Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Ternak Kelinci Pedaging Bisa Anda Coba Dirumah

 Usaha Ternak Kelinci Pedaging

Duniahobiku.com - Daging kelinci adalah satu jenis daging yang banyak di sukai oleh masyarakat khususnya di Indonesia, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari dan memburu daging kelinci ini, dan oleh sebab itu peternakan kelinci yang ada di Indonesia membutuhkan jumlah kelinci cukup banyak dan sering kekurangan stok.  Kurangnya pasokan kelinci banyak di manfaatkan oleh para pembisnis untuk mencari keuntungan yaitu dengan cara ikut serta dalam menggeluti usaha budidaya kelinci pedaging.

Cara Ternak Kelinci Pedaging

Sebelum kita mulai membuka usaha budidaya kelinci ini, sebaiknya kita perlu mengenal apa itu kelinci dan jenis yang bagaimana yang bagus untuk kita pelihara untuk di budidayakan, nah untuk itu mari kita kutip dulu pengertian kelinci itu sendiri.

Kelinci adalah salah satu jenis hewan yang biasa di konsumsi dagingnya dengan kategori halal dan ada dua jenis kelinci yang di kenal di masyarakat yaitu kelinci hias dan kelinci pedaging, dan kedua jenis kelinci ini bisa di manfaatkan sebagai sumber penghasilan yang tetap, yaitu dengan cara di jual belikan.

Maka dari itu jangan sampai anda salah dalam memilih bibitnya, jika anda mau membudidayakan kelinci hias tentunya anda harus memperoleh bibit dari jenis kelinci hias itu sendiri, dan begitu pula sebaliknya, jika anda mau membuka usaha di bidang kelinci pedaging tentunya anda harus mencari jenis kelinci pedaging pula agar usaha yang anda jalankan bisa berjalan sesuai dengan target atau bisa sesuai dengan rencana.

Ada beberapa jenis kelinci yang paling bagus untuk di jadikan sebagai kelinci pedaging, yaitu dari jenis New Zealand dan Flemish Giant, bahkan kini banyak para peternak yang menyilangkan kedua jenis kelinci ini dan biasa menyebutnya dengan sebutan kelinci unggulan.

Dan pada akhirnya jenis kelinci unggulan ini telah menjadi perbincangan dan sorotan yang sangat tajam dari berbagai peternak di Indonesia, dan hal itu di sebabkan karena jenis kelinci unggulan ini ternyata mempunyai keunggulan yang melebihi kelinci New Zealand dan Flemish giant yaitu bisa di lihat dari bobot nya itu sendiri.

Keuntungan Ternak Kelinci Pedaging

Selain di lihat dari bobotnya, kelinci unggulan ini juga mempunyai keunggulan lain yaitu dari masa perkembangannya, yaitu kelinci unggulan ini bisa cepat dewasa dan bisa di kawinkan atau telah siap di kawinkan setelah usia 6 sampai 7 bulan saja, sedangkan kalau kelinci Flemish giant siap kawinnya itu setelah usianya mencapai 12 bulan dan selain itu dalam satu kelahirannya kelinci unggulan bisa menghasilkan anak 7 hingga 9 ekor.

Keunggulan lain dari jenis kelinci unggulan ini yaitu di lihat dari sisi ekonominya, jelas saja kata peternak jenis kelinci ini lebih murah dan bisa menghemat modal karena harga satuan jenis kelinci unggulan ini yang usianya 2 bulan bisa di peroleh dengan harga 50 ribu rupiah saja, sedangkan harga kelinci New Zealand dan Flemish Giant bisa mencapai harga 200 hingga 250 ribu rupiah untuk yang berusia 2 bulan itu, jelas saja jauh sekali bila di lihat dari segi ekonominya, sungguh luar biasa.

Semoga artikel Usaha Ternak Kelinci Pedaging Bisa Anda Coba Dirumah dapat menginspirasi anda untuk mencoba peruntungan dibidang ternak kelinci pedaging.