Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumpon Ikan Salah Satu Alternatif Spot Memancing

 Rumpon Ikan

Duniahobiku.com - Bagi mancing mania yang hobi mancing di laut tentu tidak asing dengan kata rumpon. Arti rumpon dalam bahasa kelautan adalah karang buatan yang bertujuan sebagai tempat berlindungnya ikan atau rumah ikan yang di buat manusia, tentu rumpon tidak bisa langsung jadi, membutuhkan waktu berbulan bulan agar ikan mau berkumpul di rumpon. Tujuan dari rumpon adalah agar nelayan bisa dengan mudah menangkap ikan jenis predator yang punya harga jual tinggi antara lain ikan tuna, tongkol, cakalang, madidihang, layang, marlin, giant travely, dan  lain sebagainya

Walaupun penggunaan rumpon masih pro dan kontra mengingat para nelayan kadang ikut mengambil ikan berukuran kecil yang dapat memutus rantai perkembangbiakan ikan dimasa depan tetapi diberbagai wilayah perairan di Indonesia masih sering kita jumpai pemasangan rumpon ikan dilaut. Ada beberapa rumpon ikan yang biasa dipergunakan oleh para nelayan. Jenis rumpon menurut wikipedia ada tiga jenis rumpon, antara lain :

1.Rumpon Perairan Dasar adalah alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dan ditempatkan pada dasar perairan laut.

2.Rumpon Perairan Dangkal adalah alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dan ditempatkan pada perairan laut dengan kedalaman sampai dengan 200 meter.

3.Rumpon Perairan Dalam adalah alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dan ditempatkan pada perairan laut dengan kedalaman diatas 200 meter.

Sedangkan dari kementrian kelautan dan perikanan hanya di bedakan dua jenis yaitu

1. Rumpon Laut Dalam

2. Rumpon Laut Dangkal

Penggunaan rumpon di indonesia banyak di aplikasikan di Jawa bagian selatan, Sulawesi dan Papua.

Pembuatan rumpon adalah upaya untuk menangkap ikan lebih mudah dan lebih banyak dan tentu saja hal ini akan meningkatkan pendapatan para nelayan.

Bagi yang hobi mancing di laut rumpon juga sangat membantu dalam mancing. Hal ini disebabkan di daerah rumpon banyak berkeliaran ikan-ikan besar dan kecil untuk mencari makan.

Bagaimana cara membuat rumpon?

Asal mula rumpon terbuat dari dahan sejenis pohon kelapa kayu atau bambu yang di benamkan di laut ditambah pemberat tapi sekarang lebih banyak yang menggunakan ban bekas. Para nelayan di Jawa biasanya menggunakan ban ban bekas dengan cara di ikat dan di atur sedemikian rupa menyerupai bentuk dari karang yang berfungsi sebagai pelindung ikan ikan kecil. Ikan ikan kecil tersebut akan mengundang ikan ikan besar predator untuk  mencari makan didaerah sekitar rumpon.

Rumpon Dari Kelapa

Rumpon Dari Kelapa

Rumpon Ban Bekas

Rumpon Ban Bekas

Semoga artikel “Rumpon Ikan Salah Satu Alternatif Spot Memancing” dapat bermanfaat buat anda semua yang gemar menghabiskan waktu dengan hobi mancing. Memancing didaerah rumpon akan memperbesar peluang anda mendapatkan ikan-ikan jumbo.