Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Liburan Murah Ke Bali Bagi Pemula

 Tips Liburan Murah Ke Bali Bagi Pemula

Duniahobiku.com -.Secara geografis, Bali terletak di antara pulau Jawa dan pulau Lombok. Mayoritas masyarakat di Bali merupakan pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura yang menjadi idaman bagi wisatawan baik lokal maupun wisatawan dari mancanegara.

Keunikan seni dan budaya serta keindahan alamnya menarik perhatian banyak orang untuk berwisata ke pulau dewata tersebut, termasuk bagi mereka yang masih pemula yang sebelumnya sama sekali tidak pernah menginjakkan kaki di Bali. Bagi yang tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari pulau Bali, soal biaya mungkin bukan jadi masalah, tapi bagi anda yang berasal dari daerah yang cukup jauh dari Bali misalnya Sumatra, Kalimantan, Papua dan lainnya, faktor biaya sering kali menjadi kendala utama untuk berwisata ke Bali. Kita sering mendengar wisata ke Bali terbilang mahal seperti biaya hotel, makan, transportasi dan lainnya, tetapi ternyata ada loh beberapa hotel dan tempat makan Bali yang terbilang murah untuk wisatawan khususnya bagi pemula. Nah, bagi anda pemula yang berkeinginan untuk wisata murah ke Bali, berikut Tips Wisata Murah Ke Bali Bagi Pemula :

1. Anggaran Dana

Tips wisata ke Bali yang pertama tertunya anda harus menganggarkan dana. Artinya anda harus memisahkan anggaran akomodasi dan transportasi dari anggaran buat anda selama di Bali. Misalnya anda memisahkan dana untuk konsumsi, dana untuk tiket jalan-jalan memasuki lokasi wisata dan dana untuk membeli oleh-oleh buat keluarga atau teman anda. Sebaiknya anda memiliki saving dana di ATM agar sewaktu-waktu dapat diambil apabila ada kebutuhan mendesak sehingga anda merasa aman saat wisata ke Bali. Jangan sampai anda kehabisan dana pada saat liburan disana sebelum pulang ke rumah masing-masing.

2. Waktu Yang Tepat Wisata Ke Bali

Tips wisata murah selanjutnya, anda harus tahu kapan waktu yang tepat wisata ke Bali. Libur panjang merupakan saat dimana orang-orang berbondong-bondong untuk berwisata ria dengan rencana lokasi wisata masing-masing termasuk wisata ke Bali. Nah, bagi anda yang berencana wisata murah ke Bali sebaiknya harus mempertimbangkan hal ini. Musim liburan memang sangat menyenangkan, namun nyatanya memanfaatkan waktu berlibur pada saat musim libur panjang sebagian besar biaya akan lebih maahal. Misalnya biaya tiket pesawat, penginapan maupun makanan. Disamping itu mungkin anda akan merasa terganggu dengan perjalanan maupun lokasi wisata yang begitu padat. Jadi sebaiknya, anda juga mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk wisata murah ke Bali. Apabila anda ke Bali dengan naik pesawat, saran mimin pesanlah tiket dengan jadwal penerbangan malam hari yang harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan penerbangan pagi atau siang hari.

3. Penginapan Murah di Bali

Biaya penginapan di Bali terbilang cukup mahal. Hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat budget anda membengkak, maka dari itu bagi anda khususnya yang masih belum pernah ke Bali harus tahu tempat penginapan murah yang ada di Bali. Tidak semua hotel atau penginapan mematok harga mahal bagi wisatawan, nyatanya ada beberapa tempat penginapan murah saat anda wisata ke Bali. Misalanya di daerah Jalan Poppy Lane terkenal dengan kawasan yang memiliki banyak tempat penginapan dengan harga yang terbilang murah. Selain itu di Jalan Legian anda juga dapat menemukan tempat penginapan dengan tarif berkisar Rp. 200 ribu – Rp. 350 ribu per hari dengan fasilitas yang memadai. Misalnya kamar dengan single bed, kipas angin serta kamar mandi di dalam, lumayan kan? Ditambah lagi apabila anda menginap dengan waktu selama tiga hari berturut-turut, harga akan lebih murah loh. Anda dapat mencari referensi reputasi tiap penginapan dengan cara browsing di internet agar anda tidak salah dalam memilih kamar saat wisata murah ke Bali.

 

4. Sewa Alat Transportasi

Kalau dari tadi tips murah wisata ke Bali saat tahap perencanaan, sekarang saatnya tips ketika anda sudah ada di Bali. Bagi yang sudah tidak sabar untuk jalan-jalan ke lokasi wisata yang ada di Bali, kira-kira nanti mau jalan kaki atau dengan menggunakan alat transportasi? Kalau lokasi wisatanya dekat, jalan kaki mungkin tidak masalah dong, nah bagaimana kalau ada beberapa lokasi wisata yang akan anda kunjungi dengan jarak yang berjauhan dan mengharuskan kita untuk menggunakan alat transportasi? Anda tidak perlu hawatir dengan biaya mahal untuk naik taksi atau lainnya. Agar biaya lebih murah dan hemat, anda bisa sewa sepeda motor agar bisa jalan-jalan tanpa memikirkan biaya transportasi yang bikin budget membengkak. Di Bali ada banyak jasa yang menyewakan sepeda motor dengan tarif murah. Jadi anda bisa memanfaatkannya untuk menekan biaya saat anda ingin liburan ke Bali.

5. Makanan Murah di Bali

Tips yang ini mungkin sepele, tapi percaya atau tidak, tanpa wisatawan sadari dengan seringnya jalan-jalan dan jajan atau makan di Bali tentunya dapat menguras dompet anda. Makanan murah di Bali dapat anda temukan di warung-warung makan sekitar pantai yang ada di Bali. Biasanya para backpacker makan di warung sekitar pantai Bali dengan harga yang relatif lebih murah sehingga pengeluaran untuk biaya makan saat wisata murah ke Bali lebih sedikit dibandingkan makan di restoran yang bertebaran di Pulau Dewata tersebut.

6. Belanja Murah di Bali

Rasanya belum afdol kalau pergi wisata ke Bali lalu pulang tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat tercinta. Namun kadang lagi-lagi kendala biaya menjadi faktor penghalangnya. Nah, bagi anda yang punya keinginan untuk Belanja Murah buat oleh-oleh saat wisata ke bali, sebenarnya ada beberapa tempat yang menjual barang dengan harga yang lebih murah loh. Pertama, saran mimin usahakan anda tidak tergoda dengan barang-barang souvenir yang banyak dijumpai ditoko oleh-oleh yang ada di pinggir jalan di Bali. Kalau memang anda mau berbelanja murah saat wisata ke Bali, sebaiknya datanglah ke pasar yang menyediakan barang-barang souvenir misalnya Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Tanah Lot dan Pasar Kumbangsari atau pasar seni lainnya yang ada di Bali. Jadi kalau anda sudah tahu dimana tempat belanja yang murah untuk oleh-oleh wisata Bali, faktor biaya mungkin tidak lagi menjadi kendala untuk membawakan oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Setelah mengetahui 6 Tips Liburan Murah Ke Bali Bagi Pemula di atas, bagaimana menurut anda? Adakah keinginan bagi yang belum pernah liburan ke Bali untuk berkunjung ke pulau sejuta wisata tersebut? Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda para penggemar travelling.