Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Roti Unyil Venus Bogor | Roti Mungil Khas Bogor

 Roti Unyil Venus Bogor

Duniahobiku.com - Kuliner atau makanan khas merupakan hal yang biasa diburu saat melakukan perjalanan wisata. Demikian juga saat berkunjung ke Bogor. Di kota hujan tersebut ada makanan khas yang lezat dan unik yang wajib dicicipi yaitu Roti Unyil Venus. Roti unyil terkenal di Bogor sebagai oleh-oleh yang mesti dicoba. Walaupun bentuknya mungil namun rasanya boleh diadu dengan roti lainnya. Penasaran dengan roti unyil? Ikuti terus artikel dan temukan informasi mengenai roti unyil dan dimana anda dapat mendapatkannya.

Sejarah Roti Unyil Venus

Roti Unyil mulanya merupakan kreasi dari toko roti dan kue yang beralamat di jalan Pajajaran, Bogor.  Roti berbentuk mungil di toko kue dan roti itu tidak tercipta begitu saja. Hendra Saputra, sang kreator sekaligus pemilik toko bernama Venus Bakery itu awalnya hanya ingin membuat roti yang disukai banyak orang. Berdasarkan survei yang dilakukan, pembuat kue itu menciptakan roti berukuran tidak lebih dari 5 sentimeter sehingga habis dalam satu atau dua suapan.

Rasa yang enak serta bentuk yang unik membuat panganan buatan Hendra disukai. Para pengunjung toko pun memberikan nama Unyil untuk aneka roti dan kue di Venus Bakery. Seperti diketahui, Unyil adalah karakter boneka yang populer sejak tahun 1980-an. Tokoh rekaan Suyadi alias Pak Raden itu berbentuk mungil sehingga kerap disepadankan untuk hal-hal berbentuk kecil.

Varian Rasa Roti Unyil Venus Bogor

Jika melihat variasi dan bahan pembuatnya, roti unyil tidak jauh berbeda dibandingkan roti lain. Bahan dasar untuk membuat roti Unyil adalah tepung terigu protein tinggi, gula pasir, kuning telur, garam, margarin, serta air. Sedangkan untuk variasi rasanya, Anda bisa memilih rasa abon, keju, sosis, bakso, cokelat, moka, susu, jagung, dan kacang. Ada pula roti yang dipadukan dengan buah-buahan seperti pisang, nanas, stroberi, serta kismis. Bila bosan dengan rasa tunggal, tersedia roti dengan rasa kombinasi misalnya cokelat misis, cokelat kacang, keju sosis, keju pisang, pisang cokelat, dan sebagainya.

Varian Rasa Roti Unyil Venus Bogor

Roti Unyil Venus Pusat Bogor

Saat ini roti yang pertama kali muncul tahun 1992 itu dapat dengan mudah dijumpai di berbagai kawasan kota Bogor. Tetapi bila ingin merasakan rasa yang autentik, silakan datang ke Venus Bakery di Kompleks Ruko V-Point No.1. Toko tersebut dapat dikunjungi pada pukul 06.00 hingga pukul 20.00.

Roti Unyil Venus Pusat Bogor

Harga Roti Unyil Venus Bogor

Harga roti Unyil juga semungil bentuknya. Aneka variasinya dijual dengan harga Rp 1500 per buah. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan apalagi bila ingin menjadikan kue berbentuk mungil itu sebagai oleh-oleh. Karena dibuat tanpa pengawet, roti Unyil hanya bertahan selama tiga hari.

Harga Roti Unyil Venus Bogor

Paket Roti Unyil Venus Bogor

Roti unyil juga dijual dalam bentuk paket. 1 dos roti unyil berisi 30 buah harganya 48.000 ribu / box. Paket lain berisi 3 box@20 pcs dijual seharga 100.000 ribu rupiah.

Alamat Roti Unyil Venus Bogor

Ingin mencicipi roti Unyil? Anda dapat mengunjungi sentra pembuatan sekaligus penjualannya di Bogor. Dari Jakarta silakan ikuti Jalan Tol Jagorawi. Selanjutnya keluar dari jalan bebas hambatan tersebut dan belok kiri ke jalan Pajajaran untuk sampai di toko kue tujuan Anda.

Semoga artikel “Roti Unyil Venus Bogor | Roti Mungil Khas Bogor” dapat menambah daftar kuliner anda tentang oleh-oleh nusantara khususnya di kota Bogor.