Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Laut Wakatobi : Surga Laut Yang Spektakuler

 Taman Laut Wakatobi

Duniahobiku.com – Taman Laut Wakatobi? Apakah anda pernah mendengar nama Wakatobi? Mungkin tempat yang satu ini belum familiar ditelinga beberapa travelers. Padahal tempat ini menarik para penikmat wisata laut dunia untuk menyaksikan keindahan bawah laut yang masih sangat alami dan seperti surga dibawah laut bagi para penyelam. Ingin tahu letak Wakatobi dan apa saja yang ditawarkan taman nasional Wakatobi? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik tentang Wakatobi.

Di indonesia terdapat banyak sekali pulau yang indah dan eksotis, Indonesia juga memiliki keragaman tumbuhan maupun hewan yang sangat banyak sekali mulai dari yang berada di daratan sampai yang berada di laut, namun sebagian besar dari anda mungkin hanya menyaksikan keindahan alam bawah laut dari gambar maupun media televisi, jangan anda malas untuk menyaksikan secara langsung keindahan alam bawah laut yang di miliki oleh negara kita, contohnya pada atikel ini saya akan membahas tentang keindahan Surga Alam Bawah Laut Pulau Wakatobi yang patut kita banggakan.

Laut Wakatobi Sulawesi

Negara Indonesia mempunyai tempat menyelam yang sangat banyak dan sudah mendunia sejak dahulu, seperti di pulau Wakatobi ini, di bawah laut Wakatobi terdapat banyak spesies karang langka yang sangat indah, dan memiliki luas area sekitar 1,39 juta hektar dan menjadi salah satu prioritas dalam konservasi laut Indonesia.

Laut Wakatobi Sulawesi

Wakatobi Sulawesi Tenggara

Pulau Wakatobi terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara tepatnya di Wangi-Wangi, sebelah tenggara Pulau Buton. Taman nasional Wakatobi merupakan bagian dari 50 taman laut di Indonesia yang ditetapkan pemerintah pada tahun 1996 sebagai daerah konservasi laut di Indonesia. Ada banyak hal menarik yang dapat anda temukan di taman laut Wakatobi tidak hanya karangnya saja yang indah namun ada sekitar 90 lebih jenis spesies ikan dan salah satunya ada pari manta yang punya ukuran yang besar, tidak hanya ikan namun juga ada beberapa jenis penyu seperti penyu lekang, penyu sisik dan penyu tempayan, snorkling menjadi andalan disini karena keindahan karangnya yang sudah mendunia membuat tempat ini layak sebagai tujuan berlibur anda.

Kepanjangan Wakatobi

Anda tahu kepanjangan dari Wakatobi? Wakatobi singkatan dari empat pulau yang terdapat di Sulawesi Tenggara yaitu Pulau Wangi-wangi, Kaledupa Pulau Tomia, dan Binongko. Jadi Wakatobi bukan hanya nama sebuah pulau tapi akronim dari keempat pulau diatas.

Coral Taman Laut Wakatobi

Bagi anda yang gemar makanan, jangan khawatir karena di sini juga di sediakan banyak olahan makanan yang umumnya dari udang, cumi dan ikan yang masih sangat segar, waktu terbaik untuk berwisata ke pulau Wakatobi adalah pada bulan April sampai bulan Juni dan bulan Oktober sampai bulan Desember, lelah setelah seharian beraktifitas di taman nasional Wakatobi, di sini di sediakan fasilitas penginapan, mulai dari yang kelas rendah sampai hotel kelas internasioanl, tinggal di sesuaikan saja dengan isi kantong kita

Bagaimana Cara Pergi Ke Wakatobi ?

Ada dua cara yang umum dilakukan untuk mencapai Wakatobi yaitu menggunakan kapal laut atau pesawat. Jika anda menggunakan jalur kapal laut via Makassar dibutuhkan kurang lebih 10 jam untuk mencapai Wakatobi. Sedangkan jika anda menempuh jalur udara anda bisa menggunakan maskapai Express Air. Maskapai ini menggunakan pesawat kecil yang hanya dapat menampung sekitar 30 orang penumpang via Makassar - wangi-wangi (Bandar udara Matahora) dan transit di Bau-Bau. Jika telah sampai di wangi-wangi anda bisa menyewa speedboat atau kapal menuju ke Wakatobi.

empat pulau Wakatobi

Jika anda berminat untuk mengunjungi keempat pulau Wakatobi anda bisa menggunakan rute seperti dibawah ini :

