakan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2017 sebesar 1,57% dan bernilai sekitar 148,5 trilliun. Angka tersebut masih jauh dari potensi yang begitu besar jika dibandingkan dengan negara-negara seperti Australia dan Selandia Baru yang sangat terkenal dengan produk sapi dan olahannnya (susu, keju, dll).

Nah jika usaha peternakan ini mampu menjadikan kondisi kita menjadi stabil dan berkontribusi bagi kesejahtraan Indonesia kenapa tidak, marilah kita memulai usaha di bidang peternkan ini dan  tentu nya usaha peternakan ini tidak harus diawali dengan modal yang besar, karena dari modal yang kecil pun jenis usaha ini bisa kita jalankan, Sebelum kita memulai membuka usaha sebaiknya kita perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Riset

Kenapa harus di lakukan riset, riset adalah salah satu hal yang sangat penting sebelum membuka usaha apapun karena dengan riset kita bisa belajar banyak tentang berbagai kendala dan masalah yang ada dalam usaha tersebut, selain itu kita juga bisa menimbang dan melihat maju mundurnya usaha yang akan kita rintis itu dan dengan riset pula kita bisa mengetahui seberapa besar peluang untuk maju. Setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda. Sebagai contoh : pada daerah yang memiliki lahan penanaman jagung yang luas maka potensi beternak ayam petelur dan sapi akan terbuka luas mengingat mudahnya akses pakan.

2. Mentor

Jangan berkecil hati jika mendengar kata mentor, memang untuk menemukan seorang mentor yang benar-benar tulus dan ihklas di jaman sekarang sangat sulit karena kebanyakan orang-orang yang sukses di bidangnya itu biasanya tidak mau mengungkapkan semua rahasia suksesnya, namun jangan berkecil hati karena ilmu atau guru yang paling berharga adalah dari pengalaman kita sendiri, yang penting ada kemauan dan bekerja keras, atau kita bisa juga mendatangi pemerintah yang berkaitan dengan peternakan dan pertanian. Informasi saat ini makin mudah didapatkan baik melalui buku, majalah, internet (Google) maupun Youtube, Anda bisa belajar secara otodidak. Ada banyak kisah sukses dimana seseorang belajar beternak secara otodidak dan berhasil. Tertarik menyusulnya?

3. Rencana

Buatlah rencana yang matang pada bisnis atau usaha yang akan kita rintis, kenapa di perlukan rencana? Jelas saja karena segala sesuatu jika tidak rencanakan akan keluar dari jalur dan hal itu akan mengakibatkan usaha yang kita jalani itu akan menjadi hancur dan kita pun tidak akan fokus lagi pada usaha tersebut. Perencanaan yang matang akan mengurangi resiko kerugian pada saat menjalankan jenis usaha di bidang peternakan.

4. Waktu

Nah maksud waktu di sini adalah jangan menunda-nunda untuk memulai usaha, contoh kecilnya yaitu menunggu sesuatu yang belum ada, misalnya dari hal sarana atau prasarana, jika sarana dan prasarana belum komplit jangan tunggu semuanya tersedia, sebaiknya lakukan dulu apa yang bisa di lakukan sekarang, agar kerjaan tidak menumpuk dan membuat waktu pun semakin lama dan terlambat, ambil langkah cepat dan tepat jika ingin cepat sukses. Seperti pepatah bijak Tiongkok “Perjalananan seribu mil dimulai dengan satu langkah”.

Semoga artikel Bisnis Peternakan Itu Menyenangkan, Anda Ingin Mencobanya? dapat bermanfaat dan memotifasi anda untuk maju kedepan. Selamat mencoba dan semoga sukses!