Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Cara Memilih Oli Mesin Yang Tepat Untuk Motor

 Oli Mesin

Duniahobiku.com - Cara memilih oli motor sebenarnya sangatlah banyak, namun hanya ada beberapa cara yang di pakai oleh warga Indonesia. Orang Indonesia pada umumnya mengganti oli setiap 1-3 bulan pada kendaraan yang mereka tumpangai. Mereka pun juga lebih memilih oli hanya berdasarkan SAE yang cocok dengan kendaraannya tanpa mempertimbangkan hal penting lainnya seperti sertifikat pelumas tersebut. Sertifikat yang sangat bagus untuk merekomendasikan pelumas tersebut ada banyak macam seperti API (Amerika), ACEA (German), ILSAC (Eropa), JASO (Japan) dan sertifikat yang lain yang dikeluarkan karena telah mendapat persetujuan dari pihak produsen.

Cara memilih oli motor yang tepat haruslah mengerti fungsi oli terlebih dahulu. Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui bahwa oli berguna untuk pelumas mesin kendaraan. Sedangkan fungsi oli yang lain adalah sebagai pendingin mesin dan melindung mesin dari karat, selain itu sebagai pembersih celah-celah mesin dan penutup celah yang ada pada dinding mesin. Fungsi-fungsi tersebut akan membuat suara yang ditimbulkan oleh mesin akan terdengar lebih halus. Oli yang semakin kental maka semakin baik untuk menutup kebocoran pada bagian mesin. Oli yang bagus memiliki kandungan aditif yang mana bisa mencegah munculnya karat pada mesin dan melarutkan kotoran yang tercipta dari hasil pembakaran yang tidak terpakai.

Cara memilih oli motor ada 3 cara yang utama, pertama kualitas, kekentalan dan keaslian. Berikut akan kami beberkan satu persatu :

1.      Kualitas

Kualitas oli atau pelumas tersebut sangatlah penting untuk kendaraan anda. Umumnya kualitas tersebut di tunjukkan oleh sertifikat dari Amerika atau kode API, selain itu juga disertai kode JASO dari Jepang.

2.      Kekentalan Oli

Tingkat kekentalan juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada kinerja mesin, semakin kental oli tersebut akan semakin bagus bila di pakai di daerah tropis seperti negara kita.

3.      Keaslian Oli

Gunakanlah pelumas yang masih terbungkus rapi atau segelnya masih utuh. Jangan membeli oli bila memiliki cacat pada fisik kemasan. Untuk lebih amannya, anda bisa membeli oli pada agen resmi yang telah ada di kota-kota anda.

Ada dua macam oli yang beredar dipasaran, yaitu oli mineral dan oli synthetic. Masyarakat Indonesia masih banyak yang memakai oli mineral, padahal oli synthetic jelas lebih unggul dibanding oli mineral. Berikut kelebihan oli synthetic :

  • Saat suhu mesin atau temperatur mesin tinggi, oli synthetic lebih stabil jika di bandingkan dengan oli mineral.
  • Minimnya endapan karbon yang terjadi pada mesin.
  • Saat cuaca dingin atau pada pagi hari, oli synthetic jelas memiliki sirkuasi yang lebih lancar.
  • Melapisi serta melumasi metal mesin baik serta mencegah terjadinya gesekan parah antara logam yang ada pada mesin sehingga meminimalkan kerusakan mesin.
  • Mampu membersihkan mesin lebih baik dari pada oli mineral.

Jadi cara memilih oli motor diatas harus anda perhatikan agar motor anda mendapat performa yang maksimal.

Semoga artikel “Tips dan Cara Memilih Oli Mesin yang Tepat Untuk Motor” dapat bermanfaat buat anda. Semakin tepat anda memilih oli mesin  maka kendaraan anda akan semakin awet.