Wisata Pulau Wanci / Wangi - Wangi

Pulau Wanci  atau yang lebih dikenal dengan nama wangi-wangi merupakan pulau pertama yang menjadi gerbang saat wisatawan mengunjungi Wakatobi sebelum mengunjungi tiga pulau lainnya. di Pulau ini terdapat beberapa resort yang juga menyediakan peralatan menyelam untuk disewakan kepada wisatawan. Rute menuju Pulau Wanci dapat anda lalui dengan dua jalur. Pertama dari Kendari ke Bau-Bau dengan menggunakan kapal cepat selama kurang lebih 3 jam perjalanan, lalu selanjutnya dari Bau-Bau ke Pulau Wanci dengan menggunakan perahu motor dengan memakan waktu sekitar 9 jam perjalanan sebelum akhirnya sampai di Pulau Wanci. Selain perahu motor juga dapat menggunakan kapal perintis, namun frekuensinya satu bulan sekali. Sedangkan rute yang kedua dari Kendari langsung menuju Pulau Wanci dengan menggunakan perahu motor dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 12 jam. Lalu untuk frekuensinya hanya dua kali dalam satu minggu. Dari deretan pulau Wakatobi, transportasi menuju Pulau Wanci memiliki frekuensi tertinggi dan menjadi pusat dari kabupaten Wakatobi.

Pulau Wanci / Wangi - Wangi

Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa adalah salah satu pulau terbesar dari 4 pulau Wakatobi, banyak wisatawan domestik maupun dari mancanegara yang berkunjung ke pulau Kaledupa untuk merasakan sensasi liburan yang mengagumkan, selain itu di pulau Kaledupa memiliki kebudayaan dan peninggalan dengan karakteristik tertentu. Untuk menuju pulau Kaledupa dari pulau Wanci dapat menggunakan perahu motor dengan lama perjalan kurang lebih 2 jam, sedangkan apabila menggunakan speedboat waktu perjalanan lebih cepat lagi yaitu sekitar 1 jam.

Pulau Kaledupa

Pulau Tomia

Selain dapat berenang dan snorkeling diperairan pulau Tomia, wisatawan juga dapat berkunjung ke benteng Patua, terdapat peningalan meriam dan sumur dengan lubang yang berukuran kecil namun kedalamannya hingga 100 meter, konon pada jaman dahulu sumur dengan nama jomba katepi ini dijadikan tempat untuk menceburkan orang-orang yang kena hukuman. Untuk rute menuju pulau Tomia sama halnya seperti menuju pulau Kaledupa yaitu dengan mengunakan speedboat dari pulau Wanci, namun waktunya lebih lama yaitu sekitar 2 jam perjalanan, selain itu dapat menggunakan perahu motor langsung dari Bau-Bau yang mana transportasi Bau-Bau - pulau Tomia 2-3 kali dalam satu minggu. Khusus Pulau Tomia terdapat sebuah bandara kecil yang hanya digunakan oleh wisatawan PT.Wakatobi Dive Resort. 

Pulau Tomia

Pulau Binongko

Deretan pulau terakhir dari Taman Nasional Wakatobi adalah Pulau Binongko. Pulau Binongko menjadi tujuan bagi pencinta snorkeling untuk menjelajahi bawah laut wakatobi. Kondisi alam dan pemandangan di pulau Binongko sangat indah dan masih alami sehingga wajar saja kalau pulau ini menjadi surganya pencinta snorkeling. Untuk rute menuju pulau Binongko mungkin lebih sulit dari pada ketiga pulau lainnya di Wakatobi, akses menuju pulau ini dapat ditempuh dari Bau-Bau dengan menggunakan perahu motor selama satu minggu sekali dan lama perjalanan kurang lebih 16 jam, selain itu juga dapat ditempuh dari Pulau Tomia dengan menggunakan kapal bodi (pompong) dan frekuensinya tiga kali dalam satu minggu

Pulau Binongko

Sebagai tambahan informasi, di Taman Nasional Wakatobi juga terdapat wisata kuliner khas yang tidak anda temukan di tempat-tempat lainnya. Terdapat lima makanan yang cukup terkenal di kalangan wisatawan, yaitu Kasuami yang merupakan makanan pokok khas Wakatobi dengan bahan dasar ubi kayu, Laluta dengan aroma santan dan daun pisang, Kambalu dengan bahan dasar umbi-umbian, Kapusu yang bahan dasarnya adalah jagung dan ditambahkan  kacang merah, yang terakhir Parende yang merupakan makanan pendamping dimana bahannya terbuat dari ikan yang dibumbui tengkulela (belimbing).

Sebagai penutup, saran dari kami bagi anda yang akan mengunjungi Pulau Wakatobi, sebelum berangkat pastikan anda menuju pulau Wakatobi pada saat musim yang pas, karena apabila memaksakan berangkat pada saat musim barat (biasanya bulan Desember-Februari), perjalanan menuju ke pulau Wakatobi terlalu ekstrim dimana ombaknya sangat besar. Semoga artikel Taman Laut Wakatobi : Surga Laut Yang Spektakuler dapat menjadi daftar kunjungan wisata anda berikutnya.