Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bawang Putih Untuk Asam Lambung

Bawang Putih Untuk Asam Lambung

Duniahobiku.com - Asam lambung atau di kenal juga dengan penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang kapan saja, dimana saja dan pastinya pada siapa aja dan tidak memandang usia dan jenis kelamin. Penyakit ini hampir banyak sekali diderita oleh masyarakat di Indonsia. Diperkirakan ada sekitar 2 juta orang menderita penyakit maag atau gastritis diseluruh dunia.

Makanan Untuk Asam Lambung

Penyakit maag umumnya terjadi karena pola makan yang kurang baik. Kesibukan dalam bekerja sering kali menyebabkan pola makan yang tidak teratur dan kalaupun ngemil pasti hanya mengkonsumsi makanan ringan dan pedas yang justru akan tambah merusak lambung. Makanan yang disarankan untuk penderita maag jika mengalami asam lambung naik antara lain sayuran hijau, buah pisang, melon, oatmeal/biji-bijian utuh, yogurt dan jahe.

Jika lambung terus terusan mengkonsumsi makanan pedas maka akan menyebabkan adanya luka, infeksi dan ujungnya akan menyebabkan peradangan pada penderitanya yang hasilnya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa bahkan bisa menghilangkan kesadaran.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Gejala yang sering dirasakan oleh penderita penyakit maag diantaranya seperti : panas pada perut, rasa mual, muntah, nyeri ulu hati, nafsu makan turun. Bahkan jika sudah terlanjur kronis bisa menyebabkan bab berdarah, muntah darah dan berat badan turun secara drastis karena tidak adanya asupan nutrisi yang cukup pada tubuh.

Pengobatan penyakit maag dengan menggunakan obat antasida saat ini akan membantu meringankan rasa sakit maag anda. Akan tetapi hal itu jika di konsumsi secara terus menerus akan menyebabkan adanya rasa ketergantungan pada obat. Untuk pengobatan secara alami anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara rutin untuk memudahkan anda dalam melakukan proses pengobatan dan di jamin tidak akan ketergantungan.

Pengobatan Herbal Menggunakan Bawang Putih

Beberapa pihak memang banyak menyarankan untuk pengobatan dengan menggunakan metode herbal. Karena ini merupakan jenis pengobatan yang sangat aman dan tidak ada efek samping yang berbahaya selain itu bahan yang di gunakan merupakan bahan bahan herbal alami yang mudah di dapatkan, salah satunya adalah bawang putih.

Bawang putih memang memiliki aroma yang kuat dan sering di temui di dapur sebagai penyedap masakan hal ini terbukti tidak sedikit orang yang tidak suka dengan pelengkap masakan yang satu ini. Sekalipun anda tidak menyukainya, ternyata didalamnya ini terdapat kandungan alami yang sangat bagus untuk mengobati maag. Nah, untuk anda yang punya penyakit maag mulai sekarang cobalah untuk menyukai tanaman herbal yang satu ini.

Bawang putih dan asam lambung memang memiliki kaitan yang sangat erat. Namun yang perlu anda pahami, sakit maag ini tidak bisa di sembuhkan secara total hanya saja bisa di kurangi efeknya pada kesehatan. Penyakit maag ini merupakan penyakit yang terbilang cukup umum dan tidak sedikit orang yang mengabaikannya. Jika sudah demikian nyawalah yang menjadi taruhannya.

Kandungan Bawang Putih

Bawang putih mengandung bahan alami bernama allium sativum yang memiliki kemampuan sebagai antibiotik yang terbukti mampu membunuh kuman helicobacter pylori yang merupakan salah satu jenis bakteri penderita maag yang akan menyebabkan maag mengalami luka, infeksi dan terjadi peradangan sehingga menyebabkan penyakit maag menjadi parah.

Setelah dilakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai kandungan bawang putih, ternyata didalamnya terkandung zat antibakterial dan juga mengandung zat antiinflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit atau nyeri dan peradangan saat asam lambung naik. Selain itu, bawang putih juga mengandung antikanker yang berfungsi untuk mencegah penyakit akibat komplikasi asam lambung yakni kanker lambung.

Untuk memperoleh manfaat dari bawang putih lakukan dengan mengkonsumsi ramuan alami ini ada beberapa cara komsumsi bawang putih diantaranya:

Mengkonsumsi Mentah

Anda dapat mengkonsumsi mentah bawang putih ini secara langsung jika anda kuat dengan aroma yang khasnya. Khasiat makan bawang putih mentah sebanyak 1 siung bawang putih dapat mencegah berbagai penyakit seperi flu, pilek, dan batuk.

Dibuat Jus

Mungkin ini adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk memudahkan dalam mengkonsumsi bawang putih. Mengkonsumsinya harus secara rutin dengan kadar yang masih normal.

Cara Makan Bawang Putih Mentah

Cuci bawang putih terlebih dahulu kemudian kupas sebanyak 1 siung. Bawang putih sebaiknya dikomsumsi pada pagi hari saat perut dalam keadaan kosong kemudian minum air putih sesudahnya. Jika anda tidak cukup kuat dengan baunya anda bisa mengolesnya dengan selai kacang ataupun madu untuk mengurangi aroma kuat dari bawang putih yang terkadang bisa membuat mual.

Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah

Meskipun menyehatkan untuk penderita maag, mengkonsumsi berlebihan bawang putih juga tidak bagus. Hal ini terbukti jika mengkonsumsi bawang putih akan menyebabkan bau badan yang begitu menyengat. Serta sifat bawang putih yang memiliki efek mencairkan darah. maka dari itu, pengkonsumsiannya pun harus secara teratur dengan dosis yang cukup.

Efek mengkomsumsi bawang putih terhadap asam lambung berbeda-beda. Setiap orang tentunya memiliki sensitivitas berbeda terhadap bawang putih. Ada banyak makanan penyebab asam lambung naik. Menghindari pencetus asam lambung merupakan solusi yang bisa dilakukan oleh penderita penyakit maag diantaranya menghindari stres, makanan berlemak tinggi, makanan yang bisa mengakibatkan iritasi (soda, alkohol, asam, pedas,dan kopi).

Semoga artikel Bawang Putih Untuk Asam Lambung dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan anda dan menambah wawasan anda tentang tanaman herbal disekitar kita yang memiliki manfaat bagi kesehatan.