Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sehat Jika Memiliki Hewan Peliharaan Di Rumah

 Tips Sehat Jika Memiliki Hewan Peliharaan Di Rumah

Duniahobiku.com - Beberapa dari hasil penelitian menyatakan bahwa memelihara hewan itu menghadirkan banyak keuntungan bagi para pemiliknya. Keuntungan-keuntungan tersebut di antaranya adalah hewan peliharaan dapat menjadi teman mengobrol, membantu pemilik untuk menjaga rumah, menjadi sumber relaksasi, mengurangi risiko gangguan kardiovaskuler, dan mengurangi rasa sakit.

Namun, jika binatang peliharaan tersebut tidak dirawat secara tepat, maka dapat mengganggu kenyamanan hunian. Beberapa hal dari hewan yang bisa membuat risih adalah kotoran, debu, bulu, dan aroma yang tidak sedap. Selain itu, kesehatan diri sendiri dan keluarga juga dapat terancam akibat hewan peliharaan yang tidak higienis.

Penyakit yang muncul dari binatang peliharaan ini dapat dihindari dengan cara menjaga kebersihan rumah secara ekstra dan melakukan penataan yang tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sehat ruang dapat dilakukan jika anda memiliki hewan peliharaan di rumah.

Letakkan Kandang Hewan Peliharaan di Area yang Terbuka

Aroma tidak sedap yang berasal dari kotoran atau air seni hewan peliharaan dapat menjadi pengganggu kenyamanan anda dan juga anggota keluarga yang lainnya. Jika kandang binatang ditaruh di ruang yang terbuka, maka aromanya pun akan terbawa oleh angin dan udara dengan lebih cepat.

Jauhkan Tempat Bermain Hewan Peliharaan dari Dapur

Salah satu hal yang penting atau vital adalah masalah kebersihan dapur. Hal ini mengingat bahwa makanan yang akan masuk ke dalam tubuh diproses di dapur. Oleh karena itu, jauhkan kandang dan tempat bermain binatang peliharaan dari dapur. Pasalnya, hewan tersebut ada kemungkinan akan menyentuh bahan untuk membuat makanan.

Jauhkan Tempat Bermain Hewan Peliharaan dari Dapur

Gunakan Material yang Tidak Mengikat Bulu dan Menyimpan Kutu

Biasanya, binatang peliharaan yang banyak dipilih oleh orang adalah hewan yang mempunyai bulu halus dan menggemaskan, seperti kucing, kelinci, atau anjing. Tetapi, bulu ini gampang rontok dan bisa menjadi deposit debu serta menyimpan kutu. Nah, jika anda memiliki riwayat alergi, maka lebih baik untuk memakai bahan-bahan pelapis yang tidak mengikat bulu dan debu. Misalnya saja, kulit sintesis pada sofa.

Semoga Tips Sehat Jika Memiliki Hewan Peliharaan Di Rumah dapat bermanfaat buat anda yang ingin memelihara hewan peliharaan dirumah namun tetap bersih dan sehat.