Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Aman Dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor Bagi Wanita

Tips Aman Dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor Bagi Wanita

Duniahobiku.com – Sekarang kendaraan sepeda motor bukan lagi sebagai kendaraan alternatif tetapi sudah menjadi kendaraan utama dan umum. Dulunya sepeda motor didominasi kaum pria dijalan tapi diera modern kita telah melihat begitu banyak wanita menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi. Apa saja yang perlu diperhatikan seorang wanita jika ingin berkendara secara aman dan nyaman? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik seputar tips aman berkendara.

Sepeda motor memiliki kelebihan dibandingkan mobil, bagi masyarakat kota sepeda motor lebih leluasa dalam menyalip kendaraan lain jika  keadaan jalan sedang mengalami kemacetan. Motor dan  mobil memang memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing.

Kendaraan sepeda motor bagi kaum wanita sekarang sudah menjadi ‘trend’ dan bukan lagi transportasi yang dibutuhkan untuk mencari kemudahan. Sering kita jumpai di jalan para lady bikers berkendara dijalan dengan luwesnya membelah jalan raya.

Namun, ada beberapa dari mereka yang kurang mengetahui tata cara berkendara sepeda motor bagi wanita yang baik dan aman..

Menjalankan sepeda motor dijalan raya tentunya sangat mudah bagi sebagian orang tetapi untuk wanita ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini 9 Tips Aman Dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor Bagi Wanita

Sebaiknya anda ketahui :

1. Lolos test drive SIM C

Pada dasarnya sebelum anda mulai berkendara di jalan raya, anda harus lolos tes dan memiliki SIM C karena merupakan syarat utama yang harus dipenuhi sebagai pengendara sepeda motor.

Dan berdasarkan ketentuan yang berlaku surat tersebut (SIM C) harus selalu dibawa ketika anda melakukan perjalanan sebagai bukti anda sudah lulus tes.

2. Kondisi kendaraan

Bagi pengendara wanita saya sarankan kendaraan yang digunakan adalah motor dengan sistem transmisi matic. Karena penggunaan yang lebih mudah dan juga sangat cocok digunakan. Setelah anda menentukan jenis kendaraan, yang berikutnya anda harus mengcek kondisi kendaraan tersebut., agar lebih aman dan tidak terjadi masalah di tengah perjalanan anda.

Pengecekan dapat anda lakukan yang ringan saja, seperti pengecekan kondisi ban, lampu, rem, klakson, dan pengecekan yang lain.

Kalau pengecekan yang sekiranya berat dan anda tidak sanggup, anda bisa langsung membawanya ke bengkel. Jangan lupa juga untuk mengecek isi bahan bakar sepeda motor anda.

3. Berpakaian yang aman dan nyaman

Sebagai wanita berpakaian rapi dan sopan merupakan hal yang sangat penting, lihat juga dari sisi keamanan dan kenyamanannya.

Jangan gunakan pakaian yang sekiranya mengganggu ketika berkendara, seperti pakaian yang berjubai karena sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan ujung baju yang masuk kedalam rantai motor.

Selain pakaian yang aman dan nyaman, anda harus juga menggunkan jaket. Selain berguna sebagai perlindungan sinar matahari, juga sebagai perlindungan tubuh anda jika anda terjadi kecelakaan. Gunakan  jaket yang menurut anda aman dan nyaman.

4. Helm

Yang ke empat ini merupakan hal yang wajib dipakai dan juga untuk melindungi kepala anda dari benturan, yaitu helm.

Jika anda tidak menggunakan helm, selain terkena tilang pihak kepolisian juga kepala anda tidak ada yang melindungi bila terkena benturan benda atau apapun saat mengalami kecelakaan.

Menggunakan helm jangan dilihat dari motif atau trend sekarang, yang terpenting menggunakan helm yaitu rasa pas dan nyaman berada di kepala anda. Jadi jangan gunakan yang terlalu longgar atau terlalu sempit. Gunakan helm dengan standar SNI yang telah lulus uji kelayakan.

5. Penataan rambut yang tepat

Dalam menata rambut ketika berkendara bagi seorang wanita itu sangat penting diperhatikan. Penataan rambut anda sebaiknya perhatikan kerapian, penampilan dan kenyamanannya.

Anda harus bisa menyesuaikan sendiri penempatan rambut pada helm agar nyaman ketika berkendara.

6. Perhiasan yang menggantung

Perhiasan merupakan barang berharga yang sering dan banyak digunakan setiap wanita. Jadi anda harus menjaganya agar tidak hilang ketika di perjalanan. Perhiasan yang menggantung dan panjang selain agar tidak tersangkut pada helm ketika melepas maupun memakainya, perhiasan yang mencolok mata akan mengundang orang berpikiran jahat seperti jambret dan penodong. Saya sarankan sebaiknya anda simpan dulu dalam tas atau bisa anda tinggal dulu di rumah.

7. Jangan bermain  handphone

Banyak sering kita lihat di jalan orang yang maianan handpone, tidak sering juga para wanita. Pada peraturan berkendara, sebenarnya tidak diperbolehkan karena kegiatan tersebut sangat berbahaya.

Bermain handpone membuat konsentrasi mengemudi anda menjadi terganggu juga mengundang penjambret untuk merampas handphone anda.

Sebaiknya jika memang itu sangat penting sekali, anda dapat menepi dan baru dapat menerima telephone. Dengan mengangkat telephone di pinggir jalan maka akan lebih aman dan nyaman.

8. Konsentrasi dan rileks

Konsentrasi dalam berkendara sangat dibutuhkan sekali, karena itu kunci utama dari berkendara. Anda dapat menghilangkan kebiasaan buruk saat berkendara, yaitu seperti melamun, mengantuk, memikirkan hal lain dan kebiasaan buruk lainnya.

Namun, anda juga perlu rileks dalam berkendara, agar pengendaraan anda tidak kaku dan tidak cepat capek. Jika anda berkendara terlalu kaku, maka itu juga berdampak pada diri anda sendiri. Jadi kita harus berkonsentrasi dan juga tetap rileks dalam berkendara.

9. Usahakan tidak berkendara pada malam hari

Bagi seorang wanita berkendara malam hari itu sangat berbahaya dan juga banyak ancaman yang menunggu. Kalau jalan raya yang besar kemungkinan ancamannya masih sedikit. Tapi tetap perlu waspada dan berhati-hati.

Tapi jika saat anda berkedara sendiri melewati jalan yang sepi kurang pencahayaan dan motor anda bermasalah itu bisa menimbulkan masalah.

Jadi perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dahulu jika ingin berkendara malam hari. Jika tidak penting sebaiknya hindari keluar pada malam hari bagi wanita atau mintalah ditemani oleh saudara laki-laki anda.

Terima kasih telah menyimak beberapa informasi dan tips yang saya berikan. Yang bertemakan tentang “9 tips aman dan nyaman berkendara sepeda motor bagi wanita”. Semoga dapat berguna bagi anda dan menjadikan perjalanan anda menjadi aman dan nyaman.