Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Praktis Merawat Mobil Yang Jarang Digunakan Dalam Waktu Lama

Tips Praktis Merawat Mobil

Duniahobiku.com - Banyak mobil yang tidak sering dipakai oleh pemiliknya karena berbagai alasan. Bisa karena pekerjaan yang ada diluar kota, atau memiliki mobil dinas yang senantiasa mengantarkannya ketempat kerja. Mengakibatkan, mobil seringkali berdiam di garasi saja. Tetapi perlu di ketahui, walau tidak sering dipakai mobil juga butuh perawatan.

Mobil yang tidak digunakan dalam kurun waktu cukup lama akan membutuhkan perawatan khusus supaya mobil tetap dalam kondisi baik. Malah saat mobil tidak sering dipakai rawan sekali mengalami permasalahan dan rusak, terlebih di bagian kaki-kaki mobil. Disamping itu ada juga sebagian permasalahan yang akrab untuk mobil yang tidak sering digunakan yang kadang-kadang sering diremehkan.

Di bawah ini ada beberapa permasalahan yang akrab untuk mobil yang tidak sering digunakan yang perlu anda cermati :

1. Ban mobil cepat rusak

Saat anda membiarkan mobil sangat lama tidak dipakai umumnya ban mobil akan mengempis dan itu akan membuat ban mobil cepat rusak. Ban cepat rusak menjadi satu diantara permasalahan atau penyakit yang akrab untuk mobil yang tidak sering digunakan yang kadang-kadang sering diremehkan.

Oleh karenanya itu bila anda tidak akan memakai mobil untuk saat yang lama baiknya mensiasatinya dengan menyokong mobil memakai alat penyangga. Namun janganlah memakai dongkrak untuk menopangnya, karena akan membuat dongkrak rusak bila sangat lama dipakai.

2. Wiper cepat rusak

Komponen lain yang dapat menjadi penyakit yang akrab untuk mobil yang tidak sering digunakan yaitu rusaknya pada wiper.

Saat mobil tidak sering dipakai otomatis wiper juga tidak terpakai. Hal semacam ini dapat membuat karet wiper mobil anda mengeras. Untuk mensiasatinya, anda dapat mengganjal wiper dengan memakai busa supaya tidak melekat segera pada kaca mobil. Janganlah lupa untuk mengganjal tangkai wiper supaya karet wiper tidak melekat pada kaca mobil.

Anda bisa memakai potongan kayu kecil, busa atau pengganjal wiper yang di jual di beberapa toko aksesori mobil. Bila tidak dikerjakan, hal semacam ini akan membuat karet wiper jadi lebih cepat mengeras dan kehilangan kelenturannya.

3. Rusaknya  Aki mobil

Penyakit yang akrab untuk mobil yang tidak sering digunakan setelah itu yaitu rusaknya pada aki mobil. Hal semacam ini dapat berlangsung bila membiarkan atau meninggalkan mobil anda dalam kondisi aki masih tersambung.

Untuk hindari rusaknya pada aki, anda dapat melepas sambungan aki itu supaya aki tetap awet walau tidak dipakai untuk saat yang lama. Namun janganlah lupa untuk tetaplah merawatnya walau mobil tidak sering dipakai. Salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan rajin memanasi mesin mobil anda sekitar 10 hingga 15 menit pada pagi hari.

4. Rusaknya Rem Mobil

Penyakit atau permasalahan yang termasuk bahaya untuk mobil yaitu rusaknya pada rem.

Rusaknya rem dapat berlangsung bila anda membiarkan atau tidak memakai mobil anda kurun waktu lama namun keadaan rem tangan aktif. Itu dapat menjadi penyakit yang akrab untuk mobil yang tidak sering digunakan yang penting sekali untuk anda cermati.

Rem tangan yang masih aktif yang  lama tidak digunakan akan membuat minyak dengan piringan rem lengket. Hal tersebut yang akan membuat rem mobil anda mengalami kerusakan. Oleh karenanya janganlah membiarkan mobil anda dalam kondisi rem tangan aktif bila akan ditinggalkan atau tidak dipakai.

Tips Praktis Merawat Mobil Yang Jarang Digunakan Dalam Waktu Lama

Bila anda akan meninggalkan mobil kurun waktu lama, maka baiknya anda bersihkan terlebih dulu mobil anda secara menyeluruh baik eksterio maupun interior mobil. Awalilah dengan membersihkan sisi eksterior seperti cat mobil dari kotoran yang bisa mengakibatkan korosi. Setelah itu bersihkan juga sisi dalam dari sampah dan debu. Anda bisa memakai penyedot debu untuk bersihkan sisi interior.

Bila mobil akan ditinggal dan tidak digunakan dalam kurun waktu sekitar lebih dari 2 minggu, parkir mobil ditempat yang terproteksi seperti garasi. Hal ini juga berguna untuk menghindar tindakan kejahatan.

Diluar itu, pakai sarung mobil khusus supaya mobil lebih terproteksi dari sinar panas matahari dan hujan yang bisa mengakibatkan kerusakan mobil serta debu yang akan menumpuk.

Setelah itu, lepaslah kabel aki/kepala aki supaya  kemungkinan aki akan menjadi rusak atau kehilangan daya.

Waktu mencabut aki, dahului dengan melepas kabel negatif baru lalu kabel positif. Waktu menempatkan, dahulukan kabel positif baru lalu kabel negatif.

Pakai stand jack untuk mengangkat ban mobil supaya tidak melekat dengan lantai supaya posisi ban tidak beralih karena menahan beban mobil pada titik yang sama terus-menerus. langkah tersebut bermanfaat untuk melindungi supaya keadaan suspensi mobil tetaplah baik dan berperan normal sewaktu mobil akan dipakai.

Bila mobil telah terpasang stand jack, lepaslah rem parkir atau rem tangan mobil anda. Bila rem tangan selalu bekerja dan tidak dilepaskan, dikuatirkan piringan rem dan minyak akan jadi lengket. Hal semacam ini lebih disarankan lagi bila mobil masih memakai rem tromol.

Paling akhir, bila ada orang yang tinggal dirumah anda, mintalah untuk memanaskan mobil sehari-hari.

Bila hal semacam ini bisa dikerjakan, maka anda tidak perlu untuk melepas kepala aki mobil anda. Cukup kerjakan selama 4 hingga 5 menit saja sehari-harinya.

Tetapi janganlah lupakan untuk mengecek kabin, bagasi dan ruangan mesin dari masalah tikus. Sebab mungkin tikus menjadi penghuni ruangan mesin mobil dan menggigiti kabel dan selang-selang di dalamnya.

Demikian penjelasan mengenai tips praktis merawat mobil yang jarang digunakan dalam waktu lama. Dengan beberapa cara diatas anda tidak perlu cemas untuk meninggalkan mobil anda kurun waktu yang lama.

.