Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantaeng “Tanah Tua” Di Ujung Sulawesi Selatan

 Bantaeng sulawesi selatan

Duniahobiku.com - Sulawesi Selatan merupakan sebuah propinsi di Indonesia bagian timur dengan populasi terbesar di Pulau Sulawesi. Sulawesi Selatan banyak menyimpan keindahan alam seperti Tana Toraja, Taman Nasional Bantimurung yang terletak di kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep yang terkenal dengan kawasan kartsnya dan gunung Latimojong yang terdapat di kabupaten Enrekang. Makassar sebagai ibukota provinsi Sulawesi Selatan pun memiliki pantai Losari, dan peninggalan sejarah benteng Fort Rotterdam.

Jarak Makassar Menuju Bantaeng

Mungkin banyak yang bertanya Makassar ke Bantaeng berapa jam?

Perjalanan Makassar ke kota bersih ujung Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Bantaeng atau disebut juga Butta Toa (Tanah Tua) membutuhkan waktu 3 – 6 jam dari Bandara Sultan Hasanuddin

Nah setelah perjalanan cukup jauh dan lelah, tenang saja kita dapat menginap di hotel ataupun di wisma karena di bantaeng sendiri tersedia hotel dan wisma. Untuk hotel bisa kita cari lewat Apps yang kita miliki seperti saya menggunakan Treveloka karena banyak diskonnya.

Air Terjun Bisappu Bantaeng

Air terjun Bisappu akan kita jumpai saat menuju ke Bantaeng dari arah Makassar. Letaknya disebelah kiri jalan raya tepatnya di desa Bonto Saluang, kecamatan Bisappu. Tempatnya masih sangat alami dan banyak ditumbuhi pepohonan jadi sangat adem. Batu-batuan besar disepanjang aliran sungai akan sering kita jumpai ditempat ini. Tinggi air terjun Bisappu sekitar 85 meter dan pemandangannya sungguh indah, Siapkan kamera anda untuk mengambil foto berlatar belakang air terjun Bisappu.

Air Terjun Bisappu Bantaeng

Pantai Seruni Bantaeng

Pantai Seruni merupakan pantai yang terlelak di kota Bantaeng dekat dengan Pendopo Bantaeng, di sini dapat dilihat tidak ada satupun sampah berserakan sangat bersih sekali. Di pantai Seruni kita dapat nongkrong – nongkrong cantik karena terdapat kedai – kedai di samping pendopo dan berbagai menu, terdapat juga warung apung dan ada bebek-bebekan di pantai Seruni. Di pantai seruni jangan berharap ada pasir pantai yah karena yang ada hanya bebatuan tapi tidak kalah menarik untuk mengambil foto ditempat ini.

Pantai Seruni Bantaeng

Tidak jauh dari pantai Seruni terdapat Balla Lompoa yang berarti rumah adat. Balla lampoa seperti museum tempat di mana barang – barang peninggalan sejarah diletakan. Disini juga ada becak yang bisa kita sewa untuk mengelilingi pendopo Bantaeng, cukup Rp 10.000 untuk satu becaknya. Kalau kalian ke Sulawesi Selatan jangan lupa merasakan naik becak ya? 

balla lompoa bantaeng
Balla Lompoa Bantaeng 
Pantai Marina Bantaeng

Selanjutnya Pantai Marina lagi – lagi di buat kagum dengan kebersihannya. Nah kalau pantai Marina ada pasir pantainya dan juga banyak Gazebo di dekat pantai untuk bersantai.

Pantai Marina Bantaeng

Terakhir pelabuhan Bantaeng,  pelabuhan bantaeng sangat bersih. Karena tidak ada kapal besar yang bersandar hanya kapal – kapal nelayan yang ada tetapi pelabuhan Bantaeng cukup besar dan sedikit aktifitas masyarakat di sana. Pelabuhan ini lebih sering digunakan untuk memancing ikan oleh masyarakat setempat.

Selama perjalanan kita akan melihat berbagai rumah panggung tradisional yang masih digunakan masyarakat Sulawesi Selatan, Pemandangan laut juga akan kerap mewarnai perjalanan anda menuju Bantaeng. Jika anda masih memiliki waktu anda bisa melanjutkan menuju Bira di Kabupaten Bulukumba (kabupaten setelah kota Bantaeng) yang memiliki pemandangan laut yang sangat cantik dan berpasir putih lembut seperti terigu.

Semoga artikel Bantaeng “Tanah Tua” Di Ujung Sulawesi Selatan dapat menambah daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Sulawesi Selatan.