Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara Di Jalan Raya

 Tips Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara

Duniahobiku.com   Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya yaitu rasa kantuk. Rasa kantuk merupakan salah satu alasan yang sering kita dengar kalau terjadi suatu kecelakaan, terutama pada kendaraan angkutan barang, bus dan kendaraan yang menempuh rute yang jauh.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 6 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Berkendara Di Jalan Raya. 

Tips mencegah kantuk dijalan raya

Kantuk merupakan  reaksi dari tubuh kita yang secara alami kita rasakan dengan berbagai sebab, seperti kelelahan, pengaruh obat, tubuh perlu istirahat dan berbagai sebab yang lain. Ketika anda berkendara dan mengalami kantuk maka dapat menghilangkan konsetrasi anda dalam mengemudi. Hilangnya konsentrasi tersebutlah yang dapat menyebabkan suatu kendaraan mengalami kecelakaan.

Tips mencegah kantuk dijalan raya

Memang hal tersebut kelihatannya sepele tetapi itu merupakan faktor terbesar kecelakaan hingga saat ini. Terkadang rasa kantuk yang anda alami menghampiri secara tidak terkira atau sewaktu-waktu. Rasa kantuk datang secara tidak terduga dan rasa kantuk tersebut membuat anda menjadi tidak konsentrasi.

Itu sangat berbahaya bagi pengendara, apalagi pengendara tersebut memiliki jadwal yang padat dan sedikit sekali waktu untuk istirahat. Jika anda memang seorang pengemudi kendaraan dan tidak ingin mengalami kantuk ketika berkendara, berikut 6 cara menghilangkan ngantuk saat berkendara dan bisa anda terapkan :

1. Berolahraga sedikit

Cara yang pertama yaitu anda dapat berhenti di tepi jalan dan melakukan sedikit gerak tubuh atau berolahraga ringan secara singkat.

Anda dapat menggerak seluruh tubuh yang anda anggap perlu pergerakan, seperti gerakan tangan, kaki, kepala dan juga beberapa lakukan pemijatan.

Dengan cara ini sangat membantu anda untuk menghilangkan rasa kantuk yang menghampiri anda, selama sekitar 30 menit kedepan. Lakukan olahraga tersebut hingga tubuh anda terasa nyaman kembali.

2. Cuci muka (jika perlu mandi)

Jika anda ingin merasakan dan membuat mata anda segar kembali, anda dapat mencari tempat yang terdapat air bersih yang digunakan untuk mencuci muka anda. Dengan begitu maka mata anda akan terasa segar dan mengurangi rasa kantuk.

Jika anda memiliki waktu luang, anda dapat berhenti pada tempat pemandian atau yang lainnya. Setelah anda mandi bukan saja mata yang terasa segar, seluruh tubuh akan menjadi fresh dan fit kembali. Dengan begitu maka konsentrasi anda akan kembali pulih dan tidak merasa kantuk lagi.

3. Jangan melamun

Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya dan ini sangat penting yaitu ketika berkendara jangan sekali-kali anda melamun atau memikirkan hal yang lain.

Karena dengan melamun maka konsentrasi anda akan ikut hilang dan larut. Dan hal tersebut dapat menjadikan masalah yang tidak anda inginkan menghampiri anda.

Fokuskan pikiran anda pada jalan yang ada pada hadapan anda dan perhatikan lingkungan sekitar serta rambu-rambu lalu lintas. Tapi jangan sampai terlalu fokus ke jalan terus karena itu malah dapat membuat tubuh anda mengantuk.

Anda dapat mengendarai motor secara santai dan lihatlah lingkungan sekitar seperti melihat yang menarik, sesuatu yang indah, keramaian dan beberapa hal yang berada pada sisi kiri ataupun kanan anda.

4. Makan dan minum secukupnya (jangan yang menyebabkan kantuk)

Dengan mengisi perut anda seperlunya saja ketika sebelum anda memulai perjalanan, maka akan ada semangat dari dalam diri anda yang membuat tubuh menjadi fit.

Tapi ingat, jangan sampai makan berlebihan atau sampai terisi penuh karena itu malah membuat tubuh anda merasa kantuk. Jangan sampai kalau anda akan berkendara, perut juga dalam keadaan yang kosong.

Jangan makan makanan ataupun minuman yang dapat menyebabkan tubuh kita merasa kantuk, seperti minuman yang mengandung alkhohol, pisang, susu, ceri, anggur merah dan beberapa makanan yang lain. Ada beberapa makanan juga dapat membuat anda sering kali menguap.

5. Hindari obat yang dapat menyebabkan kantuk

Hal ini juga sering di alami oleh beberapa orang, yaitu ketika sedang masih sakit dan masih perlu untuk meminum obat namun tetap memaksakan diri untuk berkendara. Ada banyak obat yang memiliki efek kantuk dan juga ada yang dianjurkan untuk tidak diminum saat berkendara.

Jadi pastikan dulu obat yang anda minum tidak menyebabkan tubuh anda mengantuk dan tidak berbahaya ketika digunakan untuk berkendara. Dengan begitu anda dapat mempertimbangkan kembali sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

6. Berhenti dan minumlah segelas kopi

Anda dapat berhenti di tempat yang menyediakan kopi (jika anda suka minum kopi) atau juga bisa minuman yang di seduh air hangat. Sebenarnya dengan meminum kopi dan beristirahat atau tidur sebentar merupakan cara paling efektif yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan stamina tubuh.

Dengan begitu akan dapat membantu menjernihkan atau menyegarkan otak anda kembali. Anda juga bisa melakukan cuci muka kembali. Dengan melakukan beberapa hal tadi anda dapat membuat perjalanan anda menjadi fokus dan tidak mengantuk lagi.

Semoga 6 Tips Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara di Jalan Raya dapat menambah wawasan anda dalam berkendara agar tidak mengantuk dan juga dapat anda praktekkan atau lakukan sendiri ketika anda berkendara dijalan raya.