Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Singapura: Negeri Merlion Yang Tak Pernah Tidur

 Singapura:

Duniahobiku.com - Siapa yang tak tahu Singapura? Negara tetangga yang punya sejuta alasan untuk di kunjungi. Negeri merlion yang tak pernah tidur ini bahkan termasuk salah satu negara tersibuk di ASEAN. Jumlah penduduknya yang sedikit dan luas negaranya yang kecil, mungkin tak lebih dari luas ibu kota Jakarta, juga menjadikan Singapura sebagai salah satu negara makmur di dunia dengan pendapatan perkapita kurang lebih $52.839 (sumber wikipedia).

Singapura merupakan salah satu negara bekas jajahan Inggris yang mengalami kemajuan yang sangat pesat dibidang ekonomi. Masyarakatnya yang majemuk terdiri dari etnis Melayu, Tionghoa dan Tamil (India). Negara tetangga Malaysia, Indonesia dan Thailand ini merdeka pada tanggal 9 Agustus 1965, setelah sempat bergabung menjadi satu negara dengan Malaysia pada tahun 1963. Bahasa yang lazim dipergunakan sehari-hari adalah bahasa Inggris dan bahasa Melayu yang sedikit banyak mirip dengan bahasa Indonesia.

Negara yang mempunyai motto “Majulah Singapura” ini terkenal akan kemewahan, ketertiban dan kebersihan negaranya. Berbicara tentang kebersihannya, negara ini benar-benar sangat memahami bagaimana cara merawat kebersihannya. Jangan pernah anda coba-coba untuk membuang sampah sembarangan, atau anda akan menyesal karena mengeluarkan uang cukup besar hanya karena membayar denda. Anda juga disarankan untuk tertib jika ingin menggunakan fasilitas umum di Singapura. Seperti halnya jika anda ingin memesan taxi ditempat yang disediakan, mengantrilah. Karena bila anda mencoba untuk menorobos antrean maka anda akan berurusan dengan sanksi dan denda yang dikeluarkan oleh polisi setempat.

Kemudian di Singapura ini, tak terhitung jumlah deretan brand-brand terkenal yang membuka butiknya di Orchard Road, yang merupakan surga belanja bagi wisatawan dan penduduk Singapura. Begitu juga dengan hotel-hotel mewah dibangun secara luxurious dengan mengambil konsep hi-technology seperti Marina Bay Sands yang dirancang sedemikian artistik dan memiliki fungsi bukan hanya sebagai hotel tapi sebagai tempat belanja (mall), restoran mewah dan tempat wisata. Marina Bay Sands mengambil konsep one stop entertainment, sehingga anda tak perlu repot repot keluar dari hotel jika ingin berbelanja atau membutuhkan hiburan. Secara garis besar, menurut kami, pemerintah Singapura sangat jeli dalam membidik pangsa pasar dalam meningkatkan devisanya. Mereka tak henti-hentinya membangun pusat hiburan untuk mengundang wisatawan-wisatawan asing agar dapat berkunjung ke negeri mereka. Tak hanya wisata belanja,tapi juga wisata untuk keluarga sebagai contoh telah dibuka secara resmi Universal Studio Singapore (USS) tanggal 28 Mei 2011. Pusat hiburan taman bermain terbesar di Asia Tenggara ini mampu menarik lebih dari 2 juta pengunjung dalam waktu beberapa bulan setelah pembukaan pertamanya. Kami rasa perlu waktu lebih dari satu hari untuk mencoba semua wahana yang ada disini. Jika kita melihat dengan teliti,(lagi-lagi) pemerintah Singapura membangun taman hiburan ini dikonsep dengan hi-technology yang sangat bagus. Sehingga tak hanya anak-anak bahkan orang dewasa pun betah bermain disini.

Marina Bay Sands
Gambar Marina Bay Sands

Selain Orchard Road, Marina Bay Sands dan Universal Studio Singapore (USS). Anda masih harus mengunjungi tempat wisata lain di sini. Antaranya China town, surganya barang-barang murah. Pada zaman dulu China town adalah pusat imigran China yang menetap di Singapura. Namun seiring perkembangan waktu kawasan ini pun berubah menjadi pusat perdagangan. Sama halnya dengan Kampong Bugis yang dulunya dipergunakan sebagai kota pelabuhan. Dan pada perkembangannya kini juga merupakan salah satu pusat perdagangan dan wisata kuliner yang cukup murah di Singapura. Jika anda ingin membeli souvernir atau oleh-oleh yang tidak biasa datanglah ke Little India. Sesuai namanya kawasan yang dihuni hampir oleh sebagian besar masyarakat Singapura keturunan etnis India ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Anda bahkan bisa khilaf berbelanja karena harga yang ditawarkan lumayan murah, meski harga untuk sehelai kain saree (pakaian wanita khas India) cukup menguras kantong. Namun karena pilihan barangnya yang unik, tak ayal little India juga menjadi salah satu objek wisata favorit para wisatawan. Jika malam telah tiba, cobalah untuk duduk-duduk bersantai dan melihat pemandangan malam di dekat Merlion Park (icon negara Singapura) yang memesona dengan warna-warni lampu dari bangunan-bangunan berarsitektur menawan di sekitarnya. Atau bila anda mempunyai budget lebih, cobalah untuk makan malam romantis berdua dengan pasangan di restoran-restoran mewah dengan view yang menawan seperti Sky on 57 atau Level 33.

Universal Studio Singapore
Gambar Universal Studio Singapore

Bila anda ingin berpesta, pilihlah Singapura. Negara ini benar-benar memanjakan anda sebagai tamunya. Pilihan bar-bar dan club-club seperti ZOUK, 1-Altitude, 3-Monkeys dll mampu mebuat anda bergoyang sampai pagi. Club dan bar di Singapura juga cukup terkenal dikalangan para clubbers dunia. Singapura benar-benara pas disebut surga dunia untuk anda yang shopaholics, clubbers dan travellers, serta penikmat wisata kuliner. Jadi,tunggu apa lagi? segeralah ambil cuti dan nikmati liburan anda di Singapura.

Semoga artikel Singapura: Negeri Merlion yang Tak Pernah Tidur dapat menambah daftar destinasi wisata yang dapat anda kunjungi bersama keluarga dan kerabat.