Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berkendara Saat Banjir Yang Harus Anda Ketahui

 Tips Berkendara Saat Banjir

Duniahobiku.com - Banjir adalah musuh utama para pengendara bermotor. Tempat-tempat yang sering banjir yaitu seperti kota besar. Jika dikota anda banjir, kemungkinan besar motor atau mobil diwilayah tersebut banyak yang rusak dan mogok. Saran dari kami, ketika anda hendak melewati kota atau jalanan yang banjir, anda harus waspada dan sabar saat mengemudi. Resiko umum yang dialami oleh pengendara yang berkendara pada saat banjir yaitu mogok dan kerusakan pada motor atau mobil anda.

Kami mempunyai beberapa tips berkendara saat banjir, yaitu sebagai berikut :

Hindari mengendara dengan kecepatan tinggi saat mengemudikan motor, anda harus mengurangi kecepatan motor tersebut. Resiko awal jika anda mengebut, motor tersebut akan mogok. Hal ini dikarena adanya air yang masuk ke mesin motor yang anda gunakan tersebut. Selain itu, mengendarai motor dengan kecepatan tinggi saat bajir juga dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Anda harus menghindari jalan yang tumbuh banyak pohonnya di pinggiran jalan, apalagi pohon tersebut sudah tua. Karena dikhawatirkan bisa tumbang terkena hujan dan angin kencang.

Selain menghindari pohon, pengendara juga harus menghindari reklame raksasa atau reklame yang besar yang ada di pinggiran jalan raya. Hal tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan, sekalipun resikonya kecil.

Hindari kolong underpass dan flyover.

Hindari genangan air dan jalan cekung. Genangan air memiliki resiko tinggi bila pada genangan tersebut terdapat lubang yang dalam, jadi sebaiknya kurangi kecepatan anda saat melewati genangan air tersebut atau jalan cekung.

Agar lebih aman lagi, pengendara juga harus mengatur jarak motornya dengan kendaraan lain, terutama pada kendaraan yang ada didepan anda.

Jika banjir terjadi dan jalanan juga macet, lebih baik anda hentikan dulu motor atau mobil anda. Setelah itu matikan mesin kendaraan, lalu cabut AKI motor anda, jika sudah mencabut AKInya, silahkan didorong ke tempat yang lebih aman (bebas banjir).

Jika mobil atau motor yang anda gunakan terendam banjir. Sebaiknya jangan langsung dinyalakan, lebih baik anda memeriksa oli, perlengkapan kelistrikan, saluran udara, pengapian, dan lain sebagainya.

Ketika anda berkendara saat banjir, kemudian anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh motor atau mobil anda, langsung saja menghubungi GARDA terdekat.

Berkendara pada saat banjir, hindari menginjak gas kemudian anda tambah lagi setengah kopling. Menurut banyak orang mengemudi seperti itu untuk menghindari air masuk pada knalpot, sebenarnya mengemudi dengan cara seperti itu tidak benar. Cara mengemudi yang benar ketika banjir adalah menginjak gas dengan perlahan agar air tidak dapat masuk ke dalam knalpot.

Itulah beberapa tips berkendara saat banjir, jika anda melintasi didaerah yang rawan banjir lebih baik anda berhati-hati, karena pada saat banjir sering terjadi kecelakaan.